FAQ

Apa itu Green Network?

Green Network adalah perusahaan layanan konsultansi public affairs dan media digital independen berbasis tujuan (purpose driven) yang tergerak oleh visi menciptakan ekosistem nilai bersama untuk pembangunan berkelanjutan.

Kami adalah tim pekerja pengetahuan, penulis, pencerita, pemasar konten, komunikator sains, produser acara, penggemar nilai bersama (shared value), dan advokat pembangunan berkelanjutan.

Kami bertujuan untuk mendukung pembangunan berkelanjutan dengan mempromosikan dan mengarusutamakan prinsip-prinsip keberlanjutan, menunjukkan praktik-praktik baik, dan memungkinkan kolaborasi lintas pemangku kepentingan (multi-stakeholders) di pemerintahan, bisnis, dan masyarakat sipil untuk realisasi pembangunan berkelanjutan.

Pelajari lebih lanjut tentang Green Network di sini.

Apakah Green Network organisasi bisnis atau nirlaba?

Green Network adalah organisasi bisnis (for-profit). Nama badan usaha kami yaitu PT Bumi Manusia Berkelanjutan.

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang mengapa kami melakukan bisnis alih-alih nirlaba, baca #LetterfromtheFounder kami “Menggerakkan Tujuan Menjadi Aksi Nyata dengan Menciptakan Nilai Bersama”.

Mengenai bagaimana kami memposisikan “profit” relatif terhadap “dampak sosial dan lingkungan” dari organisasi kami, berikut adalah bagaimana kami secara sadar mengukur pendirian (standing position) dan fokus dampak kami dalam B Impact Assessment:

“Kami memperlakukan dampak sosial dan lingkungan kami sebagai ukuran utama keberhasilan bisnis kami dan memprioritaskannya bahkan dalam situasi di mana hal itu mungkin tidak mendorong profitabilitas/keuntungan”

Sembari menciptakan nilai bersama secara internal melalui organisasi kami, kami juga menyalurkan filantropi kami melalui Layanibumi, sebuah organisasi nirlaba yang didedikasikan untuk melayani orang-orang di dasar piramida (people) dan merawat bumi (planet). Harap dicatat bahwa situs web Layanibumi belum tersedia secara online saat ini.

Layanan apa yang ditawarkan Green Network kepada para mitranya?

Kami menawarkan kemitraan strategis yang memberikan konsultasi public affairs untuk mendukung berbagai organisasi yang selaras dengan misi kami dalam perjalanan dan inisiatif pembangunan berkelanjutan mereka, melalui platform terintegrasi kami.

Kami menggunakan kombinasi pendekatan multidisiplin untuk membantu memberikan solusi potensial dan mencapai misi Anda dalam kebijakan publik, hubungan pemerintah, diplomasi bisnis, tanggung jawab perusahaan, akuntabilitas perusahaan, advokasi dan kampanye, stakeholder engagement, pengembangan komunitas, pembangunan ekosistem, dan hubungan media.

Layanan kami disampaikan melalui empat unit bisnis kami: 1) Kampanye Digital, 2) Bespoke Event, 3) Akademi, dan 4) Intelijen.

Pelajari lebih lanjut tentang penawaran dan peluang kemitraan bersama kami di sini.

Apakah saya bisa berkontribusi dan menerbitkan artikel saya di Green Network?

Iya, Anda bisa!

Saat ini, hanya platform “Opini” yang tersedia untuk kontributor lepas. Platform lain di Green Network seperti Kabar, Ikhtisar, Wawancara, dan Figur masih ditulis hanya oleh tim internal kami.

Harap pelajari dan ikuti Panduan Menulis Opini kami untuk membantu karya Anda memenuhi standar publikasi kami.

Apakah saya mendapatkan honorarium jika Opini saya dipublikasikan di Green Network?

Kami menganggarkan Rp 300.000 sebagai honorarium untuk setiap artikel opini orisinal yang berhasil diterbitkan di Green Network ID (Bahasa Indonesia – relevan untuk audiens Indonesia), dan Rp 500.000 untuk setiap artikel opini orisinal yang berhasil diterbitkan di Green Network Asia (Bahasa Inggris – relevan untuk audiens internasional).

Jika Anda memilih untuk menerima honorarium ketika artikel opini Anda berhasil diterbitkan, harap sertakan detail rekening bank Anda bersama pengiriman artikel opini Anda.

Kami akan mentransfer honorarium kepada Anda selambat-lambatnya 30 hari setelah publikasi.

Saya kurang nyaman atau tidak tertarik menerima honorarium menulis opini. Bagaimana?

Jika Anda kurang nyaman atau tidak tertarik untuk menerima honorarium, beri tahu kami. Kami akan berterima kasih jika Anda lebih memilih mengembalikan “give back” honorarium untuk mendukung misi kami, atau menyalurkan honorarium ke Layanibumi sebagai amal atas nama Anda.

Kami akan berkonsultasi dengan Anda secara langsung mengenai opsi-opsi ini jika artikel opini Anda diterbitkan dan Anda memilih untuk tidak menerima honorarium.

Apakah saya bisa mengusulkan kemitraan media (media partnership) dengan Green Network untuk mendukung acara (event) saya?

Iya, Anda bisa!

Media partnership dianggap sebagai “in-kind partnership”, artinya merupakan hubungan bisnis timbal balik dan bukan amal (charity) dari pihak kami, meskipun kemitraan tersebut tidak melibatkan transaksi keuangan alias tidak berbayar.

Untuk jenis kemitraan ini, kami akan meminta inisiatif “pemberian kembali/give back” dari pihak Anda sebagai timbal balik atas dukungan kami untuk acara Anda, biasanya dalam bentuk “dukungan brand awareness“, untuk memastikan komunitas Anda dan lebih banyak orang tahu tentang publikasi digital kami, sehingga lebih banyak orang bisa mengakses, mengikuti perkembangan, dan mendapat manfaat dari kerja-kerja kami untuk mendukung kehidupan, pekerjaan, dan karir mereka. Detail teknis dari media partnership mesti disepakati oleh semua pihak dalam MoU.

Secara umum, kami dengan senang hati mendukung inisiatif-inisiatif yang sejalan dengan misi kami. Namun, merupakan kebijaksanaan mutlak kami untuk menentukan apakah menerima atau menolak proposal media partnership Anda berdasarkan penilaian editorial kami yang independen dan situasi manajemen kami.

Penilaian editorial kami yang independen meliputi beberapa aspek, misalnya: 1) relevansi dan kegunaan liputan tersebut bagi audiens kami, 2) manfaat liputan tersebut untuk kebaikan yang lebih besar dan kepentingan masyarakat umum, dan 3) kompatibilitas acara Anda dengan tujuan dan misi organisasi kami.

Situasi manajemen kami meliputi beberapa pertimbangan seperti 1) beban kerja tim kami saat Anda mengajukan media partnership, dan 2) ketersediaan waktu dan energi tim kami.

Kirimkan proposal media partnership Anda melalui email: editorial@greennetwork.asia cc editorial.greennetwork@gmail.com

Saya bersyukur atas kabar dan cerita yang disampaikan oleh Green Network dan ingin mendukung misi Green Network dengan cara yang saya bisa, bagaimana caranya?

Mengetahui bahwa semakin banyak orang belajar dan mendapat manfaat dari kerja-kerja kami sungguh berarti. Terima kasih atas semua umpan balik yang baik tentang kerja-kerja kami!

Anda dapat berkontribusi pada organisasi kami dengan dukungan finansial dan non-finansial, secara individu dan atas nama komunitas atau organisasi Anda. Pelajari lebih lanjut di sini.

Apakah Green Network menyelenggarakan newsletter?

Ya, kami menyelenggarakan newsletter mingguan yang dikirimkan setiap hari Jumat. Anda dapat berlangganan tanpa biaya untuk mengikuti publikasi kami sepanjang minggu (Senin-Jumat) di waktu luang Anda selama akhir pekan. Berlangganan newsletter mingguan kami di sini.

Anda juga dapat merekomendasikan newsletter mingguan kami kepada teman dan kolega Anda sehingga mereka dapat tetap mengikuti perkembangan kabar dan cerita seputar pembangunan berkelanjutan di Indonesia dan dunia. Silakan mengirim tautan berlangganan newsletter mingguan kami kepada teman dan kolega Anda.