Tentang
Tujuan
Green Network Asia adalah media digital independen dan layanan konsultansi public affairs berbasis tujuan (purpose-driven) yang tergerak oleh visi menciptakan ekosistem nilai bersama untuk pembangunan berkelanjutan.
Kami adalah tim pekerja pengetahuan; peneliti, konsultan, jurnalis, storyteller, pencipta konten kreatif, komunikator sains, produser event & pelatihan, penggemar nilai bersama (shared value), dan advokat pembangunan berkelanjutan.
Kami bertujuan mendukung pembangunan berkelanjutan dengan mengarusutamakan prinsip-prinsip keberlanjutan, menunjukkan praktik baik (good practices) & pelajaran berharga (lessons learned), dan memungkinkan kolaborasi lintas pemangku kepentingan (multi-stakeholder) di pemerintahan, bisnis, dan masyarakat sipil untuk realisasi pembangunan berkelanjutan.
Tujuan itu merupakan inti dari keseluruhan strategi, operasional, dan orang-orang di Green Network Asia. Kami mewujudkannya melalui praktik nilai bersama (shared value) yang ditargetkan untuk menciptakan nilai terukur dan dampak nyata bagi masyarakat (people), lingkungan (planet), organisasi, dan mitra.
Misi
Misi kami adalah mendukung berbagai organisasi di pemerintahan, bisnis, dan masyarakat sipil dalam komitmen, perjalanan, inisiatif, pelaporan dan komunikasi pembangunan berkelanjutan mereka dengan membantu mereka belajar, berbagi, dan berkolaborasi melalui platform terintegrasi Green Network Asia.
Kami menampilkan praktik baik yang dapat diadopsi, diadaptasi, dan diakselerasi sebagai solusi yang dapat ditindaklanjuti untuk mengatasi masalah-masalah kompleks terkait lingkungan, sosial, tata kelola, ekonomi, dan budaya yang kita hadapi bersama di tengah masyarakat. Secara paralel, kami juga menampilkan pelajaran berharga yang penting untuk koreksi, peningkatan, dan kemajuan.
Kami mengungkap peran berbagai organisasi di pemerintahan, bisnis, dan masyarakat sipil dalam mendukung dan melaksanakan pembangunan berkelanjutan. Kami percaya bahwa setiap pihak memainkan peran penting untuk menangani masalah jahat (wicked problems) yang dihadapi dunia secara kolektif. Kebijakan publik, praktik bisnis, dan inisiatif masyarakat sipil harus berjalan beriringan.
Kami mendedikasikan platform terintegrasi Green Network Asia untuk melayani audiens komunitas multi-stakeholder dan publik, termasuk individu warga negara (citizens) dan pelanggan (customers) produk dan layanan apa saja. Layanan Green Network Asia memungkinkan mereka untuk belajar, berbagi, dan berjejaring tentang tantangan dan peluang dalam pembangunan berkelanjutan, sehingga membantu untuk berpartisipasi dalam gerakan ini secara lebih efektif.
Kami bertekad untuk melayani audiens Green Network Asia dengan wawasan dan perspektif multi-stakeholder yang beragam. Kami percaya bahwa memecahkan masalah publik yang kompleks tidak dapat dilakukan secara terisolir sendiri-sendiri. Kita semua mesti terlibat bersama-sama!
Cakupan Kerja Kami
Pekerjaan Green Network Asia mencakup berbagai area pembangunan berkelanjutan yang saling berhubungan dan kami refleksikan ke dalam berbagai topik pilihan melalui pendekatan interdisipliner, melibatkan komunitas multi-stakeholder di pemerintahan, bisnis, dan masyarakat sipil di semua tingkat, dan menyampaikan upaya-upaya pendidikan & advokasi di Indonesia dan dunia.
Platform Media Digital Terintegrasi Kami
Media digital Green Network Asia – Indonesia menjangkau audiens komunitas multi-stakeholder dan publik di Indonesia, menggunakan perspektif lokal Indonesia, disampaikan dalam bahasa Indonesia.
Per 11 Maret 2024, publikasi digital Green Network Asia – Indonesia telah menjangkau audiens di 295 kabupaten dan kota Indonesia secara organik.
Media digital Green Network Asia menjangkau audiens komunitas multi-stakeholder dan publik di berbagai negara dunia, menggunakan perspektif yang relevan untuk audiens internasional, disampaikan dalam bahasa Inggris.
Publikasi digital Green Network Asia – Internasional telah menjangkau audiens di 165 negara secara organik.
Audiens Kami
#1 Komunitas multi-stakeholder
Kami secara strategis menjangkau audiens multi-stakeholder di pemerintahan, bisnis, dan masyarakat sipil, termasuk pembuat kebijakan, pakar, praktisi, aktivis, jurnalis, pengusaha, investor, dan komunitas lokal.
Audiens komunitas multi-stakeholder Green Network Asia memiliki semangat, antusiasme, aspirasi, dan minat dalam pembangunan berkelanjutan. Mereka memiliki kekuatan, pengaruh, dan potensi di bidang dan organisasinya masing-masing.
Kami terus bekerja menciptakan ekosistem nilai bersama dengan audiens multi-stakeholder di semua sektor untuk memecahkan masalah di tengah masyarakat dan mencapai dampak kolektif.
#2 Publik
Selain menjangkau audiens komunitas multi-stakeholder secara strategis, layanan kami juga menjangkau publik dari berbagai latar belakang sosial dan ekonomi di Indonesia dan dunia, khususnya dengan strategi dan praktik pemasaran digital baik organik maupun tertarget.
Publik mewakili individu warga negara (citizens) dan pelanggan (customers) produk dan layanan apa saja yang pengetahuan, kesadaran, dan keterlibatannya sangat penting untuk mengarusutamakan keberlanjutan dalam skala besar. Kami memiliki keahlian untuk menyampaikan konten kreatif berkualitas tinggi dengan gaya bahasa populer yang mudah dipahami oleh berbagai komunitas di tengah masyarakat.
Kami bersemangat untuk tidak meninggalkan seorang pun di belakang dalam upaya pendidikan & advokasi kami.
Umpan Balik Audiens Kami
Green Network Asia terhubung dengan audiens komunitas multi-stakeholder kami secara bermakna. Berikut umpan balik yang kami peroleh melalui Survei Persepsi Komunitas, diterbitkan dengan persetujuan.
Fauzan Mukrim
Executive Assignment Editor
CNN Indonesia TV
“Green Network Asia sangat bermanfaat sebagai referensi untuk belajar berbagai isu dalam pembangunan berkelanjutan. Belum banyak media yang mengambil spesialisasi isu pembangunan berkelanjutan untuk masyarakat awam. Yang paling saya sukai dari Green Network Asia adalah semangatnya mewartakan praktik baik sebagai referensi untuk berbagai gerakan di masyarakat. Menurut saya ini keren. Secara umum, konten Green Network Asia menarik dan mencerahkan.”
Rusli Abdullah
Researcher
INDEF – Institute for Development of Economics and Finance
“Saya sangat menyukai platform Ikhtisar/Brief Green Network Asia karena lebih mendalam daripada Kabar/News, ringkas, dan penuh wawasan. Kesan saya membaca Green Network Asia secara keseluruhan adalah 8/10.”
Yanu Endar Prasetyo
Peneliti
Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN)
“Green Network Asia adalah platform yang bagus bagi siapa pun yang ingin belajar tentang pembangunan berkelanjutan dengan model pendekatan dan engagement baru. Kesan saya secara keseluruhan adalah bahwa anggota tim Green Network Asia bekerja keras dengan cemerlang untuk sesuatu yang penting bagi generasi masa depan kita. Lanjutkan kerja yang sangat bagus ini!”
Cut Nurul Aidha
Research and Project Manager
Monash University
“Saya merasa Green Network Asia sangat membantu sebagai referensi untuk belajar tentang pembangunan berkelanjutan karena tidak banyak organisasi yang memiliki kemampuan untuk mengulik dan mengungkap hubungan multidisipliner dari berbagai isu pembangunan berkelanjutan. Sekelompok anak muda, berani, dan kreatif yang bekerja sama untuk membuat manusia, planet, dan profit berjalan beriringan. Sungguh bagus, bukan?”
Rani Amrista
Kepala Sekolah
SMP Global Madani
“Keseluruhan konten Green Network Asia terlihat sangat profesional. Kedermawanannya memberikan tautan hidup di dalam artikel ke berbagai sumber relevan sangat membantu meningkatkan pengalaman membaca.”
Dedi Dores
Sekretaris Desa Parang
Kec. Hulu Gurung, Kab. Kapuas Hulu, Kalimantan Barat
“Green Network Asia bermanfaat untuk kawan-kawan di jajaran pemerintah desa kami sebagai referensi dan inspirasi bagi kerja-kerja pembangunan lingkungan dan sosial, termasuk penguatan kapasitas sumber daya manusia di desa kami.”
Renaldo Fajar Nugraha Susilo
Mahasiswa
Institut Desain dan Bisnis Bali
“Green Network Asia membantu saya dalam mengikuti perkembangan seputar pembangunan berkelanjutan, tidak hanya di Asia tetapi juga di seluruh dunia. Desain webnya menyenangkan. Dan yang paling saya suka dari platform ini adalah namanya, Green Network Asia! Saya rekomendasikan teman dan semua orang untuk membaca platform ini.”
Nilai dan Budaya
Bersama sebagai tim dan komunitas, Green Network Asia merangkul nilai dan budaya yang terus-menerus mendorong jiwa, hati, dan pikiran kami untuk selalu termotivasi oleh tujuan (purpose-driven), bersemangat (passionate), penuh kasih (compassionate), otentik (authentic), empatik (emphatic), etis (ethical), beragam (diverse), inklusif (inclusive), inovatif (innovative), kolaboratif (collaborative), respek (respectful), dan penuh integritas (full of integrity), memproduksi pengetahuan berbasis fakta (factual), dimaksudkan agar menjadi inspirasi (inspirational) untuk perubahan positif di tengah masyarakat.
Kebijakan Non-Diskriminasi
Sebagai organisasi, Green Network Asia mempraktikkan kebijakan non-diskriminasi. Di seluruh rantai nilai Green Network Asia, setiap orang harus diperlakukan sama sebagai manusia tanpa memandang agama, ras, warna kulit, etnis, disabilitas, usia, jenis kelamin, orientasi seksual, identitas gender, ekspresi gender, asal kebangsaan, bahasa asli, status perkawinan dan keluarga, status tempat tinggal, status ekonomi, dan situasi sosial.
Kekayaan Intelektual
Green Network Asia telah terdaftar di Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual, Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia, Republik Indonesia.