Skip to content
  • Tentang
  • Bermitra dengan Kami
  • GNA Internasional
  • Berlangganan
  • Log In
Primary Menu
  • Terbaru
  • GNA Knowledge Hub
  • Topik
  • Wilayah
    • Dunia
    • Jawa
    • Kalimantan
    • Maluku
    • Nusa Tenggara
    • Papua
    • Sulawesi
    • Sumatera
  • Soft News
  • Ikhtisar
  • Infografik
  • Video
  • Opini
  • Komunitas
  • Siaran Pers
  • Muda
  • ESG
  • GNA Knowledge Hub
  • Soft News

Ironi Penghapusan Jeepney dalam Transisi Menuju Sistem Transportasi Berkelanjutan di Filipina

Di Filipina, para pengemudi jeepney menggelar aksi mogok untuk memprotes penghapusan moda transportasi umum itu atas nama keberlanjutan.
Oleh Nazalea Kusuma
10 Maret 2023
sebuah jeepney berwarna oranye dengan sopir di dalamnya

Seorang sopir jeepney di Filipina. | Foto: Rainer Ridao di Unsplash.

Mengatasi masalah perubahan iklim membutuhkan penanganan di semua sektor, termasuk transportasi. Kendaraan berbahan bakar fosil berkontribusi terhadap emisi gas rumah kaca dan polusi udara, sehingga mendorong upaya untuk membuat sistem transportasi yang “lebih hijau”. Namun, konsekuensi sosial sering diabaikan. Di Filipina, para sopir jeepney menggelar aksi mogok untuk memprotes penghapusan moda transportasi umum itu atas nama keberlanjutan (sustainability).

Penghapusan Jeepney

Jeepney awalnya dimodifikasi dan direproduksi dari jip militer AS yang tersisa setelah Perang Dunia II. Mereka adalah bagian penting dari sistem transportasi umum di Filipina karena rutenya fleksibel dengan biaya lebih murah daripada taksi, kereta api, atau becak bermotor.

“Penghapusan jeepney” adalah Program Modernisasi Kendaraan Utilitas Publik (Public Utility Vehicle Modernization Program/PUVMP), yang pertama kali diumumkan pada tahun 2017. Dewan Waralaba dan Regulasi Transportasi Darat (Land Transportation Franchising and Regulatory Board/LTFRB) Filipina menganggap jeepney tradisional tidak aman dan merusak lingkungan. LTFRB ingin mengganti jeepney yang berusia 15 tahun ke atas dengan yang baru yang sesuai dengan Standar Nasional Filipina dan ditenagai oleh powertrain listrik atau mesin diesel yang memenuhi standar Euro 4.

Penghapusan ini menuntut penyedia jeepney untuk bergabung dengan koperasi atau korporasi pada akhir tahun 2023. Ini akan membantu mereka mendapatkan pinjaman dan rencana pembayaran untuk membeli “jeepney modern”. Program ini bermaksud untuk memberikan subsidi 5,6% dengan tingkat bunga 6% selama tujuh tahun pembayaran.

Dukungan & Kritik

Menurut data pemerintah Filipina, sekitar 65% jeepney dan 75% unit UV Express telah dikonsolidasikan. LTFRB juga mengklaim bahwa 90% kelompok penyedia jasa transportasi mendukung program tersebut. Selain itu, sebuah studi dari tahun 2019 mengungkapkan bahwa sebagian besar komuter lebih suka mengendarai e-jeepney daripada yang konvensional jika tersedia.

Di sisi lain, beberapa kelompok transportasi menganggap penghapusan jeepney sebagai bentuk anti-kemiskinan karena membebani pengemudi dan operator untuk membeli kendaraan baru. Harganya mencapai $50.500, sepuluh kali lebih mahal dari jeepney tradisional. Kritik lainnya adalah bahwa jeepney modern diproduksi oleh asing, bukan lokal.

“Bagi mereka yang punya uang, modernisasi bukan masalah,” kata pengemudi jeepney Benito Garcia. “Tetapi bagi kami para pengemudi dan operator jeepney, kami ya tidak mampu.”

Koalisi Transportasi Darat Piston merilis dokumen permintaan kelompok transportasi untuk transisi adil yang dipimpin pekerja yang pro-rakyat pada November 2022. Koalisi itu menyebut penghentian jeepney sebagai “solusi palsu” dan bahwa “Pada dasarnya, penghentian kendaraan utilitas umum dan program modernisasi hanya memperlihatkan kelemahan mendasar ekonomi Filipina dalam mengembangkan industrinya sendiri, menciptakan pekerjaan yang layak, melindungi pekerjaan dan mata pencaharian rakyatnya, dan mengatasi krisis iklim.”

Pengemudi dan operator Jeepney melakukan aksi mogok secara sporadis sejak tahun 2017. Yang terbaru adalah aksi mogok di kota-kota besar yang dimulai pada 6 Maret 2023. Aksi mogok ini diakhiri dengan dialog yang menghasilkan janji pemerintah untuk meninjau PUVMP dengan keterlibatan pemangku kepentingan yang lebih baik.

Transisi yang Berkeadilan

Keberlanjutan lebih dari sekedar perkara lingkungan. Dalam mengejar masa depan yang lebih baik, kita tidak boleh meninggalkan siapa pun. Aksi iklim harus berjalan seiring dengan keadilan sosial. Itu memang tidak mudah, tetapi itu tidak mustahil. Semua kebijakan, inovasi, dan tindakan membutuhkan partisipasi multi-pemangku kepentingan yang menyeluruh dan memastikan perlindungan terhadap mereka yang paling rentan.

Penerjemah: Abul Muamar

Baca juga versi asli dari artikel ini dalam bahasa inggris di Green Network Asia.

Perkuat pengembangan kapasitas pribadi dan profesional Anda dengan Langganan GNA Indonesia.

Jika konten ini bermanfaat, harap pertimbangkan Langganan GNA Indonesia untuk mendapatkan akses digital ke wawasan interdisipliner dan lintas sektor tentang isu-isu keberlanjutan (sustainability) dan pembangunan berkelanjutan (sustainable development) di Indonesia dan dunia.

Pilih Paket Langganan Anda

Nazalea Kusuma
Managing Editor at Green Network Asia | Website |  + postsBio

Naz adalah Manajer Publikasi Digital Internasional di Green Network Asia. Ia pernah belajar Ilmu Perencanaan Wilayah dan Kota dan tinggal di beberapa kota di Asia Tenggara. Pengalaman pribadi ini memperkaya persepektifnya akan masyarakat dan budaya yang beragam. Naz memiliki sekitar satu dekade pengalaman profesional sebagai penulis, editor, penerjemah, dan desainer kreatif.

  • Nazalea Kusuma
    https://greennetwork.id/author/nazalea/
    Langkah Mundur India dalam Kebijakan Emisi Sulfur Dioksida
  • Nazalea Kusuma
    https://greennetwork.id/author/nazalea/
    Pentingnya Ruang Terbuka Hijau Perkotaan yang Aksesibel dan Inklusif untuk Semua
  • Nazalea Kusuma
    https://greennetwork.id/author/nazalea/
    Mengulik Tren Gaya Hidup Minimalis di TikTok
  • Nazalea Kusuma
    https://greennetwork.id/author/nazalea/
    Mengatasi Tantangan dalam Implementasi Adaptasi Berbasis Ekosistem (EbA)

Continue Reading

Sebelumnya: Carik Jakarta: Data Komprehensif untuk Dukung Kebijakan yang Lebih Tepat
Berikutnya: Katingan Mentaya: Inisiatif Pengurangan Emisi melalui Perdagangan Karbon

Lihat Konten GNA Lainnya

Seorang anak berkacamata menerima piring berisi makanan. Menengok Bagaimana Program Makan Gratis di Sekolah di Amerika Latin dan Karibia
  • GNA Knowledge Hub
  • Soft News

Menengok Bagaimana Program Makan Gratis di Sekolah di Amerika Latin dan Karibia

Oleh Attiatul Noor
12 September 2025
ilustrasi misinformasi; manekin kepala dengan bagian atas terbuka menerima koran yang dilabeli tulisan palsu Menangkal Masifnya Penyebaran Misinformasi dan Disinformasi
  • GNA Knowledge Hub
  • Ikhtisar

Menangkal Masifnya Penyebaran Misinformasi dan Disinformasi

Oleh Seftyana Khairunisa
12 September 2025
pembagian makanan kepada anak-anak Menyalakan Kemanusiaan dengan Menyelamatkan dan Mendistribusikan Makanan Berlebih
  • GNA Knowledge Hub
  • Komunitas

Menyalakan Kemanusiaan dengan Menyelamatkan dan Mendistribusikan Makanan Berlebih

Oleh Dilla Atqia Rahmah
11 September 2025
Seorang perempuan pengguna kursi roda sedang meraih tombol lift. Kunci untuk Memastikan Sistem Transportasi Perkotaan yang Inklusif di Asia-Pasifik
  • GNA Knowledge Hub
  • Soft News

Kunci untuk Memastikan Sistem Transportasi Perkotaan yang Inklusif di Asia-Pasifik

Oleh Dinda Rahmania
11 September 2025
foto udara pemukiman padat yang ada di dekat bantaran sungai perkotaan Jerat Kemiskinan di Perkotaan
  • GNA Knowledge Hub
  • Ikhtisar

Jerat Kemiskinan di Perkotaan

Oleh Seftyana Khairunisa
10 September 2025
seorang anak perempuan menulis dengan kapur di papan tulis hitam Bagaimana Pendidikan Lingkungan Dukung Ketahanan di Odisha, India
  • GNA Knowledge Hub
  • Soft News

Bagaimana Pendidikan Lingkungan Dukung Ketahanan di Odisha, India

Oleh Attiatul Noor
10 September 2025

Tentang Kami

  • Surat CEO GNA
  • Tim In-House GNA
  • Jaringan Penasihat GNA
  • Jaringan Author GNA
  • Panduan Artikel Opini GNA
  • Panduan Konten Komunitas GNA
  • Layanan Penempatan Siaran Pers GNA
  • Program Magang GNA
  • Pedoman Media Siber
  • Ketentuan Layanan
  • Kebijakan Privasi
© 2021-2025 Green Network Asia