Melihat Perjalanan Keberlanjutan Experian dari Dalam dengan Chief Sustainability Officer Abigail Lovell

Abigail Lovell, Chief Sustainability Officer Experian. | Foto: Experian.
Sumber daya melimpah tidak menjamin lancarnya upaya keberlanjutan. Perusahaan global pun masih menghadapi tantangan terkait upaya ESG, terutama dalam menciptakan rantai nilai yang berkelanjutan (sustainable supply chain).
Atas nama Green Network, saya berbincang dengan Chief Sustainability Officer Experian, Abigail Lovell, untuk menggali pengalamannya dalam perjalanan dan inisiatif keberlanjutan perusahaan global dengan kantor di 30 negara itu.
Bisakah Anda menceritakan tentang organisasi dan peran Anda?
Experian dikenal sebagai biro kredit, tetapi kami juga telah berkembang menjadi salah satu bisnis data dan teknologi terbesar di dunia. Kami membantu organisasi-organisasi membuat keputusan yang lebih cepat dan cerdas. Kami mengubah data menjadi informasi dengan menerapkan teknologi, platform, dan analisis canggih yang memungkinkan mereka memberikan pinjaman secara bertanggung jawab—dengan lebih adil dan cepat—kepada bisnis dan perorangan. Beberapa contoh nyata dari apa yang kami lakukan termasuk mencegah penipuan, meningkatkan kualitas pengalaman pelanggan, dan membantu mengidentifikasi pasar baru untuk bisnis dan pengusaha kecil.
Kami percaya bahwa dengan penggunaan yang bertanggung jawab, data dapat mengubah kehidupan dan menciptakan hari esok yang lebih baik. Data juga dapat membantu kita melangkah lebih maju—dari yang awalnya tidak memiliki akses terhadap kredit hingga mampu berkembang.
Saya bekerja dengan 22.000 kolega di seluruh dunia agar bisnis ini lebih berkelanjutan di masa depan. Saya memimpin inovasi sosial, semua upaya ESG, dan program CSR perusahaan kami. Di daerah, program dampak sosial dipimpin oleh duta dan karyawan lokal yang memiliki semangat dan keterampilan untuk bekerja sama dengan mitra masyarakat yang menciptakan perbedaan di daerah dan lingkungan mereka.
Apa komitmen dan tujuan keberlanjutan perusahaan Anda?
Kami berkomitmen untuk mengatasi perubahan iklim dengan berupaya untuk lebih memahami dan mengelola dampak iklim dari rantai pasok kami. Kami menetapkan target untuk menjadi netral karbon dalam operasi kami pada tahun 2030. Kami memiliki Cakupan 1, 2, dan 3 (lihat di bawah):
Apa tantangan tersulit yang Anda hadapi dalam mencapai tujuan tersebut?
Pertanyaan bagus!
Yang pertama, isu keberlanjutan berubah-ubah dengan cepat, dan Anda harus mengikutinya. Jika tidak, Anda akan ketinggalan. Konteks keberlanjutan lima tahun lalu, akan sangat berbeda dengan konteks saat ini. Tim keberlanjutan Anda dan orang lain dalam organisasi Anda harus sangat memperhatikan peraturan dan undang-undang lokal, regional, dan nasional. Regulasi baru cukup sering muncul, dan Anda harus mengetahuinya, jika memungkinkan, setahun sebelumnya, sehingga tim Anda dapat menyusun rencana untuk menangani setiap perubahan yang diperlukan dalam organisasi—baik itu komposisi dewan, budaya dan program pelatihan karyawan, atau kebijakan baru. Dalam hal ini, kita bisa ambil contoh terkait laporan ESG dan transparansi yang dibutuhkan sekarang versus beberapa tahun yang lalu.
Yang kedua adalah ketika berpikir tentang keberlanjutan, kita membutuhkan ‘agen perubahan’ (change-makers). Mereka ada di mana-mana dalam organisasi, tetapi masalahnya setiap orang memiliki pekerjaan harian, bukan? Jadi, Anda harus memastikan bahwa pesan Anda lebih jelas dan mudah dipahami di seluruh organisasi. Bukan hanya di tingkat global; setiap orang memiliki peran yang menarik, dan setiap tim dapat membuat perbedaan.
Di Experian, kami mengadakan Hackathon rutin yang sangat diminati dan diikuti oleh ribuan karyawan. Baru-baru ini kami menghadirkan ahli UI dan UX kami sendiri dan ahli lainnya dalam rangka mengembangkan ide baru untuk membantu memerangi kemiskinan, ketimpangan sosial, dan bencana alam di seluruh dunia.
Yang ketiga adalah membuat argumen untuk mendorong keberlanjutan dalam rantai pasok kami. Penting untuk mencapai kesepakatan dengan pimpinan eksekutif dan memiliki kasus bisnis untuk keberlanjutan di berbagai bagian organisasi Anda, termasuk rantai pasok. Untuk rencana investasi netral karbon, kami memiliki intervensi pengurangan karbon dalam Cakupan 1 dan 2 dan untuk Cakupan 3, kami sedang mengembangkan pendekatan yang tepat untuk lebih memahami jejak dan emisi karbon oleh pemasok kami.
Bagaimana Anda memantau dan menangani pemasok tingkat bawah Anda?
Saat ini, semua orang menghadapi tantangan dalam mengurai ruang lingkup 3. Beberapa perusahaan sangat progresif dan matang dalam perjalanan keberlanjutan terkait rantai pasok mereka, tetapi banyak juga yang belum. Kami memulai perjalanan kami dua tahun lalu, dan kami baru saja dalam fase mengurai seperti apa ruang lingkup 3 itu karena berkaitan dengan barang dan jasa yang dibeli.
Bagaimana Anda mengelola hubungan dan ekspektasi pemangku kepentingan dalam hal keberlanjutan?
Secara keseluruhan, komunikasi sangat penting. Saya menjalin kerjasama dengan investor dan banyak pemangku kepentingan bisnis di seluruh wilayah. Inklusi dan kesehatan keuangan adalah inti dari tujuan kami, dan ini merupakan komponen penting dalam pembahasan dengan semua pemangku kepentingan kami.
Mengenai cara kami bekerja dengan pemangku kepentingan, ada pelatihan dalam kemitraan dengan tenaga penjualan dan pemilik bisnis. Saat ini semakin banyak klien yang ingin bekerja dan bermitra dengan perusahaan yang memiliki ESG dan strategi keberlanjutan, dan karenanya kami ingin semua orang di perusahaan kami menjadi pemimpin keberlanjutan dan membantu klien, konsumen, dan pemasok kami menjelaskan informasi keberlanjutan.
Terakhir, sebagai kelompok pemangku kepentingan terpenting, karyawan adalah advokat nomor satu kami. Saya selalu ingin memastikan bahwa mereka dilibatkan dalam program keberlanjutan kami. Kami membantu mereka tetap mendapat informasi tentang apa yang terjadi di wilayah mereka dan di perusahaan secara keseluruhan. Kami baru saja menyelesaikan serangkaian video tentang kesehatan keuangan; keberagaman, kesetaraan, dan inklusi (DEI); dan ESG. Videonya kami bagikan ke karyawan di seluruh perusahaan dan diunggah di saluran media sosial Experian. Kami juga mendorong karyawan untuk membagikannya di media sosial pribadi mereka.
Kami juga melakukan banyak komunikasi dan sosialisasi seputar upaya ESG kami kepada lebih banyak pemangku kepentingan, termasuk komunitas dan masyarakat.
Pelajaran apa yang Anda peroleh tentang perusahaan yang telah mencapai tujuan keberlanjutan mereka dengan relatif baik?
Saya selalu belajar di area ini. Pelajaran pertama adalah memiliki tujuan yang menggerakkan Anda dan menyatukan semua orang. Sesuatu yang sangat signifikan untuk bisnis Anda, merek Anda. Satu hal yang menyatukan semuanya. Tujuan Experian adalah menciptakan hari esok yang lebih baik bagi pelanggan, bisnis, dan orang-orang serta komunitas kami sendiri. Kami perlu memastikan semua yang kami lakukan seputar inklusi dan kesehatan keuangan mendorong hal itu, dan ini menjadi kekuatan pendorong bagi karyawan kami. Anda harus membuat semua orang di belakang tujuan itu turut membuat perbedaan.
Pembelajaran kedua adalah sangat penting untuk memiliki sponsor eksekutif. Kami sangat beruntung di Experian karena memiliki banyak pemimpin dan eksekutif hebat. CFO global kami, Lloyd Pitchford, adalah sponsor eksekutif keberlanjutan global kami, dan dia membantu mendorong fokus dan momentum seputar ESG dan keberlanjutan. Dibutuhkan momentum untuk menjalankan program keberlanjutan dan Anda harus membawa tim di sekitar Anda dalam perjalanan ini. Sungguh menakjubkan apa yang telah dicapai tim bersama-sama.
Berdasarkan pengalaman Anda sendiri, apa yang dapat dipelajari perusahaan lain dan bagaimana mereka memulai perjalanan keberlanjutan mereka?
Uraikan dan buat rencana Anda sesederhana mungkin, dan lihat bidang apa yang ingin Anda fokuskan yang paling penting bagi strategi bisnis Anda dan untuk bisnis itu sendiri. Jadi, saya pikir kalau saya mencoba melakukan tugas yang mustahil, saya tidak akan melangkah terlalu jauh. Jika Anda mulai mengurainya dan mengetahui pekerjaan apa yang dapat dilakukan secara bertahap, mulailah mengerjakan rencana itu dan kemudian cari tahu jalur cepat yang Anda perlukan untuk menuju fase berikutnya.
Saya juga sangat percaya pada konsep belajar dari satu sama lain. Bergabunglah dengan asosiasi atau keanggotaan keberlanjutan di mana Anda dapat mengajukan pertanyaan kepada rekan Anda, menemukan peluang, dan menerjemahkan wawasan tersebut kembali ke dalam organisasi dan inisiatif utama Anda sendiri.
Katakanlah Anda ingin membagikan satu nasihat yang Anda pelajari dalam peran Anda yang mungkin bermanfaat bagi rekan dan praktisi di seluruh dunia, apa itu?
Saya punya beberapa saran. Pertama, pastikan bahwa Anda dan tim Anda mendapat dukungan dari pimpinan. Kedua, terapkan metrik dan pengukuran serta hubungkan keberlanjutan dengan strategi bisnis.
Selain itu, keberlanjutan mendorong bisnis dan dapat dilihat sebagai magnet talenta yang sangat besar. Jika Anda melakukan hal-hal hebat di perusahaan Anda seputar ESG dan keberlanjutan, bagikan dengan tim rekrutmen. Bicarakan dengan calon karyawan Anda dan dalam rapat tim Anda. Pasca-Covid, orang-orang menjadi sedikit lebih berhati-hati tentang perusahaan mana yang mereka masuki. Komitmen perusahaan yang mendalam terhadap tujuan mereka dan tingkat dampak yang mereka buat di masyarakat telah menjadi faktor utama dalam hal penerimaan tawaran pekerjaan atau tidak. Menurut saya kita masih sekadar melihat puncak gunung es tentang seberapa jauh keberlanjutan bagi bisnis, model operasinya, dan investasi masa depan.
Penerjemah: Abul Muamar
Baca juga versi asli dari artikel ini dalam bahasa inggris di Green Network Asia.
Jika Anda melihat artikel ini bermanfaat, berlangganan Newsletter Mingguan kami untuk mengikuti kabar dan cerita seputar pembangunan berkelanjutan dari komunitas multistakeholder di Indonesia dan dunia.
Marlis adalah Pendiri & CEO Green Network. Ia juga bertanggung jawab sebagai Pemimpin Redaksi Green Network Asia dan Green Network ID.