Skip to content
  • Tentang
  • Bermitra dengan Kami
  • GNA Internasional
  • Berlangganan
  • Log In
Primary Menu
  • Terbaru
  • GNA Knowledge Hub
  • Topik
  • Wilayah
    • Dunia
    • Jawa
    • Kalimantan
    • Maluku
    • Nusa Tenggara
    • Papua
    • Sulawesi
    • Sumatera
  • Soft News
  • Ikhtisar
  • Infografik
  • Video
  • Opini
  • Komunitas
  • Siaran Pers
  • Muda
  • ESG
  • GNA Knowledge Hub
  • Soft News

Sejauh Mana Capaian Perkembangan Anak Usia Dini di Indonesia?

Bappenas meluncurkan Indeks Perkembangan Anak Usia Dini 2024 yang berguna dalam mengukur kesiapan anak memasuki jenjang pendidikan dan tahap perkembangan berikutnya. Namun, ECDI bukanlah alat pengukuran yang sempurna dan memiliki banyak kelemahan. Apa saja?
Oleh Seftyana Khairunisa
27 Mei 2025
empat anak yang berlari ke arah kamera di taman berumput

Foto oleh jcomp di Freepik.

Usia dini kerap disebut sebagai masa emas pertumbuhan anak, baik dari aspek kognitif, emosi, dan sosial. Pada usia dini, otak akan sangat responsif terhadap berbagai stimulasi sehingga anak akan menyerap beragam informasi dari setiap pancaindranya. Terkait hal ini, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) telah meluncurkan Indeks Perkembangan Anak Usia Dini (Early Childhood Development Indeks/ECDI) tahun 2024 yang berguna dalam mengukur kesiapan anak memasuki jenjang pendidikan dan tahap perkembangan berikutnya.

Indeks Perkembangan Anak Usia Dini (ECDI)

Indeks Perkembangan Anak Usia Dini (ECDI) diintegrasikan ke dalam Survei Pendataan Keluarga tahun 2024 (PK-24) yang dilakukan oleh Bappenas, BKKBN, dan mitra pembangunan UNICEF Indonesia dan Tanoto Foundation. Pengukuran ECDI melibatkan 15.122 anak umur 24-59 bulan dari 1.500 desa sampel yang tersebar di berbagai daerah.

Pengukuran tersebut didasarkan pada modul ECDI2030 yang dikembangkan oleh UNICEF yang menggunakan 20 pertanyaan yang diajukan kepada ibu atau pengasuh utama. Pertanyaan tersebut dikategorikan ke dalam tiga domain utama, yaitu domain pembelajaran, kesejahteraan psikososial, dan kesehatan.

Hasil perhitungan ECDI Indonesia pada tahun 2024 mencatat bahwa 87,7% anak usia dini memiliki perkembangan yang optimal sesuai dengan tahapan usianya. Secara keseluruhan, terdapat perkembangan yang pesat dan konsisten dalam berbagai indikator pertanyaan dalam setiap domain. Hanya saja, beberapa diantaranya memiliki skor yang rendah sehingga dinilai sebagai hal yang paling sulit untuk dicapai anak, misalnya indikator menawarkan bantuan dalam domain kesejahteraan psikososial dan menulis nama sendiri untuk domain pembelajaran.

Dokumen ECDI juga bisa digunakan untuk melihat bagaimana faktor ekonomi dan sosial berpengaruh terhadap perkembangan anak usia dini. Misalnya, angka ECDI akan semakin tinggi pada keluarga dengan orang tua yang berpendidikan tinggi, memiliki akses makanan bergizi seimbang, hingga anak dibesarkan dalam rumah layak huni dengan sumber air minum serta sanitasi yang layak.

Catatan Kritis terhadap ECDI

Namun, ECDI bukanlah alat pengukuran yang sempurna. ECDI dinilai terlalu singkat dan tidak cukup responsif budaya untuk mengukur perkembangan anak secara bermakna. Oleh karena itu, penggunaan hasil ECDI untuk mengevaluasi kebijakan, program atau penelitian terkait perkembangan anak harus dilakukan dengan lebih cermat dan hati-hati. Pendekatan ECDI yang menghitung skor gabungan dari beberapa domain juga dinilai tidak ideal untuk pemantauan tujuan pembangunan berkelanjutan karena mengaburkan perbedaan antar-dimensi.

Selain itu, bias budaya dalam pengukuran ECDI dapat membuat indikator yang ada tidak sesuai dengan konteks lokal. Misalnya, domain pembelajaran memiliki indikator mengenali angka dan menghitung hingga 10. Akan tetapi, beberapa suku di Indonesia memiliki cara menghitung yang berbeda, seperti Suku Koiwai di Papua Barat yang hanya mengenal 5 bilangan satuan dan 5 bilangan puluhan atau Masyarakat Kosarek di Papua yang menghitung hingga 27 bilangan dengan menggunakan seluruh tubuh alih-alih hanya 10 jari.

Kolaborasi untuk Mendukung Perkembangan Anak

Investasi terhadap perkembangan anak usia dini merupakan hal penting untuk membangun keterampilan dan pengetahuan di tahap selanjutnya. “Untuk itu, dibutuhkan kolaborasi yang sangat erat antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, mitra pembangunan, pakar, akademisi, dan masyarakat. Mari kita satukan langkah, perkuat sinergi, dan berkomitmen membangun fondasi kokoh bagi generasi masa depan, demi Indonesia Maju Menuju Indonesia Emas 2045,” ujar Febrian Alphyanto, Wakil Kepala Bappenas.

Editor: Abul Muamar

Seftyana Khairunisa
Reporter at Green Network Asia | Website |  + postsBio

Nisa adalah reporter dan asisten peneliti di Green Network Asia. Ia adalah lulusan Sarjana Ilmu Hubungan Internasional dari Universitas Gadjah Mada. Ia memiliki minat di bidang penelitian, jurnalisme, dan isu-isu seputar hak asasi manusia.

  • Seftyana Khairunisa
    https://greennetwork.id/author/seftyanaauliakhairunisa/
    Sisi Kelam Pengembangan Pariwisata di Kawasan KEK Mandalika
  • Seftyana Khairunisa
    https://greennetwork.id/author/seftyanaauliakhairunisa/
    Mempertanyakan Komitmen Sektor Perbankan dalam Pembiayaan Berkelanjutan
  • Seftyana Khairunisa
    https://greennetwork.id/author/seftyanaauliakhairunisa/
    Bagaimana Waste Crisis Center dapat Atasi Isu Pengelolaan Sampah
  • Seftyana Khairunisa
    https://greennetwork.id/author/seftyanaauliakhairunisa/
    Mengulik Dampak Lingkungan dari Perkebunan Tebu Monokultur

Continue Reading

Sebelumnya: Pentingnya Penguatan Tata Kelola Hilirisasi Tembaga dan Bauksit
Berikutnya: IUCN Luncurkan Pedoman Pemanfaatan Spesies Terancam Punah

Lihat Konten GNA Lainnya

ilustrasi misinformasi; manekin kepala dengan bagian atas terbuka menerima koran yang dilabeli tulisan palsu Menangkal Masifnya Penyebaran Misinformasi dan Disinformasi
  • GNA Knowledge Hub
  • Ikhtisar

Menangkal Masifnya Penyebaran Misinformasi dan Disinformasi

Oleh Seftyana Khairunisa
12 September 2025
Seorang anak berkacamata menerima piring berisi makanan. Menengok Bagaimana Program Makan Gratis di Sekolah di Amerika Latin dan Karibia
  • GNA Knowledge Hub
  • Soft News

Menengok Bagaimana Program Makan Gratis di Sekolah di Amerika Latin dan Karibia

Oleh Attiatul Noor
12 September 2025
pembagian makanan kepada anak-anak Menyalakan Kemanusiaan dengan Menyelamatkan dan Mendistribusikan Makanan Berlebih
  • GNA Knowledge Hub
  • Komunitas

Menyalakan Kemanusiaan dengan Menyelamatkan dan Mendistribusikan Makanan Berlebih

Oleh Dilla Atqia Rahmah
11 September 2025
Seorang perempuan pengguna kursi roda sedang meraih tombol lift. Kunci untuk Memastikan Sistem Transportasi Perkotaan yang Inklusif di Asia-Pasifik
  • GNA Knowledge Hub
  • Soft News

Kunci untuk Memastikan Sistem Transportasi Perkotaan yang Inklusif di Asia-Pasifik

Oleh Dinda Rahmania
11 September 2025
foto udara pemukiman padat yang ada di dekat bantaran sungai perkotaan Jerat Kemiskinan di Perkotaan
  • GNA Knowledge Hub
  • Ikhtisar

Jerat Kemiskinan di Perkotaan

Oleh Seftyana Khairunisa
10 September 2025
seorang anak perempuan menulis dengan kapur di papan tulis hitam Bagaimana Pendidikan Lingkungan Dukung Ketahanan di Odisha, India
  • GNA Knowledge Hub
  • Soft News

Bagaimana Pendidikan Lingkungan Dukung Ketahanan di Odisha, India

Oleh Attiatul Noor
10 September 2025

Tentang Kami

  • Surat CEO GNA
  • Tim In-House GNA
  • Jaringan Penasihat GNA
  • Jaringan Author GNA
  • Panduan Artikel Opini GNA
  • Panduan Konten Komunitas GNA
  • Layanan Penempatan Siaran Pers GNA
  • Program Magang GNA
  • Pedoman Media Siber
  • Ketentuan Layanan
  • Kebijakan Privasi
© 2021-2025 Green Network Asia