Skip to content
  • Tentang
  • GNA Advisory & Consulting
  • Kemitraan Iklan GNA
  • GNA Internasional
  • Berlangganan
  • Log In
Primary Menu
  • Beranda
  • Terbaru
  • Topik
  • Wilayah
    • Jawa
    • Kalimantan
    • Maluku
    • Nusa Tenggara
    • Papua
    • Sulawesi
    • Sumatera
  • Kabar
  • Ikhtisar
  • Wawancara
  • Opini
  • Figur
  • Infografik
  • Video
  • Komunitas
  • Siaran Pers
  • ESG
  • Muda
  • Dunia
  • Konten Komunitas
  • Unggulan

Sekolah Ramah Sampah: Praktik Pendidikan Perubahan Iklim di SMP Islam Az-Zahra Lampung

Penguatan pada aksi-aksi mitigasi perubahan iklim dapat menciptakan pembelajaran yang bermakna bagi para pelajar dalam menghadapi perubahan iklim. Hal inilah yang diupayakan oleh SMP Islam Az-Zahra Bandar Lampung, melalui Program Sekolah Ramah Sampah.
Oleh Umi Fatirah
25 Desember 2024
dua orang siswa laki-laki berpakaian hitam-putih, yang satu memegang tanaman dengan tumpukan sayur di meja di depan mereka

Siswa SMP Az-Zahra Bandar Lampung. | Foto: Dokumentasi SMP Az-Zahra Bandar Lampung.

Pendidikan sejatinya bertujuan untuk membentuk seorang pembelajar agar memiliki karakter yang tangguh, bernalar kritis, memiliki kesadaran dan adaptif terhadap fenomena dan perubahan yang terjadi di lingkungan sekitar, serta bersumbangsih dalam mengatasi permasalahan di tengah masyarakat dalam berbagai bentuk. Terlepas dari usia dan berbagai kondisi lainnya, para pembelajar memiliki tanggung jawab dan dapat berperan dalam menyelesaikan berbagai persoalan yang ada di tengah masyarakat, salah satunya terkait masalah lingkungan hidup dengan polusi sampah sebagai salah satu isu utama.

Internalisasi Pendidikan Perubahan Iklim

Isu sampah tidak lepas dari apa yang menjadi persoalan utamanya, yaitu rendahnya kesadaran untuk menjaga kebersihan dan lingkungan sekitar. Kerusakan lingkungan, terutama yang disebabkan oleh ketidakacuhan manusia, memunculkan berbagai dampak buruk terhadap Bumi. Salah satu dampak terbesar yang saat ini menjadi isu global adalah perubahan iklim.  

Untuk meningkatkan kesadaran akan fenomena perubahan iklim dan pentingnya pengelolaan lingkungan hidup yang bertanggung jawab, internalisasi pendidikan perubahan iklim ke dalam kurikulum sekolah menjadi suatu hal yang sangat penting. Penguatan pada aksi-aksi mitigasi perubahan iklim dalam berbagai bentuk adaptasi dan inovasi dapat menciptakan pembelajaran yang bermakna bagi para pelajar dalam menghadapi perubahan iklim. Hal semacam inilah yang kami upayakan di sekolah kami tercinta, SMP Islam Az-Zahra Bandar Lampung, melalui Program Sekolah Ramah Sampah.

Sekolah Ramah Sampah

Sekolah Ramah Sampah adalah program aksi iklim yang bertujuan untuk mengurangi dan mengelola sampah di sekolah. Program ini dimulai di dalam kelas sebelum kemudian berkembang ke komunitas dengan melibatkan peserta didik dalam pembelajaran berbasis aksi nyata. Program ini sesuai dengan apa yang digaungkan PBB tentang Sustainable Development Goals (SDGs) Nomor 12, yang menyatakan pentingnya menerapkan konsumsi dan produksi yang bertanggung jawab. Program ini juga selaras dengan napas keislaman sebagai warna utama sekolah kami, yang mengajarkan seluruh manusia untuk tidak berlebihan dalam mengonsumsi, baik makanan maupun pakaian.

Program ini menitikberatkan empat tahapan kegiatan, yaitu Sadari, Selami, Pilahi, dan Batasi. Sejak awal, kami menyadari sepenuhnya bahwa keterbatasan pemahaman kami terkait isu sampah akan menjadi tantangan. Oleh karena itu, kami memutuskan untuk membangun komunikasi dan koordinasi dengan Yayasan. Dan syukurnya, Yayasan sangat mendukung kami dan bahkan menginisiasi kolaborasi yang lebih besar, yaitu dengan dua lembaga sosial yang memiliki fokus perhatian pada isu lingkungan, Youth with Sanitation Concern (YSC) dan Emak.id.

Melalui program Sekolah Ramah Sampah ini, kami juga berkolaborasi dengan orang tua murid melalui peran Komite Sekolah, pihak kantin, katering sekolah, serta seluruh staf dan karyawan. Kami bersama-sama melakukan peran masing-masing dalam upaya mengurangi volume sampah di sekolah. Siswa mendisiplinkan diri untuk membawa kotak makan serta botol minum sendiri. Guru mendisiplinkan diri untuk bijak dalam menggunakan kertas. Orang tua memperhitungkan porsi bekal makanan yang putra-putri mereka bawa ke sekolah; semuanya agar sesuai dengan kebutuhan dan tidak menghasilkan sampah. 

Perlahan tapi pasti, semua pihak telah bekerja di ranahnya masing-masing untuk mewujudkan apa yang menjadi tujuan utama program ini, yaitu berkurangnya 35% sampah sekolah di tahun-tahun yang akan datang.

Munculnya Budaya Baik

Hingga saat artikel ini ditulis, program Sekolah Ramah Sampah masih terus berjalan. Salah satu dampak yang kami rasakan adalah bagaimana kami semua warga sekolah telah pelan-pelan menyadari bahwa pengelolaan sampah adalah bentuk tanggung jawab kita terhadap lingkungan dan Bumi yang kita cintai. Bagaimana kami kemudian berupaya untuk menguranginya, membatasinya, dan mengelolanya, adalah sebuah budaya baik yang mulai muncul. Hal ini sangat kami syukuri, karena ini adalah tujuan utama sekaligus tujuan akhir dari program Sekolah Ramah Sampah ini. Bahwa pada hakikatnya, setiap orang mesti bertanggung jawab atas apa yang ia produksi dan konsumsi karena hal tersebut berpengaruh terhadap Bumi kita tercinta.

Editor : Abul Muamar


Berlangganan GNA Indonesia
Perkuat pengembangan kapasitas pribadi dan profesional Anda dengan wawasan lintas sektor tentang isu-isu keberlanjutan (sustainability) dan pembangunan berkelanjutan (sustainable development) di Indonesia dan dunia.
Pilih Paket Langganan

Umi Fatirah
+ postsBio

Umi Fatirah adalah Kepala SMP Islam Az-Zahra Bandar Lampung.

    This author does not have any more posts.

Continue Reading

Sebelumnya: GNA Talks #2: Menyelaraskan Praktik Bisnis dengan Hak Asasi Manusia
Berikutnya: Memperkuat Aksi Mitigasi Iklim melalui Penyelenggaraan Bangunan Gedung Hijau

Baca Kabar dan Cerita Lainnya

tumpukan koin dengan tanah dan tumbuhan di atasnya; dari kiri ke kanan tumpukannya semakin tinggi Mempertanyakan Komitmen Sektor Perbankan dalam Pembiayaan Berkelanjutan
  • Eksklusif
  • Ikhtisar
  • Unggulan

Mempertanyakan Komitmen Sektor Perbankan dalam Pembiayaan Berkelanjutan

Oleh Seftyana Khairunisa
15 Agustus 2025
Empat anak dalam acara literasi Inisiasi Lantara berpose di depan kamera sambil menunjukkan pouch buku hasil lukisan mereka sendiri. Inisiasi Lantara: Menumbuhkan Minat Baca Sejak Kecil melalui Kegiatan Literasi
  • Konten Komunitas
  • Unggulan

Inisiasi Lantara: Menumbuhkan Minat Baca Sejak Kecil melalui Kegiatan Literasi

Oleh Tiara Pertiwi
15 Agustus 2025
Pelatihan Pengembangan Kapasitas untuk Anggota IS2P: Menerbitkan “Opini” Thought Leadership dan “Konten Komunitas” Kolom IS2P
  • GNA Education
  • Partner
  • Unggulan
  • Video

Pelatihan Pengembangan Kapasitas untuk Anggota IS2P: Menerbitkan “Opini” Thought Leadership dan “Konten Komunitas” Kolom IS2P

Oleh Marlis Afridah
14 Agustus 2025
seorang perempuan berjilbab memasukkan kaleng minuman ke dalam mesin daur ulang pfandstation. Menengok Pfandsystem, Sistem Deposit sebagai Upaya Pengelolaan Sampah di Jerman
  • Konten Komunitas
  • Unggulan

Menengok Pfandsystem, Sistem Deposit sebagai Upaya Pengelolaan Sampah di Jerman

Oleh Niken Pusparani Permata
14 Agustus 2025
gedung pencakar langit dengan logo-logo Standar FINZ: Kerangka Kerja Berbasis Sains untuk Mengakhiri Pembiayaan Bahan Bakar Fosil
  • Eksklusif
  • Kabar
  • Unggulan

Standar FINZ: Kerangka Kerja Berbasis Sains untuk Mengakhiri Pembiayaan Bahan Bakar Fosil

Oleh Dinda Rahmania
14 Agustus 2025
Sejumlah petani di Bengkulu menggiling padi di tengah sawah Penghapusan Rafaksi dan Dampaknya terhadap Tata Kelola Beras
  • Eksklusif
  • Ikhtisar
  • Unggulan

Penghapusan Rafaksi dan Dampaknya terhadap Tata Kelola Beras

Oleh Andi Batara
13 Agustus 2025

Tentang Kami

  • Surat CEO GNA
  • Tim In-House GNA
  • Jaringan Penasihat GNA
  • Jaringan Author GNA
  • Panduan Artikel Opini GNA
  • Panduan Konten Komunitas GNA
  • Layanan Penempatan Siaran Pers GNA
  • Internship GNA
  • Pedoman Media Siber
  • Ketentuan Layanan
  • Kebijakan Privasi
© 2021-2025 Green Network Asia