
Green Network Asia menerima relatif banyak siaran pers dari berbagai organisasi. Tim editorial kami secara independen memilih siaran pers yang memenuhi standar editorial kami, mengolahnya menjadi berita ringan (soft news) yang relevan dibaca kapan pun (evergreen), dan menerbitkannya di platform “News”/”Kabar”.
Untuk memperjelas “standar editorial kami” seperti yang dimaksudkan di atas, tim kami memutuskan untuk membuat panduan menulis siaran pers umum untuk meningkatkan kemungkinan siaran pers Anda disetujui, diangkat menjadi News/Kabar, dan diumumkan kepada komunitas pembaca kami secara organik.
Berikut beberapa panduan yang mungkin berguna:
Apa Saja yang Bisa Diumumkan
Siaran pers Anda bisa mengumumkan informasi seputar pembaruan di organisasi dan komunitas Anda, seperti pengembangan organisasi, inovasi sebagai solusi untuk memecahkan masalah tertentu, kebijakan publik, program, praktik baik, laporan, temuan hasil riset, event, konferensi, dan gerakan.
Siaran Pers yang Relevan
Siaran pers Anda mesti layak diberitakan (newsworthy), artinya mengumumkan informasi dan kejadian yang baru (up-to-date), relevan, bernilai, dan terkait dengan kepentingan masyarakat umum.
Tujuan utama platform News/Kabar kami adalah untuk memberi informasi; namun, seluruh publikasi digital kami dimaksudkan untuk pendidikan publik & advokasi pembangunan berkelanjutan. Kami tidak melihat diri kami sebagai pihak yang bebas nilai alias netral. Kami memilih “jurnalisme advokasi” dalam kerja-kerja jurnalistik kami, sehingga keseluruhan pesan idealnya menyasar tujuan itu.
Pedoman Teknis
- Siaran pers Anda mesti relevan dengan fokus khusus media digital kami, yaitu“Pembangunan berkelanjutan”.
- Pastikan judul menarik dan informatif, upayakan dalam batas 5-9 kata.
- Total jumlah kata sekitar 400-600.
- Sumber mesti kredibel dan dapat ditautkan. Anda mesti menautkan (hyperlink) semua sumber yang tersedia online di dalam naskah Anda untuk meningkatkan kredibilitas.
- Sertakan kutipan relevan dari tokoh otoritatif dalam organisasi Anda yang mendukung pesan Anda.
- Sertakan foto beresolusi tinggi terbaik (idealnya 1500 x 738) yang paling mewakili rilis Anda. Anda dapat mengirimkan lebih banyak foto sehingga desainer kami dapat memilih foto yang terbaik. Berikan informasi terperinci mengenai foto, seperti sumber/kredit foto, keterangan, dan alt-text.
- Cantumkan identitas humas/PR organisasi Anda dengan menyertakan nama lengkap, jabatan, alamat email, dan nomor ponsel (WhatsApp dan Telegram).
- Cantumkan tanggal siaran pers dan beri tahu apakah untuk publikasi segera atau tanggal tertentu.
Pengajuan yang tidak lengkap mungkin tidak kami pertimbangkan. Anda bertanggung jawab penuh untuk memastikan semua informasi dan data yang digunakan dalam siaran pers Anda akurat, tepat, spesifik, dan terkini.
Pengajuan
Silakan kirimkan siaran pers Anda melalui email: [email protected]
Penerbitan
Kami menghargai upaya Anda untuk mengikuti panduan ini, akan tetapi kami tidak berkewajiban menyetujui kiriman siaran pers Anda. Kami tidak dapat menjamin untuk menerbitkan semua kiriman siaran pers. Merupakan kebijakan dan keputusan mutlak kami untuk menyetujui atau tidak menyetujui menerbitkan siaran pers Anda berdasarkan penilaian editorial kami yang independen.
Kami akan mengabari Anda jika tim editorial kami memutuskan menerbitkan siaran pers Anda, baik secara langsung dengan tautan artikel yang sudah terbit atau dengan klarifikasi yang mungkin diperlukan oleh tim kami sebelum penerbitan.
Konten Partner
Anda mungkin membutuhkan layanan kami Publikasi Cerita Inisiatif Keberlanjutan & Thought Leadership (Konten Partner) untuk membantu memaksimalkan dampak stakeholder engagement dan komunikasi publik organisasi Anda.
Pelajari penawaran kemitraan bersama kami di sini.
Terima kasih.
Terakhir diperbarui: 14 April 2023