Wawancara dengan Heinrich Jessen, Chairman Jebsen & Jessen Group

Heinrich Jessen, Chairman Jebsen & Jessen Group. | Foto: Jebsen & Jessen.
Bisa ceritakan tentang organisasi Anda dan peran Anda saat ini?
Jebsen & Jessen Group adalah industri terdiversifikasi yang mengkhususkan diri dalam manufaktur, teknik, dan distribusi produk dan layanan di Asia Tenggara dan sekitarnya. Kami beroperasi dalam perusahaan keluarga yang lebih besar dengan perusahaan sejenis di seluruh dunia. Setelah menyelesaikan gelar master dalam manajemen lingkungan industri, saya bergabung dengan Grup ini pada tahun 1995 dan mendirikan program Lingkungan, Kesehatan, dan Keselamatan (Environment, Health, and Safety/EHS) untuk meningkatkan dampaknya. Dalam kapasitas saya saat ini sebagai Chairman, partner, dan anggota Dewan Eksekutif bersama dengan CEO Grup, kami secara kolektif memandu grup ini sehari-hari dari kantor pusat kami di Singapura.
Apa komitmen dan tujuan keberlanjutan perusahaan Anda?
Dengan keberlanjutan sebagai sebuah perjalanan sedang berjalan, komitmen dan tujuan kami telah berkembang selama bertahun-tahun, mencerminkan perkembangan kami dan perubahan lanskap yang kami jalani. Dipandu oleh nilai-nilai perusahaan kami, ada satu hal yang tetap teguh selama bertahun-tahun: memastikan masa depan yang berkelanjutan bagi generasi mendatang, baik sebagai pelaku bisnis maupun untuk keluarga, karyawan, masyarakat lokal, mitra, dan pelanggan.
Pada tahun 2001, kami mencapai praktik terbaik internasional di bidang EHS, dengan sertifikasi ISO 14001 di 50 perusahaan kami di Asia Tenggara. Pada tahun 2008, kami menunjuk Carbon Neutrality Officer, dan menjaga netralitas karbon telah menjadi komitmen teguh kami sejak tahun 2011. Menjanjikan komitmen kami pada Family Business Sustainability Pledge 2030, sebuah inisiatif bersama oleh UNCTAD dan FBN, pada tahun 2019 semakin menegaskan dedikasi kami untuk mendorong upaya yang terukur untuk masa depan yang berkelanjutan.
Pada tahun 2023, kami secara sukarela menerbitkan laporan keberlanjutan pertama kami menggunakan kerangka Bisnis Keluarga untuk Pembangunan Berkelanjutan melalui inisiatif yang disebutkan di atas, yang menunjukkan dedikasi kami terhadap kemajuan terukur dan transparansi dalam membangun masa depan berkelanjutan.
Pada tahun 2024, kami bertekad menilai posisi kami saat ini, mengidentifikasi area perbaikan, dan mendorong kolaborasi dengan pemangku kepentingan utama untuk memastikan masa depan yang baik. Kami berdedikasi untuk meningkatkan efisiensi bisnis kami, meminimalkan dampak lingkungan, dan memberikan solusi yang bertanggung jawab.
Apa tantangan tersulit Anda dalam mencapai tujuan tersebut?
Kami telah menerapkan praktik-praktik berkelanjutan selama bertahun-tahun, dan tetap bertahan bahkan di wilayah yang tidak ada keringanan pajak dari pemerintah, dan upaya keberlanjutan atau netralitas karbon bukanlah faktor yang dipertimbangkan oleh dunia usaha dan klien. Hal ini merupakan suatu tantangan ketika tidak ada perusahaan lain yang mengikuti langkah ini, dan manfaat komersialnya tidak begitu jelas. Namun demikian, kami tetap bertahan, dan dalam beberapa tahun terakhir, kami menyaksikan lingkungan yang lebih mendukung mulai terbentuk.
Peluang apa yang Anda lihat untuk mengatasi tantangan tersebut?
Memanfaatkan wawasan dari laporan keberlanjutan pertama kami telah memungkinkan kami dalam mengumpulkan wawasan berharga, merefleksikan pencapaian unik, menilai posisi dan kemajuan kami saat ini, dan meningkatkan transparansi.
Dalam kondisi saat ini, sangat menggembirakan melihat semakin banyak karyawan dan pelanggan baru yang memprioritaskan keberlanjutan dan mempertimbangkan prinsip-prinsip keberlanjutan dan status netral karbon sebelum memilih untuk bekerja bersama kami. Menyadari perubahan positif ini, kami percaya bahwa mengatasi masalah keberlanjutan akan menjadi peluang besar bagi semua bisnis.
Apa saja isu-isu penting ESG (lingkungan, sosial, dan tata kelola) yang menjadi fokus organisasi Anda, dan bagaimana Anda mengintegrasikannya ke dalam keberlanjutan perusahaan Anda?
Pendekatan ESG kami mencakup EHS, netralitas karbon, kepatuhan perusahaan, dan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (CSR) dan diintegrasikan ke dalam bisnis kami sehari-hari. Hal ini mencakup pencapaian standar praktik terbaik internasional untuk EHS pada tahun 2001; Kegiatan CSR, seperti Program Meet a Need, yang menggabungkan kerja sukarela perusahaan dengan pendanaan untuk memberikan kontribusi kepada masyarakat dan lingkungan; dan kepatuhan yang kuat terhadap prinsip-prinsip tata kelola perusahaan yang baik, dengan praktik bisnis yang beretika yang berakar kuat dalam struktur organisasi dan proses pengambilan keputusan kami.
Bagaimana Anda mengkomunikasikan strategi dan inisiatif keberlanjutan perusahaan Anda kepada pemangku kepentingan internal dan eksternal?
Kami telah secara konsisten mengomunikasikan upaya keberlanjutan kami selama tiga dekade terakhir di seluruh organisasi—melalui pembaruan internal kepada karyawan, diskusi dewan direksi dan pimpinan, serta membuat tinjauan kinerja sosial dan lingkungan perusahaan dapat diakses berdasarkan permintaan pemangku kepentingan internal.
Kami bekerja secara rutin dengan pemangku kepentingan eksternal untuk memastikan kemitraan kami menjadi lebih berkelanjutan. Hal ini termasuk menemukan alternatif yang berkelanjutan terhadap metode manufaktur tradisional, mengeksplorasi penggunaan bahan-bahan yang ramah lingkungan, menganjurkan keberlanjutan bersama mitra dan klien, dan, yang terakhir, menerbitkan laporan keberlanjutan komprehensif kami yang menampilkan perjalanan keberlanjutan Grup ini selama 30 tahun serta strategi ramah lingkungan kami untuk masa depan.
Jika Anda hendak membagikan saran yang Anda pelajari selama menjalani peran Anda yang mungkin bermanfaat bagi rekan-rekan Anda dan para praktisi keberlanjutan di seluruh dunia, apa yang akan Anda sampaikan?
Penting untuk mencatat perjalanan keberlanjutan Anda untuk mengenali dan merayakan kemajuan, beradaptasi dengan perubahan kebutuhan, dan memetakan jalan ke depan. Saran saya adalah integrasikan keberlanjutan ke dalam proses pengambilan keputusan di seluruh tingkatan organisasi, identifikasi peluang untuk perbaikan, dan manfaatkan pelaporan keberlanjutan sebagai alat yang sangat penting. Selagi kami berupaya mencapai operasi yang bersih dan efisien di berbagai bidang bisnis kami, kami berharap dapat menginspirasi perusahaan-perusahaan yang berpikiran sama untuk memulai perjalanan keberlanjutan mereka sendiri.
Penerjemah: Abul Muamar
Baca juga versi asli artikel ini dalam bahasa Inggris di Green Network Asia.

Perkuat pengembangan kapasitas pribadi dan profesional Anda dengan Langganan GNA Indonesia.
Jika konten ini bermanfaat, harap pertimbangkan Langganan GNA Indonesia untuk mendapatkan akses digital ke wawasan interdisipliner dan lintas sektor tentang isu-isu keberlanjutan (sustainability) dan pembangunan berkelanjutan (sustainable development) di Indonesia dan dunia.
Pilih Paket Langganan Anda