Skip to content
  • Tentang
  • Bermitra dengan Kami
  • Beriklan dengan Kami
  • GNA Internasional
  • Berlangganan
  • Log In
Primary Menu
  • Beranda
  • Terbaru
  • Topik
  • Wilayah
    • Jawa
    • Kalimantan
    • Maluku
    • Nusa Tenggara
    • Papua
    • Sulawesi
    • Sumatera
  • Kabar
  • Ikhtisar
  • Wawancara
  • Opini
  • Figur
  • Infografik
  • Video
  • Komunitas
  • Siaran Pers
  • ESG
  • Muda
  • Dunia
  • Kabar

Si Bulan, Layanan Ambulans Gratis 24 Jam

Masyarakat yang membutuhkan layanan ambulans gratis Si Bulan bisa langsung menghubungi nomor telepon sekretariat Si Bulan terdekat. Petugas akan langsung menjemput pasien di rumah dan mengantarnya ke lokasi yang dituju.
Oleh Zia Ul Haq
6 Juli 2021

Salah satu unit ambulans Si Bulan.

Siaga Ambulan, itulah nama yang dipilih sebagai sebutan bagi gerakan anak muda ini, disingkat menjadi “Si Bulan”. Mereka menyediakan layanan ambulans gratis 24 jam untuk siapapun yang membutuhkan, terutama dari kalangan masyarakat tidak mampu.

Perkembangan Si Bulan

Gerakan Si Bulan ini diprakarsai oleh kaum muda di Purwokerto, Jawa Tengah, yang tergabung dalam komunitas Zona Bombong, suatu wadah yang bertekad untuk menebar rasa bombong (bahasa Jawa: bahagia) bagi masyarakat.

Awalnya hanya ada satu unit ambulans milik Pesantren Nurul Huda yang bisa mereka manfaatkan. Karena semakin lama kebutuhan terus meningkat, Zona Bombong mulai kewalahan. Akhirnya, dibentuklah komunitas Jejaring Si Bulan, yang menghubungkan lembaga-lembaga penyedia ambulans lainnya dengan tujuan yang sama.

Dari satu unit menjadi tujuh unit, dan terus berkembang hingga kini terdapat 130 unit ambulans yang tersebar di berbagai daerah. Dari cakupan Banyumas, Jejaring Si Bulan meluas hingga Kebumen, Purbalingga, Cilacap, Yogyakarta, Solo, Jakarta, Semarang, sampai luar Jawa.

Ambulans Gratis

Masyarakat yang membutuhkan layanan ambulans gratis Si Bulan bisa langsung menghubungi nomor telepon sekretariat Si Bulan terdekat. Petugas akan langsung menjemput pasien di rumah dan mengantarnya ke lokasi yang dituju.

“Kalau lokasinya jauh, biasanya kami pakai sistem oper. Misal dari Purwokerto ke Surabaya. Maka Jejaring Si Bulan Purwokerto akan mengantar sampai Solo. Kemudian diambil alih oleh Jejaring Si Bulan Solo untuk diantar ke Surabaya,” tutur Ajir Ubaidillah, salah satu pendiri dan pegiat Jejaring Si Bulan.

Lebih dari 30 anak penderita leukimia mendapatkan pelayanan rutin dari Si Bulan. Tiap minggu mereka diantar untuk berobat ke Yogyakarta secara bergiliran. Rata-rata ada 2-3 pasien yang diantar oleh satu mobil armada Si Bulan dalam sehari. Kalau ada 30 mobil, berarti ada 60-90 pasien yang dilayani tiap hari. Tidak ada pungutan biaya apapun dari pasien, baik uang bensin ataupun ongkos makan supir. Semuanya gratis tanpa syarat.

Layanan Si Bulan juga mencakup pengantaran jenazah. Tentu saja program ini sangat membantu keluarga kurang mampu yang tak sanggup membayar layanan mobil jenazah rumah sakit. Umumnya, layanan mobil jenazah butuh biaya sekitar 4-5 juta rupiah. Jumlah yang tak sedikit bagi keluarga miskin, apalagi jika masih harus mengurus biaya proses pemakaman..

Dana operasional Jejaring Si Bulan sejauh ini tergantung mobilitas pengantaran pasien. Sumber dananya berasal dari dompet komunitas atau lembaga masing-masing, serta donasi dari lembaga atau perorangan.

Jejaring Si Bulan sadar betul bahwa penderitaan orang miskin menjadi berlipat saat mereka sakit. Oleh karena itu, Si Bulan juga menyediakan rumah singgah bagi keluarga pasien dan relawan untuk mendampingi selama proses berobat.

“Awalnya kami tidak pernah menyangka Si Bulan bisa meluas seperti ini. Namun semangat kebaikan ternyata menghubungkan kami semua meskipun berbeda latar belakang. Kami mengajak agar semua pihak untuk memperbanyak karya-karya sosial di tengah masyarakat,” ujar Heri Kristanto, koordinator Jejaring Si Bulan kepada Green Network.

Unduh di Google Play

Untuk mempermudah proses pengajuan sekaligus pendataan, Si Bulan juga tersedia dalam wujud aplikasi digital yang bisa diunduh melalui Google Play. Calon pemohon dapat mengisi formulir yang tersedia dengan nama pemohon, nomor yang bisa dihubungi, alamat, juga jenis layanan yang dibutuhkan. Nantinya, pihak Si Bulan akan memberikan tanggapan berupa nama pengemudi, nomor polisi unit ambulans, serta nomor telepon.

Formulir login aplikasi Si Bulan berisi kolomnomor handphone dan password yang harus diisi, dan ada tombol login warna biru
Tampilan laman login pada aplikasi | Foto: Google Play

 

Formulir pengajuan layanan Si Bulan. Bagian paling atas nama dan alamat pengguna; di bawahnya ada 2 tombol merah (kiri: Ambulans Darurat; kanan: Ambulans Jenazah); di bawahnya ada kolom Info Tanggap bertuliskan nomor polisi kendaraan, pengemudi, nomor telepon; bagian paling bawah ada info artikel dari Si Bulan
Tampilan laman pengguna aplikasi Si Bulan | Foto: Google Play

 

Formulir pengajuan layanan berisi data Nomor Tiket, Tanggal Keberangkatan, Titik Penjemputan, Alamat Tujuan
Formulir permohonan layanan | Foto: Google Play

Kebutuhan akan ambulans memang tidak bisa diperkirakan, namun begitu tiba masanya, sangat genting terasa. Apalagi di tengah pandemi COVID-19. Jumlahnya terbatas, namun permintaan di lapangan terus meningkat. Tentu saja, biaya layanannya juga ikut melambung.

Gerakan Si Bulan membuktikan bahwa upaya-upaya kebaikan akan lebih kuat saat berjejaring. Segala keterbatasan dan kendala bisa dihadapi saat semua pihak saling mengenal, membantu, dan bersinergi. Untuk menghubungi Si Bulan, Anda bisa mengakses akun media sosial mereka di sini. 

Editor: Inez Kriya

Jika konten ini bermanfaat, harap pertimbangkan untuk berlangganan GNA Indonesia.

Langganan Anda akan memberikan akses ke wawasan interdisipliner dan lintas sektor tentang isu-isu keberlanjutan (sustainability) dan pembangunan berkelanjutan (sustainable development) di Indonesia dan dunia, memperkuat pengembangan kapasitas pribadi dan profesional Anda sekaligus mendukung kapasitas finansial Green Network Asia untuk terus menerbitkan konten yang didedikasikan untuk pendidikan publik dan advokasi multi-stakeholder.

Pilih Paket Langganan

Zia Ul Haq
Reporter at Green Network Asia | Website |  + postsBio

Zia adalah Reporter di Green Network Asia. Ia adalah lulusan program sarjana Pendidikan Islam dari UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Saat ini Ia aktif menjadi Pendamping Belajar di Komunitas Belajar Qaryah Thayyibah (KBQT).

  • Zia Ul Haq
    https://greennetwork.id/author/ziatuwel/
    Bayar Kuliah dengan Inovasi: Pendidikan Berkelanjutan ala DTECH-ENGINEERING
  • Zia Ul Haq
    https://greennetwork.id/author/ziatuwel/
    Komitmen Tingkatkan Debit Air Tanah, Desa Warugunung Gelar Aksi Menanam Pohon
  • Zia Ul Haq
    https://greennetwork.id/author/ziatuwel/
    Aksi Menanam Pohon Bersama Sakola Wanno, Layanibumi, dan Green Network Asia
  • Zia Ul Haq
    https://greennetwork.id/author/ziatuwel/
    Mimpi Gerakan LindungiHutan Tanam 270 Juta Pohon

Continue Reading

Sebelumnya: Mengenang Muhammad Arif Tasrif
Berikutnya: Satu Rumah Satu Kebun ala Teman Berkebun

Baca Kabar dan Cerita Lainnya

kegiatan anak di sekolah Memperbaiki Kualitas Pendidikan Dasar di Asia Tengah
  • Kabar
  • Unggulan

Memperbaiki Kualitas Pendidikan Dasar di Asia Tengah

Oleh Attiatul Noor
19 Agustus 2025
foto hitam putih tangan-tangan yang terangkat Menilik Peran Kaum Muda dalam Mendorong Kemajuan Pembangunan Berkelanjutan
  • Kabar
  • Unggulan

Menilik Peran Kaum Muda dalam Mendorong Kemajuan Pembangunan Berkelanjutan

Oleh Kresentia Madina
18 Agustus 2025
seseorang memegang ponsel Mengulik Sistem Peringatan Dini Berbasis Ponsel
  • Kabar
  • Unggulan

Mengulik Sistem Peringatan Dini Berbasis Ponsel

Oleh Kresentia Madina
11 Agustus 2025
dua wanita Quechua duduk menghadap belakang di atas bukit berumput dengan latar belakang pegunungan Buen Vivir, Filosofi Masyarakat Adat di Pegunungan Andes yang Relevan di Tengah Krisis Ekologi
  • Kabar
  • Unggulan

Buen Vivir, Filosofi Masyarakat Adat di Pegunungan Andes yang Relevan di Tengah Krisis Ekologi

Oleh Attiatul Noor
8 Agustus 2025
dua orang duduk dan berbicara di bangku kayu Bagaimana Friendship Bench Menjembatani Kesenjangan Layanan Kesehatan Mental
  • Kabar
  • Unggulan

Bagaimana Friendship Bench Menjembatani Kesenjangan Layanan Kesehatan Mental

Oleh Dinda Rahmania
4 Agustus 2025
sebuah papan pengumuman bertuliskan ‘we are hiring’ tergantu di depan pintu SE Menaker untuk Hapus Diskriminasi dalam Rekrutmen Tenaga Kerja
  • Kabar
  • Unggulan

SE Menaker untuk Hapus Diskriminasi dalam Rekrutmen Tenaga Kerja

Oleh Abul Muamar
31 Juli 2025

Tentang Kami

  • Surat CEO GNA
  • Tim In-House GNA
  • Jaringan Penasihat GNA
  • Jaringan Author GNA
  • Panduan Artikel Opini GNA
  • Panduan Konten Komunitas GNA
  • Layanan Penempatan Siaran Pers GNA
  • Program Magang GNA
  • Pedoman Media Siber
  • Ketentuan Layanan
  • Kebijakan Privasi
© 2021-2025 Green Network Asia