Skip to content
  • Tentang
  • Bermitra dengan Kami
  • Beriklan
  • GNA Internasional
  • Jadi Member
  • Log In
Primary Menu
  • Terbaru
  • GNA Knowledge Hub
  • Topik
  • Wilayah
    • Dunia
    • Jawa
    • Kalimantan
    • Maluku
    • Nusa Tenggara
    • Papua
    • Sulawesi
    • Sumatera
  • Kabar
  • Ikhtisar
  • Infografik
  • Video
  • Opini
  • Akar Rumput
  • Muda
  • Siaran Pers
  • Corporate Sustainability
  • GNA Knowledge Hub
  • Opini

Penghapusan Jeepney dan Perlunya Modernisasi Kendaraan yang Inklusif

Jeepney Phaseout (Penghapusan Jeepney) merupakan sebuah mikrokosmos dari apa yang terjadi secara global: pengecualian terhadap suara-suara yang terpinggirkan dari kebijakan-kebijakan yang berdampak pada kehidupan mereka.
Oleh Tara Lago
15 Mei 2024
ilustrasi jeepney merah

Ilustrasi: Irhan Prabasukma.

Jika Anda merasa mengalami jam sibuk yang sangat parah, itu tandanya Anda belum pernah ke Manila. Sebagai kota paling padat di dunia, jalan-jalan di Manila dipenuhi oleh kendaraan yang bergegas dan saling ingin mendahului. Salah satu penyebab kemacetan di kota ini adalah Jeepney. Namun, Jeepney dan para sopirnya kini berada di bawah ancaman penghapusan.

Sejarah Jeepney di Filipina

Jeepney di Filipina menguasai jalanan, membawa penumpangnya melintasi 685 rute. Selama beberapa dekade, moda transportasi nyentrik ini telah menyebabkan polusi, melepaskan 94% partikulat jelaga di Manila.

Jeepney awalnya merupakan pemanfaatan kendaraan lawas bekas kolonialisme Amerika. Setelah Perang Dunia II, Amerika meninggalkan jip-jip mereka di Filipina. Ketimbang membiarkannya berkarat, orang-orang Filipina lantas mengubah jip-jip tersebut menjadi jeepney, moda transportasi umum yang terjangkau. Jip-jip tersebut “bereinkarnasi” menjadi simbol budaya, inovasi, dan perlawanan Filipina.

Namun, jeepney kini akan dibersihkan dari jalanan.

Penghapusan Jeepney Lukai Masyarakat Miskin

Pemerintah Filipina sepertinya telah melupakan sejarah kuat jeepney. Pada tahun 2017, Badan Pengatur dan Waralaba Transportasi Darat (LTFRB) meluncurkan Program Modernisasi Kendaraan Utilitas Umum (PUVMP), yang biasa disebut Jeepney Phaseout (Penghapusan Jeepney), untuk menerapkan moda transportasi ramah lingkungan.

Meskipun niatnya baik, penerapannya menyedihkan. Program ini memandatkan pengemudi jeepney untuk membeli e-Jeepney yang harganya lebih dari 2 juta peso atau setara 43.000 dolar AS. LTFRB hanya mensubsidi 10% pinjaman, yang berarti bahwa pengemudi jeepney, yang bergantung pada gaji sebesar 2.000 peso, harus mendapatkan penghasilan dua kali lipat untuk membayar pinjaman dan menghidupi 118.000 keluarga yang bergantung pada pendapatan mereka. Hal ini menunjukkan bahwa program Penghapusan Jeepney merupakan sebuah skema yang bertujuan untuk memodernisasi kendaraan dengan membebani masyarakat miskin.

Untuk memberikan kredit kepada pemerintah, LTFRB mewajibkan pengemudi jeepney untuk membentuk koperasi guna mengurangi biaya individu, mendapatkan tunjangan pemerintah, dan menstandarisasi kondisi kerja. Namun, pengemudi jeepney harus membeli lebih dari satu e-Jeepney untuk dapat membentuk koperasi, sementara biaya untuk membeli satu e-Jeepney saja sudah mengganggu kestabilan pendapatan mereka. 

Alih-alih membantu para pengemudi jeepney, koperasi tersebut justru menjadi cara bagi perusahaan-perusahaan besar untuk mengendalikan industri dan karyawan mereka. Pengemudi Jeepney khawatir kalau mereka bergabung dengan koperasi, mereka akan kehilangan gaji dan mata pencaharian yang didapat dari mengoperasikan jeepney mereka.

Penolakan Pengemudi Jeepney

Membawa budaya, inovasi, dan perlawanan yang melahirkan jeepney, para pengemudi jeepney di Manila dan sekitarnya menuntut bantuan keuangan yang lebih baik dalam program Penghapusan Jeepney. Federasi buruh seperti PISTON, MANIBELA, dan Tanggol Pasada Network telah mengorganisir pemogokan di seluruh Filipina dan menekan LTFRB untuk menunda batas waktu penghentian hingga 30 April.

LTFRB menunda tenggat waktu namun tetap menolak mengubah mandatnya. Akibatnya, puluhan ribu pengemudi jeepney yang diwakili oleh federasi buruh terus melakukan perlawanan. Sebab, jika bukan mereka yang melakukan advokasi untuk diri mereka sendiri, siapa lagi?

Namun jangan salah. Saya dan pengemudi jeepney bukannya menentang kendaraan ramah lingkungan dan transformasi menuju sistem transportasi yang lebih berkelanjutan. Kami hanya menentang hilangnya identitas budaya dan otonomi ekonomi akibat mandat yang tidak didanai dengan baik.

Pemerintah Filipina mendorong modernisasi dengan kedok “masa depan yang lebih hijau” sambil mengesampingkan faktor-faktor pendorong perbaikan lainnya, yaitu pengemudi jeepney. Kita tidak bisa mengatasi masalah kemacetan dan polusi di Manila tanpa memastikan bahwa pekerja berpenghasilan rendah diikutsertakan dalam visi kita bersama untuk Filipina yang lebih berkelanjutan. Penghapusan Jeepney merupakan sebuah mikrokosmos dari apa yang terjadi secara global: pengecualian terhadap suara-suara yang terpinggirkan dari kebijakan-kebijakan yang berdampak terhadap kehidupan mereka. Mengakhiri hal ini membutuhkan tindakan kolektif kita, baik dekat maupun jauh.

Perlunya Modernisasi yang Inklusif

Pada Desember 2023, PISTON mengajukan petisi yang meminta Mahkamah Agung untuk mengeluarkan perintah penangguhan sementara untuk menghentikan program Penghapusan Jeepney yang inkonstitusional. Mahkamah Agung tidak mengambil keputusan, sehingga memaksa PISTON melancarkan mogok kerja selama tiga hari untuk menghentikan tenggat waktu.

Setelah masa tenggang 15 hari, LTFRB berencana menghukum para pengemudi jeepney ini dengan menyita kendaraan mereka, menangguhkan lisensi mereka, dan melarang mereka menggunakan rute e-jeepney. LTFRB mengeluarkan pernyataan bahwa Filipina memiliki surplus jeepney, sehingga mereka yakin bahwa unjuk rasa itu hanya akan berdampak kecil pada modernisasi. LTFRB mengonfirmasi bahwa motif tersembunyi Penghapusan Jeepney adalah penghapusan pekerja yang dianggap dapat disingkirkan: pengemudi jeepney.

Sebagai orang Filipina-Amerika, saya tidak tahu kalau Jeepney Phaseout yang terkenal itu sebelum saya menemukan Sakay Na!, sebuah pasar di California tempat vendor Filipina-Amerika menggalang dana untuk pengemudi jeepney yang diwakili oleh Tanggol Pasada Network. Dari isu yang secara fisik berjarak sangat jauh, Jeepney Phaseout kini bergema di tanah imigrasi saya: Amerika. Pelestarian identitas Filipina saya sejalan dengan pembelaan saya terhadap pengemudi jeepney, dan bahwa suara kami penting dalam membentuk Filipina yang lebih baik.

Peralihan menuju transportasi yang berkelanjutan masih bisa diwujudkan selama peralihan ini mendukung penghidupan para pengemudi jeepney. Cara paling sederhana bagi pemerintah Filipina untuk mendorong modernisasi ini adalah dengan memberikan subsidi tunai yang lebih besar kepada pengemudi jeepney. Dengan berinvestasi pada sumber daya manusia dibandingkan pada kendaraan, mengubah skema program Jeepney Phaseout dapat mengatasi permasalahan sosio-ekonomi dengan lebih baik, sehingga mengarah pada modernisasi yang tidak hanya ramah lingkungan, namun juga berkeadilan.

Dengan tenggat waktu yang telah lewat dan respons LTFRB yang kejam, kita masih punya kekuatan kolektif untuk mendukung para pengemudi jeepney. Tanda tangani petisi PISTON, bergabunglah dalam aksi mogok di kota Anda, atau ikuti perangkat Pinay Collection dari Pinoy dimana kita dapat mendukung nasib pengemudi jeepney dari jauh. Orang-orang Filipina di masa lalu telah menciptakan jeepney dari sisa-sisa logam dan imperialisme, maka kita, orang Filipina dari Manila dan dari daerah lainnya, dapat mendorong program yang membawa modernisasi yang benar-benar memperjuangkan pekerjaan, kehidupan, dan pendapatan para pengemudi jeepney.

Penerjemah: Abul Muamar

Baca juga versi asli artikel ini dalam bahasa Inggris di Green Network Asia.


Terbitkan thought leadership dan wawasan berharga Anda bersama Green Network Asia, pelajari Panduan Artikel Opini GNA.

Join Green Network Asia – Ekosistem Nilai Bersama untuk Pembangunan Berkelanjutan.

Belajar, berbagi, berjejaring, dan terlibat dalam gerakan kami untuk menciptakan dampak positif bagi masyarakat dan lingkungan melalui pendidikan publik dan advokasi multi-stakeholder tentang isu-isu keberlanjutan (sustainability) dan pembangunan berkelanjutan (sustainable development) di Indonesia dan dunia.

Jadi Member Sekarang

Tara Lago
+ postsBio

Tara Lago adalah mahasiswa Columbia University, jurusan Ilmu Saraf dan Perilaku. Ia merupakan sejarawan Liga Filipina, kelompok Columbia University yang berbasis di Filipina, tempat ia mengadvokasi budaya, komunitas, dan aktivisme Pinoy. Di luar Liga Filipina, Tara menulis untuk Bwog dan melakukan penelitian di Pusat Kesehatan Columbia University.

    This author does not have any more posts.

Continue Reading

Sebelumnya: Hope Reef: Restorasi Terumbu Karang dengan Pelibatan Masyarakat Lokal
Berikutnya: Perdamaian dan Kebebasan Global yang Mengkhawatirkan

Lihat Konten GNA Lainnya

siluet pabrik dengan asap yang keluar dari cerobong dan latar belakang langit oranye dan keabuan Menyoal Akuntabilitas dalam Tata Kelola Perdagangan Karbon
  • GNA Knowledge Hub
  • Soft News

Menyoal Akuntabilitas dalam Tata Kelola Perdagangan Karbon

Oleh Seftyana Khairunisa
24 Oktober 2025
fotodari atas udara mesin pemanen gabungan dan traktor dengan trailer yang bekerja di ladang yang berdekatan, satu berwarna hijau dan yang lainnya berwarna keemasan Transformasi Sistem Pangan Dunia untuk Bumi yang Sehat
  • GNA Knowledge Hub
  • Soft News

Transformasi Sistem Pangan Dunia untuk Bumi yang Sehat

Oleh Kresentia Madina
24 Oktober 2025
Tiga anak sedang mengikuti lomba balap karung di antara balon yang tergantung, sementara dua anak di samping memberi taburan bedak. Mereka mengenakan kaos merah putih dan berada di jalan tanah di antara pepohonan. Memperkuat Pendidikan Nonformal untuk Perluas Akses Pendidikan bagi Semua
  • GNA Knowledge Hub
  • Ikhtisar

Memperkuat Pendidikan Nonformal untuk Perluas Akses Pendidikan bagi Semua

Oleh Niken Pusparani Permata Progresia
23 Oktober 2025
Dua orang duduk di perahu menyusuri perairan dengan salah seorang menebar benih ikan. Memberdayakan Pembudidaya Ikan Skala Kecil untuk Akuakultur Berkelanjutan
  • GNA Knowledge Hub
  • Soft News

Memberdayakan Pembudidaya Ikan Skala Kecil untuk Akuakultur Berkelanjutan

Oleh Attiatul Noor
23 Oktober 2025
tumpukan sampah yang dibakar Langkah Pemerintah Dorong Pengelolaan Sampah Perkotaan menjadi Energi
  • GNA Knowledge Hub
  • Soft News

Langkah Pemerintah Dorong Pengelolaan Sampah Perkotaan menjadi Energi

Oleh Abul Muamar
22 Oktober 2025
gambar jarak dekat sebuah botol air plastik terdampar di bibir pantai yang berbuih Mengulik Potensi Desalinasi untuk Atasi Krisis Air
  • GNA Knowledge Hub
  • Ikhtisar

Mengulik Potensi Desalinasi untuk Atasi Krisis Air

Oleh Ponnila Sampath-Kumar
22 Oktober 2025

Tentang Kami

  • Surat CEO GNA
  • Tim In-House GNA
  • Jaringan Penasihat GNA
  • Jaringan Author GNA
  • Panduan Artikel Opini GNA
  • Panduan Laporan Akar Rumput GNA
  • Layanan Penempatan Siaran Pers GNA
  • Program Magang GNA
  • Ketentuan Layanan
  • Kebijakan Privasi
© 2021-2025 Green Network Asia