Panduan Konten Komunitas
Misi
Peran individu dan komunitas -khususnya di tingkat tapak- dalam mewujudkan pembangunan berkelanjutan di seluruh dunia sangatlah penting namun sering kali luput dari perhatian khalayak luas dan masyarakat umum karena kurang terpublikasikan.
Di Green Network Asia, kami bekerja untuk pemberdayaan masyarakat melalui publikasi konten digital yang diproduksi secara organik oleh tim kami. Namun, kami – dengan waktu, tenaga, dan sumber daya yang terbatas – memiliki keterbatasan untuk menangkap cerita dari sebanyak mungkin individu dan komunitas dari berbagai penjuru yang memiliki kompleksitas pesan, wawasan, pengalaman, kebijaksanaan, upaya, dan kontribusi di tengah masyarakat.
Untuk itu, platform “Komunitas/Community” Green Network Asia hadir untuk memfasilitasi Anda dalam menerbitkan cerita terkait apa saja yang Anda lihat dan pelajari dari tengah masyarakat dalam lensa pembangunan berkelanjutan (sustainable development) dan keberlanjutan (sustainability), utamanya dengan perspektif yang melayani kebutuhan komunitas di tingkat tapak dan kepentingan publik.
Manfaat
Dengan menerbitkan konten digital Anda di platform “Komunitas/Community” Green Network Asia, Anda dapat berbagi cerita otentik dan unik secara organik, mendapatkan manfaat dari dukungan editorial kami, dan menjangkau audiens komunitas multi-stakeholder Green Network Asia yang memiliki semangat, antusiasme, aspirasi, minat, dan pengaruh dalam pembangunan berkelanjutan dan masyarakat umum di Indonesia dan dunia.
Honorarium
Kami tidak menyediakan honorarium untuk publikasi organik yang berhasil diterbitkan di platform “Komunitas/Community” Green Network Asia.
Format Konten
Anda dapat mengirimkan cerita Anda dalam bentuk konten artikel, cerita foto, poster advokasi, infografik, komik, atau video pendek.
Topik Relevan
Agar relevan dengan audiens target Green Network Asia, konten “Komunitas/Community” Anda mesti mencakup minimum satu dari topik-topik berikut:
Pengentasan Kemiskinan | Pembangunan Pedesaan | Ketahanan Pangan | Nutrisi | Pertanian Berkelanjutan | Herbal dan Rempah | Kesehatan dan Kesejahteraan | Kesehatan dan Kependudukan | Pendidikan | Budaya | Kesetaraan Gender dan Pemberdayaan Perempuan | Keberagaman, Kesetaraan, dan Inklusi | Air dan Sanitasi | Transisi Energi| Ekonomi Hijau | Pariwisata Berkelanjutan | Ketenagakerjaan dan Pekerjaan yang Layak untuk Semua | Perlindungan Sosial | Industri | Transportasi Berkelanjutan | Pengurangan Ketimpangan | Pemuda | Anak | Difabel | Pengurangan Risiko Bencana | Masyarakat Adat | Kota dan Permukiman Berkelanjutan | Konsumsi dan Produksi Berkelanjutan | Bahan Kimia dan Limbah | Perubahan Iklim | Atmosfer | Negara Berkembang Pulau Kecil | Samudera dan Laut | Keanekaragaman Hayati dan Ekosistem | Hutan | Gunung | Desertifikasi, Degradasi Lahan, dan Kekeringan | Pengambilan Keputusan dan Partisipasi Terintegrasi | Kerangka Kelembagaan dan Kerjasama Internasional untuk Pembangunan Berkelanjutan | Pengembangan Kapasitas | Keuangan | Inklusi Keuangan | Kemitraan Multi Pemangku Kepentingan dan Komitmen Sukarela | Sains | Teknologi | Dagang | Dampak Investasi | Keuangan Campuran | Tanggung Jawab Perusahaan (CSR) | Akuntabilitas Perusahaan | ESG
Panduan Teknis
Konten Anda mesti orisinil, artinya belum pernah diterbitkan di platform media lain sebelumnya.
Konten Anda dapat berupa pengalaman, wawasan, dan ide yang menampilkan praktik baik dan pelajaran berharga, serta kebijakan dan proyek dalam komunitas Anda; atau menyoroti kekhawatiran di komunitas Anda.
Anda harus memasukkan semua tautan (hyperlink) data, sumber, atau referensi online yang tersedia ke dalam naskah Anda untuk memastikan kredibilitasnya dan agar pembaca Komunitas kami dapat mempelajarinya lebih lanjut. Hanya sumber yang valid yang boleh ditautkan.
Untuk konten non-artikel, Anda juga harus menyertakan tautan data, sumber, dan referensi yang tersedia online yang Anda gunakan.
Konten Anda harus autentik, mudah dipahami, dan berkualitas tinggi. Misalnya, tulis artikel Anda dalam gaya penulisan populer yang renyah, dengan tetap menjaga kualitas isinya. Hindari clickbait, judul yang bombastis, dan greenwashing.
Panjang artikel antara 500 – 600 kata, termasuk judul dan subjudul.
Durasi video pendek maksimum 1 menit, dengan rasio aspek 9:16 dalam mode portrait.
Untuk konten visual seperti infografik, carousel cerita foto, atau poster advokasi, harus dalam mode portrait dengan resolusi 1080×1350 dan rasio aspek 4:5.
Untuk konten artikel, sertakan satu sampai tiga foto beresolusi tinggi (dengan mode mendatar/landscape) untuk setiap artikel yang Anda kirimkan. Foto sebaiknya berupa foto original dari komunitas Anda. Jika tidak ada foto original, Anda boleh menggunakan link URL ke foto-foto terkait artikel Anda dari berbagai situs penyedia foto berlisensi Creative Commons. Cantumkan sumber foto, caption (keterangan foto), dan alt-text untuk foto artikel Anda.
Anda harus menyertakan alt-text untuk semua elemen visual dan teks tertulis (caption) untuk semua elemen audio dalam konten Anda. Kami berupaya membuat advokasi kami dapat diakses oleh sebanyak mungkin orang.
Keputusan Editorial
Kami melakukan yang terbaik untuk mempelajari konten kiriman Anda dan akan memberi tahu keputusan penerbitan dalam satu minggu. Jika kami tidak membalas dalam waktu satu minggu, Anda boleh menganggap bahwa kami tidak dapat menerbitkan konten Anda. Kami melakukan penyuntingan yang cermat pada konten Anda sebelum dipublikasikan. Penyuntingan ini dapat mencakup perubahan isi, judul, dan foto.
Pengiriman Konten
Silakan kirim konten Anda melalui email ke [email protected] dengan subjek “Konten Komunitas: [Judul]”.
Dalam badan email, harap sertakan profil singkat pembuat konten (nama lengkap, pekerjaan, organisasi/komunitas, afiliasi, dll), dan foto profil Anda.
Kami berharap dapat belajar, berbagi, dan berkolaborasi dengan Anda dalam ekosistem nilai bersama untuk pembangunan berkelanjutan.
Terima kasih!
Terakhir diperbaharui: 10 Oktober 2024