Skip to content
  • Tentang
  • Bermitra dengan Kami
  • Beriklan
  • GNA Internasional
  • Jadi Member
  • Log In
Primary Menu
  • Terbaru
  • GNA Knowledge Hub
  • Topik
  • Wilayah
    • Dunia
    • Jawa
    • Kalimantan
    • Maluku
    • Nusa Tenggara
    • Papua
    • Sulawesi
    • Sumatera
  • Kabar
  • Ikhtisar
  • Infografik
  • Video
  • Opini
  • Akar Rumput
  • Muda
  • Siaran Pers
  • Corporate Sustainability
  • GNA Knowledge Hub
  • Opini

TikTok & “Green Influencers”: Mampukah Mereka Membuat Perubahan?

TikTok tidak lagi dikenal semata sebagai wadah berisi tantangan tari dan “lip-sync”. Kini, di antara media yang lainnya, TikTok juga menjadi ruang tumbuhnya beragam video mengenai perubahan iklim dan praktik-praktik keberlanjutan yang ditonton terus menerus sampai jutaan kali. Artikel ini menjelaskan apakah bentuk aktivisme ini perlu didukung.
Oleh Tia Hanifa
4 Februari 2022
Aktivisme Digital melalui Tiktok

Ilustrasi oleh Irhan Prabasukma

Aktivisme digital adalah sebuah topik yang kerap didiskusikan dalam beberapa tahun terakhir, dimulai dari bagaimana hashtag #MeToo dan #BlackLivesMatter menyebar ke seantero dunia. Selain dua gerakan yang fokus pada kekerasan seksual dan rasisme tersebut, gerakan lingkungan juga bukan hal asing di Internet. Semakin banyak organisasi-organisasi akar rumput yang masuk ke ruang-ruang daring dan berupaya untuk meningkatkan kesadaran. Di kalangan publik mainstream, veganisme, imbas fast fashion terhadap lingkungan, dan gaya hidup ramah lingkungan menjadi topik-topik yang umum dibicarakan.

Naiknya Topik Lingkungan

Twitter (X) telah menjadi platform yang paling sering dihubungkan dengan gerakan sosial dalam beberapa tahun belakangan. Meskipun demikian, dengan semakin masifnya penggunaan TikTok, konten-konten bertema lingkungan di platform tersebut menjadi sesuatu yang perlu diperhitungkan. Video-video dengan hashtag #climatechange ditonton sampai 1.4 milyar kali, #globalwarming ditonton sampai 810.3 juta kali, dan video dengan hashtag #sustainableliving sudah ditonton sampai 398.2 juta kali sejauh ini. 

Dengan pendekatan-pendekatan yang beragam, kreator video tentang perubahan iklim cenderung memanfaatkan aspek-aspek aplikasi tersebut yang membuat unggahan menjadi viral, seperti yang kerap terjadi pada memes—mengunggah video pendek yang memanfaatkan musik serta caption, yang kemudian direspon, ditiru, dan direproduksi oleh pengguna lain. Semakin banyak interaksi yang diperoleh video tersebut, semakin tersebar luas video tersebut ke berbagai audiens.

Clicktivism: Efek Keviralan

Meskipun fitur-fitur dalam aplikasi itu membantu kreator aktivis untuk mencapai audiens yang lebih luas, aktivisme yang mengandalkan keviralan juga memiliki kekurangan. Aktivisme ini membuat gerakan sosial dipandang sebagai sebuah tren, sesuatu yang perlu diperhatikan hanya ketika populer saat ini saja. Hal ini dianggap bisa mendorong terjadinya “clicktivism” dan pencitraan. 

Clicktivism (juga dikenal sebagai “slacktivism”) merujuk pada aktivisme yang dilakukan secara daring, umumnya melalui klik suka, bagikan, retweet, partisipasi dalam petisi daring dsb. Dalam diskusi awal mengenai aktivisme, clicktivism dipandang sebagai sebuah tindakan sepele yang dilakukan dengan upaya paling minimal, tidak berdampak, dan tidak disukai. 

Meskipun demikian, banyak yang kemudian berpendapat bahwa, betul clicktivism mungkin tidak mengikuti pola tradisional kerja-kerja sosial berdampak, tetapi publik yang terjejaring bekerja dengan cara berbeda. Clicktivisme bisa cukup membuat geger dan bermakna. Tak bisa dipungkiri, internet memberikan kuasa pada orang-orang termarginalkan, yang mungkin tidak memiliki agensi di luar ruang-ruang daring, untuk bersuara dan didengarkan. 

Kini, semakin banyak jurnalis dan aktivis yang mulai bersuara melawan penggunaan kata “slacktivism.” Mereka menjelaskan bagaimana istilah tersebut mengejek orang-orang yang mulai memperhatikan sebuah isu tertentu. Setiap orang bisa mulai tertarik pada sebuah isu kapan saja, dan kita tidak mengecilkan hati mereka dengan berharap terlalu tinggi di awal. 

Menurut Open Society Foundations, “teknologi digitial lebih memungkinkan untuk mengaktifkan orang-orang yang tidak aktif secara politik dibandingkan sebaliknya.” Ini bisa dilihat dari jumlah anak-anak muda yang mulai bersuara mengenai isu lingkungan di TikTok, aplikasi yang didominasi Gen Z. 

Riset bertajuk “Showing They Care (Or Don’t): Affective Publics and Ambivalent Climate Activism on TikTok” menyatakan, “mereka (remaja dan dewasa muda) bisa jadi tidak benar-benar memahami penyebab dan imbas naiknya suhu bumi dan mungkin juga tidak menawarkan solusi konkrit dan praktis, tetapi mereka membangun jejaring atmosfer kepedulian yang mempengaruhi setidaknya orientasi satu generasi terhadap persoalan publik.”

Anak muda aktivis dan kreator TikTok juga memahami pentingnya mengalihkan narasi yang mendukung daripada yang mencela. EcoTok, sebuah kelompok anak muda yang membagikan konten-konten lingkungan di TikTok, telah membahas isu shaming atau celaan dalam lingkup isu lingkungan. Sering kali, orang terlalu fokus menegakkan standar tinggi yang mustahil untuk diri mereka sendiri dan orang lain dalam upaya menjadi lebih berkesadaran akan kelestarian lingkungan. 

Dari Aktivisme Digital menuju Aksi Nyata

Abbie Richards, salah satu pendiri EcoTok, juga berbicara mengenai pentingnya beralih dari “eco doom”. “Eco doom” dan narasi-narasi serupa berupaya untuk membuat orang-orang yang tidak aktif secara politik untuk mulai peduli pada lingkungan dengan mengatakan bahwa “dunia ini sedang sekarat” dan “tamatlah kita”. Narasi-narasi tersebut bisa menjadi senjata makan tuan dan hanya akan membangkitkan rasa bersalah, malu, dan tidak berguna seolah-olah tidak ada solusi. 

Ketika sampai di sini, yang paling utama adalah kepedulian yang ajek, konsistensi, dan kemauan untuk terus belajar. Semua perlu memulainya, dan bagi banyak orang, bisa saja itu melalui TikTok. Aktivisme digital memiliki peran, dan “green influencers” harus mengetahui kekuatan dan keterbatasan mereka dalam menanam benih tersebut. Aktivisme digital yang efektif harus mendukung pertumbuhan dalam diri audiens, kemudian menerjemahkannya ke dalam aksi-aksi nyata. 

Editor: Abul Muamar & Nazalea Kusuma

Penerjemah: Iffah Hannah

Untuk membaca versi asli tulisan ini dalam bahasa Inggris, klik di sini.

Publikasikan thought leadership dan wawasan Anda bersama Green Network Asia, pelajari Panduan Artikel Opini kami

Join Green Network Asia – Ekosistem Nilai Bersama untuk Pembangunan Berkelanjutan.

Belajar, berbagi, berjejaring, dan terlibat dalam gerakan kami untuk menciptakan dampak positif bagi masyarakat dan lingkungan melalui pendidikan publik dan advokasi multi-stakeholder tentang isu-isu keberlanjutan (sustainability) dan pembangunan berkelanjutan (sustainable development) di Indonesia dan dunia.

Jadi Member Sekarang

Tia Hanifa
Reporter at Green Network Asia | Website |  + postsBio

Tia adalah Reporter di Green Network Asia. Ia belajar Ilmu Komunikasi (Studi Media) di Universitas Indonesia.

  • Tia Hanifa
    https://greennetwork.id/author/tiahanifa/
    Salah Kaprah Penggunaan Istilah “Revenge Porn”
  • Tia Hanifa
    https://greennetwork.id/author/tiahanifa/
    Pengantar Menuju Aktivisme Digital: Terlibat Secara Bertanggung Jawab
  • Tia Hanifa
    https://greennetwork.id/author/tiahanifa/
    Dilema Sampah COVID-19 di Asia Selatan
  • Tia Hanifa
    https://greennetwork.id/author/tiahanifa/
    COP26: Terobosan dan Hasil Penting dari KTT Iklim Glasgow

Continue Reading

Sebelumnya: Menanti Pembangkit Listrik Bioenergi 600 MW pada 2030
Berikutnya: Sendai Framework Sebagai Panduan Strategi Pengurangan Risiko Bencana Indonesia

Lihat Konten GNA Lainnya

Kursi roda anak berukuran kecil di samping deretan kursi kayu, dengan latar belakang papan tulis hitam dan lantai berkarpet berwarna cerah. Mengatasi Tantangan yang Dihadapi Anak dengan Disabilitas
  • GNA Knowledge Hub
  • Ikhtisar

Mengatasi Tantangan yang Dihadapi Anak dengan Disabilitas

Oleh Niken Pusparani Permata Progresia
15 Oktober 2025
orang-orang menunggang kuda menyusuri aliran sungai Bagaimana Ongi River Movement di Mongolia Melindungi Manusia dan Lingkungan
  • GNA Knowledge Hub
  • Soft News

Bagaimana Ongi River Movement di Mongolia Melindungi Manusia dan Lingkungan

Oleh Dinda Rahmania
15 Oktober 2025
dua buah kakao berwarna kuning di batang pohon Bagaimana Kerja Sama Indonesia-Prancis dalam Memperkuat Industri Kakao
  • GNA Knowledge Hub
  • Soft News

Bagaimana Kerja Sama Indonesia-Prancis dalam Memperkuat Industri Kakao

Oleh Abul Muamar
14 Oktober 2025
Beberapa orang berada di dalam air untuk memasang kerangka jaring persegi berwarna hijau, sementara lainnya berdiri di pematang tambak dengan pagar bambu sederhana di bagian belakang. Rehabilitasi Mangrove Berbasis Komunitas dengan Silvofishery
  • GNA Knowledge Hub
  • Ikhtisar

Rehabilitasi Mangrove Berbasis Komunitas dengan Silvofishery

Oleh Niken Pusparani Permata Progresia
13 Oktober 2025
Dua perempuan menampilkan tarian Bali di hadapan penonton. Menghidupkan Kembali Warisan Budaya Bersama di Asia Tenggara
  • GNA Knowledge Hub
  • Soft News

Menghidupkan Kembali Warisan Budaya Bersama di Asia Tenggara

Oleh Attiatul Noor
13 Oktober 2025
perempuan yang duduk di batang pohon besar, laki-laki berdiri di sampingnya dan dikelilingi rerumputan; keduanya mengenakan pakaian tradisional Papua Deklarasi Sira: Memperjuangkan Pengakuan dan Perlindungan Hak Masyarakat Adat
  • GNA Knowledge Hub
  • Soft News

Deklarasi Sira: Memperjuangkan Pengakuan dan Perlindungan Hak Masyarakat Adat

Oleh Seftyana Khairunisa
10 Oktober 2025

Tentang Kami

  • Surat CEO GNA
  • Tim In-House GNA
  • Jaringan Penasihat GNA
  • Jaringan Author GNA
  • Panduan Artikel Opini GNA
  • Panduan Laporan Akar Rumput GNA
  • Layanan Penempatan Siaran Pers GNA
  • Program Magang GNA
  • Ketentuan Layanan
  • Kebijakan Privasi
© 2021-2025 Green Network Asia