Bisnis Sebagai Kekuatan Untuk Kebaikan Dengan Sertifikasi B Corp

Saat ini, banyak perusahaan yang membanggakan tentang keberlanjutan, transparansi, traceability, tanggung jawab sosial, dan keberagaman mereka. Sebenarnya apa yang mereka maksud?
Menurut penelitian terhadap berbagai situs web perusahaan, para pemangku kepentingan lebih memilih bisnis yang melakukan upaya bersama untuk memberikan kembali (give back) kepada masyarakat dan komunitas mereka dengan kepentingan pada area keragaman, inklusi, dan kelestarian lingkungan.
Dari sini muncul sebuah pertanyaan. Bagaimana Anda menetapkan nilai numerik untuk kualitas tersebut?
Di tengah maraknya klaim ramah lingkungan (green washing) dan janji palsu, beberapa bisnis memulai jalan yang terjal menuju sertifikasi B Corp. Mereka bertekad untuk menggunakan keuntungan dan ekspansi untuk mencapai tujuan yang lebih besar, yaitu menjadi yang “terbaik-untuk-dunia” alih-alih “terbaik-di-dunia”.
Sertifikasi B Corporation ini cukup unik, mengingat sertifikasi tersebut merupakan satu-satunya indikator keberlanjutan yang komprehensif dan holistik yang tersedia saat ini. Sertifikasi B Corp menandakan bahwa sebuah perusahaan telah memenuhi berbagai persyaratan ketat yaitu kinerja, akuntabilitas, dan transparansi yang dapat diverifikasi.
Berbagai persyaratan ini meliputi tapi tak hanya terbatas pada tunjangan karyawan dan kontribusi amal untuk kebijakan rantai pasokan dan bahan material. Sertifikasi B Corporation bersifat komprehensif dan tidak terfokus secara terbatas hanya pada isu sosial atau lingkungan.
Penilaian B Impact, yang digunakan dalam sertifikasi B Corp, adalah tolok ukur dampak yang lengkap, kredibel, dan dapat dibandingkan yang memungkinkan reformasi sistem ekonomi. Mencapai dan mempertahankan akreditasi tentunya membutuhkan banyak waktu dan kolaborasi di seluruh tim dan divisi organisasi.
Sertifikasi ini sulit diperoleh. Namun, jika sebuah organisasi bisnis benar-benar ingin memberikan dampak positif bagi pekerja, budaya, lingkungan, dan dunia, menjadi B Corp bisa menjadi langkah yang masuk akal.
Memastikan bahwa kapitalisme menciptakan kemakmuran bersama yang berkelanjutan membutuhkan lebih dari sekadar pernyataan niat. Hal ini membutuhkan perusahaan, investor, dan regulator untuk memperjuangkan kebijakan, praktik, dan mekanisme akuntabilitas yang memberikan nilai terukur bagi semua pemangku kepentingan.
Saat ini pemberi sertifikasi bisnis berkelanjutan B Corp telah diluncurkan di Asia Tenggara.
Editor: Nazalea Kusuma
Penerjemah: Ari Ganesa
Versi asli artikel ini diterbitkan dalam bahasa Inggris di platform media digital Green Network Asia – Internasional.
Aliyah adalah seorang eksekutif ESG dan penulis konten di Green Network Asia.