Skip to content
  • Tentang
  • Bermitra dengan Kami
  • GNA Internasional
  • Berlangganan
  • Log In
Primary Menu
  • Beranda
  • Terbaru
  • Topik
  • Wilayah
    • Jawa
    • Kalimantan
    • Maluku
    • Nusa Tenggara
    • Papua
    • Sulawesi
    • Sumatera
  • Kabar
  • Ikhtisar
  • Wawancara
  • Opini
  • Figur
  • Infografik
  • Video
  • Komunitas
  • ESG
  • Muda
  • Dunia
  • Siaran Pers
  • GNA Knowledge Hub
  • Partner
  • Wawancara

Sekolah Global Madani Membangun Kebiasaan Hijau di Kehidupan Siswa

"Untuk menjadikan kegiatan dan kebiasaan hijau ini gaya hidup berkelanjutan, tidak hanya sekedar untuk gaya-gayaan atau mengikuti tren saja. Itu janji saya untuk diri sendiri," kata Ainaya, siswa kelas 9 Sekolah Global Madani.
Oleh Nazalea Kusuma
27 Juli 2021
Beberapa siswa SD dalam kegiatan kampanye GO GREEN | Foto: Rani Amrista

Beberapa siswa SD dalam kegiatan kampanye GO GREEN | Foto: Rani Amrista

Panduan Artikel Opini Green Network Asia


Pelajari Lebih Lanjut

Sekolah Global Madani adalah sebuah jejaring sekolah dari tingkat dasar (SD), menengah pertama (SMP), dan menengah atas (SMA) yang berlokasi di kota Bandar Lampung, provinsi Lampung, Indonesia. Didirikan pada 2010, institusi pendidikan ini bertekad untuk membangun insan Islami, cerdas, bermartabat.

Sekolah Global Madani berharap dapat mendidik generasi yang memiliki kesadaran akan kelestarian lingkungan. Hal ini diajarkan secara sistematis melalui kurikulum pendidikan dan kegiatan siswa di sekolah.

Kurikulum Lingkungan Hijau merupakan sistem dalam lingkup sekolah yang melibatkan seluruh siswa, guru, anggota yayasan, hingga para staf. Melalui kurikulum ini, Sekolah Global Madani bertujuan menciptakan sebuah lingkungan yang nyaman untuk mendukung proses belajar-mengajar dan menanamkan pengetahuan serta prinsip hidup bahwa kita harus merawat dan melestarikan lingkungan.

Bangunan ramah lingkungan dengan sistem pembuangan yang layak adalah titik berangkat bagi Sekolah Global Madani. Melangkah lebih jauh untuk mewujudkan kesadaran akan kelestarian lingkungan, Kurikulum Lingkungan Hijau diciptakan sebagai bagian dari Nine Aspects of SGM Enriched Curriculum (NASEC) atau Sembilan Aspek Kurikulum Pengayaan Sekolah Global Madani, sebuah pengayaan dari kurikulum nasional yang berlaku di Indonesia. Kesadaran akan kelestarian lingkungan terintegrasi dalam pelajaran sehari-hari. 

Pemandangan di Sekolah Global Madani dengan langit biru cerah | Foto: M. Ramadhan
Pemandangan di Sekolah Global Madani dengan langit biru cerah | Foto: M. Ramadhan

Selain kurikulum, kegiatan siswa juga diwarnai nilai-nilai hijau untuk mendukung keberlanjutan. Karena siswa adalah bagian terbesar dari populasi Sekolah Global Madani, partisipasi mereka menjadi sangat penting.

Kami di Green Network ingin tahu lebih banyak tentang sistem Sekolah Global Madani ini dari sudut pandang siswa. Kami penasaran bagaimana Kurikulum Lingkungan Hijau ini mempengaruhi kehidupan siswa, khususnya kesadaran mereka akan kelestarian lingkungan.

Pada Senin, 9 Juli lalu, Green Network berbicara dengan Ainaya Namira Salwa. Ainaya adalah siswa berusia 14 tahun yang duduk di bangku kelas 9 Sekolah Global Madani. Ia telah menjadi siswa di sekolah ini selama empat tahun. Wawancara ini dilakukan melalui WhatsApp oleh Nazalea Kusuma dari Green Network.

Sampai hari ini, kamu bersekolah secara daring. Semoga kamu masih ingat rasanya bersekolah tatap muka, ya! Apakah kamu kangen dengan suasana sekolah tatap muka?

Ya, sekolah daring sudah berjalan sekitar setahun. Saya kangen sekali dengan semua kegiatan siswa dan para guru!

Karyawisata siswa SMP di Taman Horti | Foto: M. Ramadhan
Karyawisata siswa SMP di Taman Horti | Foto: M. Ramadhan

Apa yang paling kamu sukai dari sekolahmu?

Jujur, saya paling suka dengan fasilitas sekolah yang nyaman dan orang-orangnya yang ramah–para siswa, guru-guru, dan juga para staf. 

Bicara tentang lingkungan fisik dari sekolahmu, apa pendapatmu soal itu?

Sangat bersih! Sekolah Global Madani jauh lebih bersih dibanding sekolah-sekolah lain yang pernah saya lihat atau kunjungi. Area sekolahnya asri dan indah dengan banyak pohon. Jadi, sekolah saya sangat sejuk dan teduh, tidak panas dan gerah.

Bisa ceritakan apa saja yang diajarkan oleh sekolah untuk menjaga lingkungan?

Menurut saya, salah satu program paling efektif yang diajarkan di sekolah, adalah program Diet Plastik. Pada dasarnya, semua siswa harus mengurangi penggunaan plastik. Misal:

  1. Murid harus membawa air minum dari rumah dengan menggunakan botol minum (tumbler), jadi kami tidak perlu beli air dalam kemasan.
  2. Kami juga harus membawa dan memakai tas kain alih-alih menggunakan kantong plastik.
  3. Para warga sekolah juga harus berusaha untuk tidak membawa plastik sekali pakai ke wilayah sekolah.

Selain itu, kami juga punya “Jumat Ceria”, aktivitas khusus setiap Jumat. Setiap Jumat, kami tidak hanya melakukan olahraga bersama atau mengaji Alquran, tapi juga membersihkan area sekolah bersama-sama.

Pemandangan hijau di sekitar aula utama Sekolah Global Madani | Foto: M. Ramadhan

Wah, menarik sekali. Apakah kamu menikmati semua itu?

Ya, secara personal, saya sangat menikmatinya. Saya juga senang mendapatkan pengetahuan baru, seperti bagaimana menggunakan barang daur ulang untuk membuat karya seni atau kerajinan tangan.

Nah, sudah lama sekali sejak terakhir kamu melakukannya di sekolah, ya! Apakah ada kebiasaan di sekolah yang kamu terapkan juga di rumah?

Hmm, membawa tas kain alih-alih kantong plastik adalah salah satu kebiasaan yang terus melekat. Saya juga berusaha untuk mengurangi membeli minuman dalam botol plastik sekali pakai. Membuang sampah pada tempatnya sudah menjadi kebiasaan dasar yang terus saya lakukan.

Secara pribadi, apakah kamu punya ketertarikan dengan lingkungan?

Saya tertarik dengan upaya pengurangan polusi dan merawat lingkungan semaksimal mungkin semampu saya.

Apa saja hal-hal yang menurutmu dapat ditiru oleh siswa di sekolah lain dari kamu dan teman-temanmu di Sekolah Global Madani?

Mulai dari hal sederhana seperti mengurangi pembelian minuman dalam botol plastik sekali pakai, dan membawa botol minuman sendiri. Hal lain yang bisa dilakukan adalah merawat tanaman di sekitar kita.

Semoga pandemi dapat segera berakhir supaya kalian bisa segera kembali bersekolah tatap muka! Apakah ada hal baru yang kamu harapkan dari sekolah berkaitan dengan kelestarian lingkungan?

Hmm, rasanya saya ingin belajar lebih banyak tentang 3R (Reduce, Reuse, Recycle—Kurangi, Gunakan Kembali, Daur Ulang) dan tentu menerapkannya di dalam maupun di luar lingkungan sekolah.

Bagaimana dengan kamu sendiri? Apa komitmen yang kamu buat untuk lingkungan? 

Untuk menjadikan kegiatan dan kebiasaan hijau ini gaya hidup berkelanjutan, tidak hanya sekedar untuk gaya-gayaan atau mengikuti tren saja. Itu janji saya untuk diri sendiri.

-Selesai-

Pemandangan dari salah satu sudut Sekolah Global Madani | Foto: M. Ramadhan
Pemandangan dari salah satu sudut Sekolah Global Madani | Foto: M. Ramadhan

Editor: Marlis Afridah

Penerjemah: Inez Kriya

Untuk membaca versi asli wawancara ini dalam bahasa Inggris, klik di sini.

Untuk memahami Kurikulum Unggulan NASEC, klik di sini.

Untuk mengikuti aktivitas Sekolah Global Madani, kunjungi situs resmi dan jaringan media sosial sekolah melalui YouTube, Instagram, dan Facebook.

Semua publikasi Green Network yang menampilkan foto anak usia di bawah 18 tahun telah mendapat persetujuan dari wali, dalam publikasi ini diwakili oleh Sekolah Global Madani. Semua kegiatan yang ditampilkan dalam publikasi ini diselenggarakan sebelum merebaknya pandemi Covid-19.

Perkuat pengembangan kapasitas pribadi dan profesional Anda dengan Langganan GNA Indonesia.

Jika konten ini bermanfaat, harap pertimbangkan Langganan GNA Indonesia untuk mendapatkan akses digital ke wawasan interdisipliner dan lintas sektor tentang isu-isu keberlanjutan (sustainability) dan pembangunan berkelanjutan (sustainable development) di Indonesia dan dunia.

Pilih Paket Langganan Anda

Nazalea Kusuma
Managing Editor at Green Network Asia | Website |  + postsBio

Naz adalah Manajer Publikasi Digital Internasional di Green Network Asia. Ia pernah belajar Ilmu Perencanaan Wilayah dan Kota dan tinggal di beberapa kota di Asia Tenggara. Pengalaman pribadi ini memperkaya persepektifnya akan masyarakat dan budaya yang beragam. Naz memiliki sekitar satu dekade pengalaman profesional sebagai penulis, editor, penerjemah, dan desainer kreatif.

  • Nazalea Kusuma
    https://greennetwork.id/author/nazalea/
    Langkah Mundur India dalam Kebijakan Emisi Sulfur Dioksida
  • Nazalea Kusuma
    https://greennetwork.id/author/nazalea/
    Pentingnya Ruang Terbuka Hijau Perkotaan yang Aksesibel dan Inklusif untuk Semua
  • Nazalea Kusuma
    https://greennetwork.id/author/nazalea/
    Mengulik Tren Gaya Hidup Minimalis di TikTok
  • Nazalea Kusuma
    https://greennetwork.id/author/nazalea/
    Mengatasi Tantangan dalam Implementasi Adaptasi Berbasis Ekosistem (EbA)

Continue Reading

Sebelumnya: Si Bulan, Layanan Ambulans Gratis 24 Jam
Berikutnya: Satu Rumah Satu Kebun ala Teman Berkebun

Baca Kabar dan Cerita Lainnya

deretan polisi dengan rompi dan tameng menghadap ke arah pengunjuk rasa dengan latar asap hitam Demokrasi yang Cacat di Indonesia: Kebebasan Berpendapat di Bawah Ancaman Kekerasan Aparat
  • GNA Knowledge Hub
  • Highlight
  • Kabar

Demokrasi yang Cacat di Indonesia: Kebebasan Berpendapat di Bawah Ancaman Kekerasan Aparat

Oleh Abul Muamar
4 September 2025
patung-patung kuno di lahan hijau terbuka Melestarikan Situs Warisan di Tengah Perubahan Iklim
  • GNA Knowledge Hub
  • Ikhtisar

Melestarikan Situs Warisan di Tengah Perubahan Iklim

Oleh Kresentia Madina
4 September 2025
seorang pria berkaus dan bercelana jins berbaring di jalan Ketimpangan, Pengangguran, hingga Korupsi yang Merajalela: 6 Isu Sosial yang Mendesak untuk Diatasi
  • GNA Knowledge Hub
  • Highlight
  • Ikhtisar

Ketimpangan, Pengangguran, hingga Korupsi yang Merajalela: 6 Isu Sosial yang Mendesak untuk Diatasi

Oleh Abul Muamar
3 September 2025
Seorang pemain sepak bola perempuan berbaju oranye menendang bola saat bertanding menghadapi lawan yang mengenakan kaus putih. Ihwal Kesenjangan Gaji Berbasis Gender dalam Olahraga dan Bagaimana Dampaknya
  • GNA Knowledge Hub
  • Ikhtisar

Ihwal Kesenjangan Gaji Berbasis Gender dalam Olahraga dan Bagaimana Dampaknya

Oleh Sukma Prasanthi
3 September 2025
logo is2p IS2P Serukan Setop Eskalasi Konflik dan Selamatkan Masa Depan Indonesia
  • GNA Knowledge Hub
  • Siaran Pers

IS2P Serukan Setop Eskalasi Konflik dan Selamatkan Masa Depan Indonesia

Oleh IS2P
2 September 2025
papan bertuliskan tanah milik pemerintah desa asinan yang ditancapkan di tepi rawa pening Revitalisasi Rawa Pening dan Dampaknya bagi Masyarakat Setempat
  • GNA Knowledge Hub
  • Konten Komunitas

Revitalisasi Rawa Pening dan Dampaknya bagi Masyarakat Setempat

Oleh Fahran Wahyudi
2 September 2025

Tentang Kami

  • Surat CEO GNA
  • Tim In-House GNA
  • Jaringan Penasihat GNA
  • Jaringan Author GNA
  • Panduan Artikel Opini GNA
  • Panduan Konten Komunitas GNA
  • Layanan Penempatan Siaran Pers GNA
  • Program Magang GNA
  • Pedoman Media Siber
  • Ketentuan Layanan
  • Kebijakan Privasi
© 2021-2025 Green Network Asia