Panduan Menulis Siaran Pers

 

Para Pimpinan Humas/PR yang terhormat,

Memasuki tahun kedua, Green Network mulai menerima banyak siaran pers dari berbagai organisasi. Tim editorial kami secara independen memilih dan menerbitkan siaran pers yang memenuhi standar editorial kami dan mengolahnya menjadi soft news (berita ringan) yang relevan dibaca kapan pun (evergreen).

Untuk memperjelas “standar editorial kami” seperti yang dimaksudkan di atas, tim kami memutuskan untuk membuat pedoman siaran pers umum untuk meningkatkan kemungkinan siaran pers Anda disetujui dan dipublikasikan di platform “News”/Kabar” kami.

Berikut beberapa panduan yang mungkin berguna:

Apa Saja yang Bisa Diumumkan

Siaran pers Anda bisa mengumumkan informasi seputar pembaruan di organisasi dan komunitas Anda, seperti peluncuran organisasi/merek/produk/layanan baru, pengembangan organisasi, inovasi sebagai solusi untuk memecahkan masalah tertentu, kebijakan publik, program, acara (event), laporan, konferensi, dan gerakan.

Rilis yang Kami Sukai

Siaran pers Anda mesti layak diberitakan (newsworthy), artinya mengumumkan informasi dan kejadian yang baru (up-to-date), relevan, bernilai, dan terkait dengan kepentingan masyarakat umum.

Tujuan utama platform Kabar kami adalah untuk memberi informasi; namun, seluruh publikasi digital kami dimaksudkan untuk advokasi pembangunan yang berkelanjutan dan isu-isu keberlanjutan. Kami tidak melihat diri kami sebagai pihak yang netral. Kami memilih “jurnalisme advokasi” dalam kerja-kerja kami, sehingga keseluruhan pesan idealnya menyasar tujuan itu.

Komunitas pembaca kami beragam—pakar, praktisi, aktivis, entrepreneur, investor, jurnalis, dan masyarakat umum. Siaran pers Anda idealnya mengirimkan pesan dalam gaya bahasa populer yang relevan dan mudah dipahami oleh komunitas multi-stakeholder dengan tetap menjaga kualitas konten.

Pedoman Teknis

  • Siaran pers Anda mesti relevan dengan fokus spesial (niche) pembangunan berkelanjutan, topik-topik pilihan, dan audiens kami. Beri tag rilis Anda dengan kategori topik, pemangku kepentingan, dan wilayah yang relevan dengan merujuk laman Topik kami.
  • Judul mesti terdiri dari 5-8 kata, termasuk kata kunci.
  • Jumlah kata sekitar 400-600.
  • Sumber mesti kredibel dan dapat ditautkan. Anda mesti menautkan (hyperlink) semua sumber yang tersedia online di dalam naskah Anda untuk meningkatkan kredibilitas.
  • Sertakan kutipan yang relevan dari tokoh otoritatif dan penting dalam organisasi Anda yang mendukung pesan Anda.
  • Sertakan foto beresolusi tinggi terbaik (idealnya 1500 x 738) yang paling mewakili rilis Anda. Anda dapat mengirimkan lebih banyak foto sehingga desainer kami dapat memilih foto yang terbaik. Berikan informasi terperinci mengenai foto, seperti sumber/kredit foto, keterangan, dan alt-text.
  • Cantumkan identitas humas/PR organisasi Anda dengan menyertakan nama lengkap, jabatan, alamat email, dan nomor ponsel (WhatsApp dan Telegram).
  • Cantumkan tanggal siaran pers dan beri tahu apakah untuk publikasi segera atau tanggal tertentu.

Pengajuan yang tidak lengkap mungkin tidak kami pertimbangkan. Terakhir, Anda bertanggung jawab penuh untuk memastikan semua informasi dan data yang digunakan dalam siaran pers Anda akurat, tepat, spesifik, dan terkini.

Pengajuan

Silakan kirimkan siaran pers Anda melalui email:

editorial@greennetwork.asia cc editorial.greennetwork@gmail.com

Publikasi

Kami menghargai upaya Anda untuk mengikuti panduan ini, akan tetapi kami tidak berkewajiban menyetujui kiriman siaran pers Anda. Kami tidak dapat menjamin akan mempublikasikan semua kiriman siaran pers. Merupakan kebijakan dan keputusan mutlak kami untuk menyetujui atau tidak menyetujui menerbitkan siaran pers Anda berdasarkan penilaian editorial kami yang independen.

Kami akan mengabari Anda jika tim editorial kami memutuskan menerbitkan siaran pers Anda, baik secara langsung dengan tautan ke berita Anda atau dengan pertanyaan tambahan yang mungkin perlu diklarifikasi oleh tim kami sebelum publikasi.

Anda mungkin ingin mempertimbangan layanan Advertorial kami, berikut gambaran sekilas tentang layanan tersebut.

Advertorial 

Audiens Kami

#1 Audiens Spesifik 

Kami secara strategis menjangkau audiens komunitas multi-stakeholder di pemerintahan, bisnis, dan masyarakat sipil, termasuk pembuat kebijakan (CXOs, direktur, dan kepala departemen), pakar, praktisi, aktivis, pengusaha, investor, jurnalis, dan komunitas lokal.

Komunitas multi-stakeholder kami memiliki semangat, antusiasme, aspirasi, dan minat dalam pembangunan berkelanjutan. Mereka memiliki kekuatan, pengaruh, dan potensi di bidang dan organisasinya masing-masing.

Kami terus bekerja menciptakan ekosistem nilai bersama dengan komunitas multi-stakeholder kami di pemerintahan, bisnis, dan masyarakat sipil untuk memecahkan masalah di tengah masyarakat dan mencapai dampak kolektif.

#2 Audiens Umum 

Kami bangga dengan inklusivitas yang kami pegang dan selalu bertekad untuk memelihara nilai-nilai Keberagaman, Kesetaraan, dan Inklusi.

Selain audiens spesifik seperti di atas, kami memastikan bahwa layanan kami menjangkau masyarakat umum dari berbagai latar belakang sosial dan ekonomi di Indonesia dan dunia, khususnya dengan menggunakan strategi dan praktik pemasaran digital.

Masyarakat umum mewakili individu warga negara (citizens) dan pelanggan (customers) yang pengetahuan dan kesadarannya sangat penting untuk mengarusutamakan keberlanjutan dalam skala besar.

Kami memiliki keahlian untuk menyampaikan konten berkualitas tinggi dengan gaya bahasa populer yang dapat dipahami oleh berbagai komunitas di tengah masyarakat.

Kami bersemangat untuk “tidak meninggalkan satu orang pun di belakang” dalam upaya pendidikan dan advokasi kami.

Bermitra dengan Kami

Jika Anda melihat produk, layanan, informasi dan cerita organisasi Anda relevan bagi audiens kami dan sebaliknya profil audiens kami relevan bagi Anda; bermitralah dengan tim kami (Advertorial) dan dapatkan manfaat dari layanan Advertorial kami.

Advertorial kami memastikan pesan (messaging) yang ingin Anda sampaikan kepada stakeholder dan masyarakat umum terefleksi di dalam konten yang kami terbitkan, disesuaikan dengan prioritas dan kebutuhan spesifik organisasi Anda.

Kami mencirikan Advertorial kami sebagai informatifeksploratifeksplanatifinterpretatifadvokatif, dan berpengaruh. Kami menyampaikan cerita Anda dengan mengikuti gaya editorial kami (“News”/Kabar”), ditargetkan untuk menjadi aset digital jangka panjang bagi organisasi Anda.

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang layanan Advertorial kami, klik di sini atau hubungi Tim Kemitraan kami secara langsung melalui email contact@greennetwork.asia dan asia.greennetwork@gmail.com atau +62 8222 5372 855 (HP/WhatsApp).

Terima kasih!

 

Atas nama Tim Green Network,

Marlis Afridah

Pendiri & Chief Executive Officer

Pemimpin Redaksi

Terakhir diperbarui: 28 September 2022