Panduan Siaran Pers

 

Memasuki tahun kedua, Green Network mulai menerima banyak siaran pers dari berbagai organisasi. Tim editorial kami secara independen memilih siaran pers yang memenuhi standar editorial kami, mengolahnya menjadi soft news (berita ringan) yang evergreen (relevan dibaca kapan pun), dan menerbitkannya di platform “News”/Kabar” kami.

Untuk memperjelas “standar editorial kami” seperti yang dimaksudkan di atas, tim kami memutuskan untuk membuat Panduan Menulis Siaran Pers umum untuk meningkatkan kemungkinan siaran pers Anda disetujui dan dipublikasikan di platform “News”/”Kabar” kami.

Berikut beberapa panduan yang mungkin berguna:

Apa Saja yang Bisa Diumumkan

Siaran pers Anda bisa mengumumkan informasi seputar pembaruan di organisasi dan komunitas Anda, seperti pengembangan organisasi, inovasi sebagai solusi untuk memecahkan masalah tertentu, kebijakan publik, program, praktik baik, laporan, temuan hasil riset, acara (event), konferensi, dan gerakan.

Rilis yang Kami Sukai

Siaran pers Anda mesti layak diberitakan (newsworthy), artinya mengumumkan informasi dan kejadian yang baru (up-to-date), relevan, bernilai, dan terkait dengan kepentingan masyarakat umum.

Tujuan utama platform News/Kabar kami adalah untuk memberi informasi; namun, seluruh publikasi digital kami dimaksudkan untuk advokasi pembangunan yang berkelanjutan dan isu-isu keberlanjutan. Kami tidak melihat diri kami sebagai pihak yang netral. Kami memilih “jurnalisme advokasi” dalam kerja-kerja kami, sehingga keseluruhan pesan idealnya menyasar tujuan itu.

Pedoman Teknis

  • Siaran pers Anda mesti relevan dengan fokus spesial (niche) pembangunan berkelanjutan”, topik-topik pilihan, dan audiens kami. 
  • Judul mesti terdiri dari 5-8 kata, termasuk kata kunci.
  • Jumlah kata sekitar 400-600.
  • Sumber mesti kredibel dan dapat ditautkan. Anda mesti menautkan (hyperlink) semua sumber yang tersedia online di dalam naskah Anda untuk meningkatkan kredibilitas.
  • Sertakan kutipan yang relevan dari tokoh otoritatif dan penting dalam organisasi Anda yang mendukung pesan Anda.
  • Sertakan foto beresolusi tinggi terbaik (idealnya 1500 x 738) yang paling mewakili rilis Anda. Anda dapat mengirimkan lebih banyak foto sehingga desainer kami dapat memilih foto yang terbaik. Berikan informasi terperinci mengenai foto, seperti sumber/kredit foto, keterangan, dan alt-text.
  • Cantumkan identitas humas/PR organisasi Anda dengan menyertakan nama lengkap, jabatan, alamat email, dan nomor ponsel (WhatsApp dan Telegram).
  • Cantumkan tanggal siaran pers dan beri tahu apakah untuk publikasi segera atau tanggal tertentu.

Pengajuan yang tidak lengkap mungkin tidak kami pertimbangkan. Terakhir, Anda bertanggung jawab penuh untuk memastikan semua informasi dan data yang digunakan dalam siaran pers Anda akurat, tepat, spesifik, dan terkini.

Pengajuan

Silakan kirimkan siaran pers Anda melalui email:

[email protected] cc [email protected]

Publikasi

Kami menghargai upaya Anda untuk mengikuti panduan ini, akan tetapi kami tidak berkewajiban menyetujui kiriman siaran pers Anda. Kami tidak dapat menjamin akan mempublikasikan semua kiriman siaran pers. Merupakan kebijakan dan keputusan mutlak kami untuk menyetujui atau tidak menyetujui menerbitkan siaran pers Anda berdasarkan penilaian editorial kami yang independen.

Kami akan mengabari Anda jika tim editorial kami memutuskan menerbitkan siaran pers Anda, baik secara langsung dengan tautan artikel yang sudah terbit atau dengan klarifikasi yang mungkin diperlukan oleh tim kami sebelum penerbitan.

Konten Sponsor

 

Selain publikasi dengan tipe seperti di atas (yang tidak pasti diterbitkan dan kandungan pesannya tidak dapat diintervensi oleh pihak manapun), Anda mungkin membutuhkan salah satu dari ide dan langkah berikut untuk menambah nilai dan memaksimalkan dampak dari upaya-upaya stakeholder engagement dan komunikasi publik organisasi Anda:

  • Publikasikan konten tanpa mengorbankan alokasi kapasitas tim Anda untuk membuatnya sendiri.
  • Meningkatkan kesadaran akan profil dan misi organisasi Anda (brand awareness) yang berharga bagi pemangku kepentingan (stakeholders), warga (citizens), dan pelanggan (customers) Anda.
  • Advokasi untuk isu-isu penting (causes), kebijakan, dan regulasi yang merupakan inti dari prioritas dan kebutuhan organisasi Anda.
  • Memastikan kandungan pesan dalam konten yang dipublikasikan mencerminkan prioritas dan kebutuhan organisasi Anda.
  • Menargetkan jumlah pembaca tertentu di lokasi tertentu dengan minat tertentu (targeted marketing).
  • Menautkan konten ke berbagai sumber daya online Anda yang berharga seperti situs web, akun media sosial, laporan, temuan hasil riset, brosur, dll.
  • Menunjukkan gambar/foto penting untuk ditampilkan dan diceritakan.

Pertimbangkan untuk menerbitkan konten sponsor bersama Green Network Asia dan Green Network ID untuk mendapatkan manfaat dari gaya penceritaan (storytelling) kami yang kreatif dan menarik yang akan terasa kredibel karena adanya kecocokan alami dan kesan iklan non-invasif bagi audiens target Anda. Konten sponsor yang kami terbitkan akan diberi label “Partner” pada bagian atas artikel untuk mematuhi Pedoman Media Siber. Pelajari lebih lanjut di sini.

Kami mencirikan konten sponsor kami sebagai informatif, eksploratif, eksplanatif, interpretatif, advokatif, dan berpengaruh. Kami menyampaikan kabar dan cerita Anda dengan mengikuti gaya editorial kami, ditargetkan untuk menjadi aset digital jangka panjang bagi organisasi Anda. Orang-orang mengingat konten sponsor lebih baik dari iklan tradisional.

Termasuk dalam Layanan Konten Sponsor Kami

Audiens Kami

Untuk memastikan Anda membuat keputusan yang tepat sebelum menginvestasikan sejumlah anggaran dalam Advokasi & Kampanye Digital bersama kami, Anda mungkin ingin memahami dua lapisan audiens target kami sebagai berikut:

#1 Audiens Spesifik 

Kami secara strategis menjangkau audiens komunitas multi-stakeholder di pemerintahan, bisnis, dan masyarakat sipil, termasuk pembuat kebijakan (CXOs, direktur, dan kepala departemen), pakar, praktisi, aktivis, pengusaha, investor, jurnalis, dan komunitas lokal.

Komunitas multi-stakeholder kami memiliki semangat, antusiasme, aspirasi, dan minat dalam pembangunan berkelanjutan. Mereka memiliki kekuatan, pengaruh, dan potensi di bidang dan organisasinya masing-masing.

Kami terus bekerja menciptakan ekosistem nilai bersama dengan komunitas multi-stakeholder kami di pemerintahan, bisnis, dan masyarakat sipil untuk memecahkan masalah di tengah masyarakat dan mencapai dampak kolektif.

#2 Audiens Umum 

Kami bangga dengan inklusivitas yang kami pegang dan selalu bertekad untuk memelihara nilai-nilai Keberagaman, Kesetaraan, dan Inklusi.

Selain audiens spesifik seperti di atas, kami memastikan bahwa layanan kami menjangkau masyarakat umum dari berbagai latar belakang sosial dan ekonomi di Indonesia dan dunia, khususnya dengan menggunakan strategi dan praktik pemasaran digital.

Masyarakat umum mewakili individu warga negara (citizens) dan pelanggan (customers) yang pengetahuan dan kesadarannya sangat penting untuk mengarusutamakan keberlanjutan dalam skala besar.

Kami memiliki keahlian untuk menyampaikan konten berkualitas tinggi dengan gaya bahasa populer yang dapat dipahami oleh berbagai komunitas di tengah masyarakat.

Kami bersemangat untuk “tidak meninggalkan satu orang pun di belakang” dalam upaya pendidikan dan advokasi kami.

Hubungi Kami

Hubungi Tim Penjualan Periklanan kami secara langsung melalui email [email protected] dan [email protected] atau +62 8222 5372 855 (HP/WhatsApp) untuk menjadwalkan pertemuan daring melalui Zoom dan mendiskusikan kebutuhan Anda.

Bermitra Jangka Panjang dengan Kami

Bermitra selama satu tahun/multi-tahun dengan kami untuk mendapatkan manfaat dari Advokasi & Kampanye Digital jangka panjang seputar isu/topik pilihan, kebijakan, dan regulasi yang disesuaikan dengan prioritas dan kebutuhan organisasi Anda.

Pelajari lebih lanjut tentang penawaran dan peluang kemitraan bersama kami di sini.

Terima kasih!

Terakhir diperbarui: 10 Januari 2023