Skip to content
  • Tentang
  • Bermitra dengan Kami
  • GNA Internasional
  • Berlangganan
  • Log In
Primary Menu
  • Terbaru
  • GNA Knowledge Hub
  • Topik
  • Wilayah
    • Dunia
    • Jawa
    • Kalimantan
    • Maluku
    • Nusa Tenggara
    • Papua
    • Sulawesi
    • Sumatera
  • Soft News
  • Ikhtisar
  • Infografik
  • Video
  • Opini
  • Komunitas
  • Siaran Pers
  • Muda
  • ESG
  • GNA Knowledge Hub
  • Soft News

Menilik Program Penghapusan Kendaraan di China

Pemerintah China memperluas jangkauan program penghapusan kendaraan untuk mendorong partisipasi yang lebih baik.
Oleh Kresentia Madina
6 Juni 2025
tumpukan mobil tua yang terbengkalai di sebuah tempat.

Foto: Nik di Unsplash.

Meski mobil memudahkan mobilitas harian maupun perjalanan jarak jauh, emisi karbon yang dihasilkan menimbulkan kekhawatiran serius. Desakan dekarbonisasi global menuntut kontribusi sektor transportasi melalui berbagai upaya, salah satunya program insentif penghapusan kendaraan. Lalu, bagaimana penerapan program ini di China, negara dengan populasi yang besar dan tingkat emisi yang tinggi?

Dekarbonisasi Sektor Transportasi

Pada tahun 2022, sektor transportasi China menghasilkan sekitar 885,4 juta metrik ton (Mt) emisi CO₂, atau setara dengan 8,3% dari total emisi negara tersebut. Badan Energi Internasional menyatakan bahwa sebagian besar emisi tersebut berasal dari mobil yang masih bergantung pada bahan bakar fosil meski jumlah kendaraan listrik terus meningkat.

Mendorong transisi kendaraan yang lebih baru dan rendah emisi merupakan langkah penting untuk mendukung dekarbonisasi sektor transportasi. Laporan Program Lingkungan PBB (UNEP) menyatakan bahwa kendaraan lawas sering kali tidak memenuhi standar emisi modern dan menghasilkan emisi karbon yang jauh lebih tinggi. Banyak negara telah menerapkan program penghapusan kendaraan untuk mendukung transisi sekaligus menstimulasi industri otomotif. Di China, pemerintah memperluas cakupan program tersebut untuk meningkatkan partisipasi yang lebih baik.

Program Penghapusan Kendaraan di China

Insentif penghapusan kendaraan di China termasuk dalam Program Pembaharuan Peralatan Berskala Besar dan Program Tukar Tambah Barang Konsumen. Program nasional yang diluncurkan pada 2024 ini bertujuan untuk mendukung penghapusan dan penggantian kendaraan lawas, mesin pertanian, peralatan rumah tangga, serta barang konsumen lainnya.

Program ini mencakup penghapusan dan penggantian mobil penumpang, truk, bus, serta kapal yang sudah tua. Tujuannya adalah meningkatkan perputaran dan mendorong transaksi mobil bekas, serta menurunkan emisi karbon dan polutan dari sektor transportasi. Pada 2024, pemerintah China mengalokasikan dana sekitar ¥300 miliar (sekitar Rp 679 triliun) untuk mendukung penerapan program ini di berbagai industri.

Pada Januari 2025, pemerintah China meningkatkan alokasi dana program menjadi ¥500 miliar (sekitar Rp 1 kuadriliun). Komisi Pembangunan dan Reformasi Nasional bersama Kementerian Keuangan, selaku penanggung jawab, juga mengeluarkan sejumlah pembaruan kebijakan yang memperluas kategori serta insentif penghapusan dan penggantian kendaraan. Perubahan tersebut mencakup penetapan subsidi maksimum untuk pembaruan kendaraan, perluasan kriteria kelayakan untuk penghapusan mobil, serta peningkatan rata-rata subsidi bus dan mesin pertanian.

Beberapa provinsi telah merilis rincian insentif lokal yang disesuaikan dengan perluasan program pada 2025, sementara provinsi lainnya masih menyusun langkah untuk memastikan transisi yang lancar di antara program 2024 dan 2025.

Transisi yang Adil dan Inklusif

Meski pertumbuhan populasi global menyebabkan mobilitas yang lebih tinggi dan menghasilkan pertumbuhan ekonomi yang signifikan, kita juga harus memperhatikan dampaknya, khususnya krisis iklim. Program insentif penghapusan kendaraan merupakan salah satu cara yang mendukung upaya dekarbonisasi sektor transportasi.

Selain itu, kita juga harus mencari solusi sistemik untuk mengatasi permasalahan tersebut, termasuk memperkuat jaringan transportasi umum agar lebih mudah diakses dan inklusif untuk semua. Transisi menuju penggunaan kendaraan rendah emisi karbon juga harus dilakukan dengan hati-hati untuk menghindari dampak negatif terhadap kondisi sosial, ekonomi, dan lingkungan.

Penerjemah: Kesya Arla

Editor: Abul Muamar

Baca juga versi asli artikel ini dalam bahasa Inggris di Green Network Asia

Kresentia Madina
Reporter at Green Network Asia | Website |  + postsBio

Madina adalah Asisten Manajer Publikasi Digital di Green Network Asia. Ia adalah lulusan Program Studi Sastra Inggris dari Universitas Indonesia. Madina memiliki 3 tahun pengalaman profesional dalam publikasi digital internasional, program, dan kemitraan GNA, khususnya dalam isu-isu sosial dan budaya.

  • Kresentia Madina
    https://greennetwork.id/author/kresentiamadina/
    Melestarikan Situs Warisan di Tengah Perubahan Iklim
  • Kresentia Madina
    https://greennetwork.id/author/kresentiamadina/
    Strategi Regional Afrika untuk Prioritaskan Layanan Rehabilitasi
  • Kresentia Madina
    https://greennetwork.id/author/kresentiamadina/
    Menilik Peran Kaum Muda dalam Mendorong Kemajuan Pembangunan Berkelanjutan
  • Kresentia Madina
    https://greennetwork.id/author/kresentiamadina/
    Potret Polusi Plastik di Asia Tenggara dan Asia Timur

Continue Reading

Sebelumnya: Mengkaji Ulang Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan (Proper)
Berikutnya: Maju-Mundur Transisi Energi Sektor Ketenagalistrikan dalam RUPTL 2025-2034

Lihat Konten GNA Lainnya

ilustrasi misinformasi; manekin kepala dengan bagian atas terbuka menerima koran yang dilabeli tulisan palsu Menangkal Masifnya Penyebaran Misinformasi dan Disinformasi
  • GNA Knowledge Hub
  • Ikhtisar

Menangkal Masifnya Penyebaran Misinformasi dan Disinformasi

Oleh Seftyana Khairunisa
12 September 2025
Seorang anak berkacamata menerima piring berisi makanan. Menengok Bagaimana Program Makan Gratis di Sekolah di Amerika Latin dan Karibia
  • GNA Knowledge Hub
  • Soft News

Menengok Bagaimana Program Makan Gratis di Sekolah di Amerika Latin dan Karibia

Oleh Attiatul Noor
12 September 2025
pembagian makanan kepada anak-anak Menyalakan Kemanusiaan dengan Menyelamatkan dan Mendistribusikan Makanan Berlebih
  • GNA Knowledge Hub
  • Komunitas

Menyalakan Kemanusiaan dengan Menyelamatkan dan Mendistribusikan Makanan Berlebih

Oleh Dilla Atqia Rahmah
11 September 2025
Seorang perempuan pengguna kursi roda sedang meraih tombol lift. Kunci untuk Memastikan Sistem Transportasi Perkotaan yang Inklusif di Asia-Pasifik
  • GNA Knowledge Hub
  • Soft News

Kunci untuk Memastikan Sistem Transportasi Perkotaan yang Inklusif di Asia-Pasifik

Oleh Dinda Rahmania
11 September 2025
foto udara pemukiman padat yang ada di dekat bantaran sungai perkotaan Jerat Kemiskinan di Perkotaan
  • GNA Knowledge Hub
  • Ikhtisar

Jerat Kemiskinan di Perkotaan

Oleh Seftyana Khairunisa
10 September 2025
seorang anak perempuan menulis dengan kapur di papan tulis hitam Bagaimana Pendidikan Lingkungan Dukung Ketahanan di Odisha, India
  • GNA Knowledge Hub
  • Soft News

Bagaimana Pendidikan Lingkungan Dukung Ketahanan di Odisha, India

Oleh Attiatul Noor
10 September 2025

Tentang Kami

  • Surat CEO GNA
  • Tim In-House GNA
  • Jaringan Penasihat GNA
  • Jaringan Author GNA
  • Panduan Artikel Opini GNA
  • Panduan Konten Komunitas GNA
  • Layanan Penempatan Siaran Pers GNA
  • Program Magang GNA
  • Pedoman Media Siber
  • Ketentuan Layanan
  • Kebijakan Privasi
© 2021-2025 Green Network Asia