Mendorong Akses Buku Berkualitas untuk Peningkatan Mutu Pendidikan
Buku berperan besar dalam membentuk jati diri kita. Melalui buku, kita dapat mengetahui berbagai hal di dunia, menemukan hal-hal baru, memahami pemikiran orang lain, dan belajar banyak hal. Oleh karena itu, akses ke buku-buku berkualitas sejak masa kanak-kanak sangat penting untuk pertumbuhan emosional, intelektual, dan fisik kita. Sayangnya, jutaan anak masih kekurangan akses terhadap buku-buku berkualitas.
Pengembangan literasi awal
Keinginan manusia untuk berkomunikasi telah dimulai sejak tahap awal kehidupan. Bayi mulai berceracau sebagai upaya untuk berkomunikasi sebelum secara bertahap belajar membentuk kalimat yang koheren seiring bertambahnya usia. Pada tahap ini, interaksi orang tua-anak sangat penting untuk merangsang perkembangan bahasa anak. Salah satu caranya adalah melalui pengalaman membaca buku bersama, di mana orang tua membacakan buku untuk anak-anak mereka.
Buku memiliki tempat khusus dalam perkembangan literasi awal anak-anak. Sebuah penelitian menemukan bahwa paparan buku memberikan kesempatan bagi anak-anak untuk menemukan kata, topik, dan konsep baru yang jarang digunakan dalam percakapan sehari-hari. Karena bahasa yang digunakan dalam buku seringkali memiliki jangkauan yang lebih luas dan lebih dalam daripada bahasa lisan, hal itu juga dapat meningkatkan perkembangan sosial dan emosional anak.
Penelitian lain menemukan bahwa anak-anak yang membaca setiap hari antara usia 10-11 menunjukkan prestasi yang lebih baik di sekolah pada tahun-tahun berikutnya. Penelitian tersebut juga mencatat bahwa bukan hanya soal seberapa sering mereka membaca, tetapi juga jenis teks yang mereka baca. Akses terhadap buku-buku berkualitas menjadi sangat diperlukan untuk benar-benar meningkatkan perkembangan literasi dini anak.
Kemiskinan belajar
Sebuah laporan global tahun 2022 mengungkapkan bahwa sekitar 70% anak berusia 10 tahun di negara berpenghasilan rendah dan menengah membutuhkan bantuan untuk memahami teks tertulis sederhana. Kemiskinan belajar (learning poverty) ini diakibatkan oleh penutupan sekolah yang berkepanjangan karena COVID-19 dan keterampilan literasi dasar yang buruk di kalangan masyarakat kurang mampu.
Anak-anak dari rumah tangga miskin memiliki akses terbatas ke buku-buku berkualitas. Biasanya, kondisi ini juga tercermin di tengah masyarakat dimana kelompok warga berpenghasilan rendah kurang memiliki akses terhadap buku-buku berkualitas di sekolah dan perpustakaan umum. Akibatnya, anak-anak mereka kehilangan kesempatan untuk belajar dan memahami bahasa dibandingkan dengan teman sebayanya yang lebih stabil secara finansial.
Akses ke buku-buku berkualitas
Mendukung pendidikan berkualitas di seluruh dunia membutuhkan peningkatan akses ke buku-buku berkualitas. Oleh karena itu, intervensi skala besar sangat penting untuk menjembatani kesenjangan literasi, terutama di negara-negara berpenghasilan rendah. Bank Dunia telah menyatakan komitmennya untuk melipatgandakan upaya penyediaan buku yang lebih berkualitas kepada pembaca melalui beberapa cara:
- Mempromosikan pengembangan industri penerbitan untuk pendidikan lokal.
- Memperkuat pengadaan buku melalui akuntabilitas yang lebih tinggi dan memanfaatkan teknologi dan kemitraan baru.
- Mendukung pemerintah dalam mengembangkan kriteria yang jelas untuk persetujuan dan pengadaan bahan bacaan sehingga bahan-bahan tersebut terjangkau, sesuai, tahan lama, relevan secara kontekstual, dan terbuka (open-source).
- Bekerja dengan mitra lainnya melalui organisasi yang ada untuk mengembangkan fasilitas publik global yang berkualitas tinggi, open-source, seperti pembaca berjenjang dalam berbagai bahasa dan untuk konteks budaya yang berbeda.
Perlu juga dicatat, mewujudkan pendidikan berkualitas untuk semua merupakan kerja kolektif kita. Oleh karena itu, organisasi, pemerintah, peneliti, masyarakat, dan pemangku kepentingan lainnya perlu berkolaborasi dalam meningkatkan akses buku berkualitas bagi semua anak.
Penerjemah: Abul Muamar
Baca juga versi asli dari artikel ini dalam bahasa Inggris di Green Network Asia.
Jika Anda melihat konten kami bermanfaat, harap pertimbangkan untuk berlangganan Green Network Asia – Indonesia.
Langganan Anda akan menguntungkan Anda secara pribadi dan profesional, dan dapat menjadi cara terbaik untuk mendukung produksi konten-konten yang tersedia untuk masyarakat umum ini.
Madina adalah Reporter di Green Network Asia. Dia adalah alumni program sarjana Sastra Inggris dari Universitas Indonesia. Dia memiliki tiga tahun pengalaman profesional dalam editorial dan penciptaan konten kreatif, penyuntingan, dan riset.