Skip to content
  • Tentang
  • Bermitra dengan Kami
  • Internasional
  • Berlangganan
  • Log In
Primary Menu
  • Beranda
  • Terbaru
  • Topik
  • Kabar
  • Ikhtisar
  • Wawancara
  • Opini
  • Figur
  • Infografik
  • Video
  • Komunitas
  • Partner
  • Siaran Pers
  • Muda
  • Dunia
  • Kabar
  • Unggulan

Keterampilan Manajemen Keuangan dan Kewirausahaan bagi Para Kepala Sekolah

Manajemen keuangan sekolah dan kewirausahaan adalah keterampilan yang perlu dimiliki oleh kepala sekolah dan tenaga pendidik untuk memastikan keberlangsungan operasional sekolah.
Oleh Abul Muamar
21 September 2022
Seorang guru pendidikan dasar menyampaikan pelajaran di depan murid-muridnya.

Foto oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Sekolah adalah tempat anak-anak dan kaum muda menimba ilmu pengetahuan demi masa depan yang lebih baik. Sebagai institusi, sekolah memerlukan keuangan yang sehat untuk memastikan keberlangsungan operasionalnya. Oleh karenanya, pengelolaan keuangan yang baik menjadi keterampilan yang penting dimiliki oleh para kepala sekolah dan tenaga pendidik, terutama bagi sekolah swasta berbiaya rendah.

Namun sayangnya, banyak kepala sekolah dan tenaga pendidik di Indonesia yang masih gagap dalam mengelola keuangan sekolah. Penelitian terbaru Center for Indonesian Policy Studies (CIPS) mengungkap bahwa masih banyak kepala sekolah dan tenaga pendidikan yang belum literat mengenai manajemen keuangan sekolah. Padahal, pengelolaan keuangan sekolah yang buruk berpotensi menciptakan penyalahgunaan anggaran, kegagalan mencapai target, hingga penutupan sekolah.

Minimnya Pelatihan Manajemen Keuangan

Penelitian yang dilakukan CIPS melibatkan 23 kepala sekolah dan tenaga pendidik layanan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Sumba Barat Daya sebagai responden. Penelitian tersebut juga disertai dengan program pelatihan pengembangan kapasitas bagi para kepala sekolah dan tenaga pendidik. Hasilnya, 88 persen responden mengaku belum pernah mendapatkan pelatihan seputar manajemen keuangan sekolah dan kewirausahaan dalam bentuk apa pun.

Penelitian itu juga mengungkap kesulitan yang dialami oleh para kepala sekolah dan tenaga pendidikan dalam menerapkan praktik-praktik dasar manajemen keuangan, seperti pembukuan dan perencanaan anggaran dalam operasional sekolah mereka. Hal ini menunjukkan rendahnya akses terhadap pelatihan manajemen keuangan bagi tenaga pendidik.

Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nomor 40 Tahun 2021 tentang Penugasan Guru Sebagai Kepala Sekolah menyatakan bahwa tugas utama kepala sekolah berhubungan erat dengan peran manajerial dan pengembangan kewirausahaan untuk mendukung pembelajaran siswa.

Pemerintah memberi otonomi kepada sekolah dalam proses pengambilan keputusan melalui Manajemen Berbasis Sekolah (MBS). MBS memungkinkan sekolah untuk merencanakan,

melaksanakan, mengajar, dan mengatur kegiatan apa pun yang diperlukan. Namun, masih banyak sekolah yang belum dapat mengimplementasikan MBS dengan efektif akibat keterampilan kepala sekolah dan tenaga pendidikan yang kurang memadai dalam hal manajemen keuangan.

Rekomendasi untuk Pemerintah

Karakteristik sekolah dan konteks lokal yang beragam di Indonesia menghadirkan berbagai tantangan yang berbeda-beda bagi setiap sekolah. Dalam hal ini, kepala sekolah, guru, dan tenaga pendidik harus menyesuaikan diri dengan perubahan yang ada.

Memperkuat keterampilan manajemen keuangan sekolah dan kewirausahaan adalah upaya yang perlu dilakukan untuk membantu kepala sekolah dan tenaga pendidik menjadi tanggap

dan adaptif, agar mampu bertahan di tengah kebijakan pendidikan yang terus berubah serta keadaan sulit yang bisa datang tiba-tiba seperti Pandemi COVID-19.

CIPS merekomendasikan Kemendikbudristek untuk memusatkan perhatian pada pengembangan kapasitas manajemen keuangan sekolah dan kewirausahaan bagi kepala sekolah dan staf administrasi, di samping keterampilan pedagogi.

Pengembangan kapasitas ini dapat dijalankan oleh lembaga pemberdayaan pengembangan kepala sekolah, guru, dan tenaga pendidik, yakni Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) dan Balai Guru Penggerak (BGP). Kemendikbudristek harus memastikan bahwa BBGP dan BGP mengadakan pelatihan ini secara rutin, dengan kurikulum yang disempurnakan yang sesuai dengan dinamika pendidikan Indonesia.


Berlangganan Green Network Asia – Indonesia
Perkuat pengembangan kapasitas pribadi dan profesional Anda dengan wawasan lintas sektor tentang isu-isu keberlanjutan (sustainability) dan pembangunan berkelanjutan (sustainable development) di Indonesia dan dunia.
Pilih Paket Langganan

Abul Muamar
Editor at Green Network Asia | Website |  + postsBio

Amar adalah Manajer Publikasi Digital Indonesia di Green Network Asia. Ia adalah lulusan Magister Filsafat dari Universitas Gadjah Mada, dan Sarjana Ilmu Komunikasi dari Universitas Sumatera Utara. Ia memiliki lebih dari sepuluh tahun pengalaman profesional di bidang jurnalisme sebagai reporter dan editor di beberapa media tingkat nasional.

  • Abul Muamar
    https://greennetwork.id/author/abulmuamar/
    OJK Luncurkan Panduan Pengembangan dan Penerapan AI dalam Perbankan
  • Abul Muamar
    https://greennetwork.id/author/abulmuamar/
    GEF Danai Dua Proyek Konservasi Keanekaragaman Hayati di Indonesia
  • Abul Muamar
    https://greennetwork.id/author/abulmuamar/
    Mengulik Dampak Lingkungan dan Kesehatan dari Industri Nikel di Teluk Weda
  • Abul Muamar
    https://greennetwork.id/author/abulmuamar/
    Kolaborasi Indonesia-PBB dalam Penyediaan Lapangan Kerja dan Perlindungan Sosial

Continue Reading

Sebelumnya: Koalisi IBUKOTA Tagih Upaya Pemerintah Perbaiki Kualitas Udara
Berikutnya: Kerja Sama Indonesia-Norwegia Dukung Implementasi FOLU Net Sink 2030

Artikel Terkait

layar hitam menunjukkan angka-angka OJK Luncurkan Panduan Pengembangan dan Penerapan AI dalam Perbankan
  • Eksklusif
  • Kabar
  • Unggulan

OJK Luncurkan Panduan Pengembangan dan Penerapan AI dalam Perbankan

Oleh Abul Muamar
23 Juni 2025
foto dekat bibit tanaman yang tumbuh di pot Menengok Bagaimana Kebijakan Agroforestri di India dalam Mengatasi Degradasi Lahan
  • Eksklusif
  • Kabar
  • Unggulan

Menengok Bagaimana Kebijakan Agroforestri di India dalam Mengatasi Degradasi Lahan

Oleh Attiatul Noor
23 Juni 2025
seekor orangutan duduk di ranting pohon di hutan GEF Danai Dua Proyek Konservasi Keanekaragaman Hayati di Indonesia
  • Eksklusif
  • Kabar
  • Unggulan

GEF Danai Dua Proyek Konservasi Keanekaragaman Hayati di Indonesia

Oleh Abul Muamar
20 Juni 2025
mesin tik dengan kertas bertuliskan “artificial intelligence” Pentingnya Regulasi AI untuk Penggunaan AI yang Bertanggung Jawab
  • Kabar
  • Unggulan

Pentingnya Regulasi AI untuk Penggunaan AI yang Bertanggung Jawab

Oleh Ayu Nabilah
20 Juni 2025
Pulau-pulau kecil di tengah laut Raja Ampat Tambang Nikel Raja Ampat dan Dampak Eksploitasi Sumber Daya Alam
  • Kabar
  • Unggulan

Tambang Nikel Raja Ampat dan Dampak Eksploitasi Sumber Daya Alam

Oleh Andi Batara
19 Juni 2025
bunga matahari yang layu Pemantauan Kekeringan Komprehensif dan Partisipatif untuk Tingkatkan Mitigasi Bencana
  • Eksklusif
  • Kabar
  • Unggulan

Pemantauan Kekeringan Komprehensif dan Partisipatif untuk Tingkatkan Mitigasi Bencana

Oleh Kresentia Madina
19 Juni 2025

Tentang Kami

  • Founder’s Letter GNA
  • Tim In-House GNA
  • Jaringan Author GNA
  • Panduan Siaran Pers GNA
  • Panduan Artikel Opini GNA
  • Panduan Konten Komunitas GNA
  • Pedoman Media Siber
  • Internship GNA
  • Hubungi Kami
  • Ketentuan Layanan
  • Kebijakan Privasi
© 2021-2025 Green Network Asia - Indonesia.