Skip to content
  • Tentang
  • Bermitra dengan Kami
  • Beriklan dengan Kami
  • GNA Internasional
  • Berlangganan
  • Log In
Primary Menu
  • Beranda
  • Terbaru
  • Topik
  • Wilayah
    • Jawa
    • Kalimantan
    • Maluku
    • Nusa Tenggara
    • Papua
    • Sulawesi
    • Sumatera
  • Kabar
  • Ikhtisar
  • Wawancara
  • Opini
  • Figur
  • Infografik
  • Video
  • Komunitas
  • Siaran Pers
  • ESG
  • Muda
  • Dunia
  • Kabar
  • Unggulan

Potensi dan Kekuatan Fandom K-pop sebagai Komunitas Global

Secara unik, K-pop pas untuk melahirkan komunitas akar rumput dengan potensi kekuatan yang besar dalam pembangunan berkelanjutan.
Oleh Nazalea Kusuma
31 Januari 2023
kerumunan fandom k-pop konser di stadion

Foto oleh Weverse.

Pembangunan berkelanjutan tumbuh subur dalam semangat kolaborasi. Setiap orang dari segala usia dari setiap lapisan masyarakat di setiap sudut dunia memiliki peran di dalamnya. Ada sekelompok orang dengan potensi kekuatan besar yang masih sering diabaikan, diremehkan, bahkan diabaikan. Mereka adalah fandom K-pop

Industri K-pop sendiri didesain agar berkembang dengan keterlibatan. Perusahaan hiburan Korea membuat artis K-pop, biasanya disebut idola, terlibat dengan penggemarnya melalui acara dan konten di luar musik.

Namun, interaksi idola-penggemar bukanlah satu-satunya hasil dari skenario ini. Interaksi dan keterlibatan di antara penggemar artis yang sama – yang disebut fandom – didorong dan berkembang. Dengan model ini, K-pop secara unik pas untuk melahirkan komunitas akar rumput. Fandom K-pop bersifat global, berbasis komunitas, dan sangat terikat.

Tampil dan Bergerak

Pada Juni 2020, Variety melaporkan bahwa BTS dan perusahaan manajemennya, BigHit Entertainment, mendonasikan $1 juta untuk Black Lives Matter. Dalam waktu kurang dari 24 jam, fandom BTS – ARMY – telah mengumpulkan, memobilisasi, dan menyamai donasi $1 Juta itu dengan gerakan dari 35.609 donor di seluruh dunia.

Proyek penting lainnya adalah oleh Bangtan India, basis penggemar BTS ARMY di India. Mereka mengorganisir donasi untuk COVID Relief India, mengumpulkan lebih dari 20 lakh INR (sekitar $29.200 pada saat itu) dalam satu hari.

Tidak hanya BTS dan BTS ARMY yang berskala besar, fandom yang lebih kecil dari grup yang lebih kecil juga mengambil bagian dalam proyek donasi. Misalnya, fandom Dreamcatcher – InSomnia – mendonasikan 460.000 KRW ($373) ke Korea Green Fund untuk merayakan ulang tahun ke-6 Dreamcatcher di tahun 2023. Proyek ini pas mengingat Dreamcatcher berada di tengah konsep apokaliptik yang meningkatkan kesadaran tentang perubahan iklim.

Ulang tahun idola K-pop juga menjadi kesempatan bagi penggemar untuk menyumbang atas nama idola mereka. Penggemar Irene dari grup Red Velvet mendonasikan lebih dari $1.300 kepada Korean Unwed Mothers’ Families Association (KUMFA) untuk ulang tahunnya pada tahun 2022. Ini adalah donasi kedua mereka ke KUMFA setelah donasi $2.000 untuk ulang tahun Irene pada tahun 2021.

Selain uang, penggemar K-pop juga menunjukkan potensi mereka dengan berkumpul, tampil, dan bergerak. Saat protes terjadi di seluruh AS untuk Black Lives Matter, penggemar K-pop membanjiri aplikasi yang dibuat untuk menerima laporan aktivitas protes di Dallas oleh Departemen Kepolisian Dallas. Pada tahun 2021, SDG Moment mencatat penayangan tertinggi dari sesi pembukaan di mana BTS berbicara dan tampil dengan 6,5 juta views.

Bukan Sarang

Fandom adalah komunitas, bukan sarang. Mereka berkumpul karena minat yang sama dalam musik, tetapi pada dasarnya, mereka adalah orang yang berbeda dengan ideologi dan opini yang berbeda. Namun, komunitas global ini telah berkali-kali membuktikan kekuatan mereka untuk bersatu demi tujuan yang baik. Secara keseluruhan, ada banyak hal yang harus dipelajari tentang bagaimana komunitas-komunitas ini bergerak dan, mungkin, juga banyak yang harus diajarkan untuk membuat gerakan mereka lebih berkelanjutan dan berdampak pada pembangunan dunia.

Artikel ini diterbitkan untuk merayakan Hari Keterikatan Komunitas Sedunia (Global Community Engagement Day) pada tanggal 28 Januari. 

Penerjemah: Abul Muamar

Baca juga versi asli dari artikel ini dalam bahasa inggris di Green Network Asia.

Perkuat pengembangan kapasitas pribadi dan profesional Anda dengan Langganan GNA Indonesia.

Jika konten ini bermanfaat, harap pertimbangkan Langganan GNA Indonesia untuk mendapatkan akses eksklusif ke wawasan interdisipliner dan lintas sektor tentang isu-isu keberlanjutan (sustainability) dan pembangunan berkelanjutan (sustainable development) di Indonesia dan dunia. Langganan Anda juga akan mendukung kapasitas finansial Green Network Asia untuk terus menerbitkan konten yang didedikasikan untuk pendidikan publik dan advokasi multi-stakeholder.

Pilih Paket Langganan Anda

Nazalea Kusuma
Managing Editor at Green Network Asia | Website |  + postsBio

Naz adalah Manajer Publikasi Digital Internasional di Green Network Asia. Ia pernah belajar Ilmu Perencanaan Wilayah dan Kota dan tinggal di beberapa kota di Asia Tenggara. Pengalaman pribadi ini memperkaya persepektifnya akan masyarakat dan budaya yang beragam. Naz memiliki sekitar satu dekade pengalaman profesional sebagai penulis, editor, penerjemah, dan desainer kreatif.

  • Nazalea Kusuma
    https://greennetwork.id/author/nazalea/
    Mengulik Tren Gaya Hidup Minimalis di TikTok
  • Nazalea Kusuma
    https://greennetwork.id/author/nazalea/
    Mengatasi Tantangan dalam Implementasi Adaptasi Berbasis Ekosistem (EbA)
  • Nazalea Kusuma
    https://greennetwork.id/author/nazalea/
    Polusi Cahaya dan Dampaknya terhadap Manusia dan Makhluk Hidup Lainnya
  • Nazalea Kusuma
    https://greennetwork.id/author/nazalea/
    Menurunnya Keterampilan Literasi Orang Dewasa di Seluruh Dunia

Continue Reading

Sebelumnya: Kalara Borneo: Menjaga Hutan Kalimantan dengan Produksi Olahan Non-Kayu Bernilai Tinggi
Berikutnya: Langkah Keberlanjutan IKEA dan Pentingnya Tanggung Jawab Lingkungan Perusahaan Global

Baca Kabar dan Cerita Lainnya

sekelompok orang di layar zoom Membentuk Pemimpin Perempuan melalui Sekolah Kepemimpinan Perempuan
  • Konten Komunitas
  • Unggulan

Membentuk Pemimpin Perempuan melalui Sekolah Kepemimpinan Perempuan

Oleh Patra Manurung
27 Agustus 2025
seorang pedagang bertopi caping mendorong gerobak menyeberangi jalan. Mengatasi Heat Stress Okupasional Demi Keselamatan dan Kesehatan Pekerja
  • Eksklusif
  • Kabar
  • Unggulan

Mengatasi Heat Stress Okupasional Demi Keselamatan dan Kesehatan Pekerja

Oleh Dinda Rahmania
27 Agustus 2025
foto udara KEK Mandalika; terdapat jalanan dan beberapa bangunan di wilayah yang terhubung pantai dan laut Sisi Kelam Pengembangan Pariwisata di Kawasan KEK Mandalika
  • Eksklusif
  • Ikhtisar
  • Unggulan

Sisi Kelam Pengembangan Pariwisata di Kawasan KEK Mandalika

Oleh Seftyana Khairunisa
26 Agustus 2025
pasangan lanjut usia menggunakkan masker Polusi Udara dan Risiko Demensia yang Lebih Tinggi
  • Kabar
  • Unggulan

Polusi Udara dan Risiko Demensia yang Lebih Tinggi

Oleh Dinda Rahmania
26 Agustus 2025
Sekelompok laki-laki muda berfoto bersama seorang ibu di depan sebuah rumah. Kisah Mpu Uteun dan Ekofeminisme di Aceh
  • Konten Komunitas
  • Unggulan

Kisah Mpu Uteun dan Ekofeminisme di Aceh

Oleh Naufal Akram
25 Agustus 2025
buku terbuka Menyampaikan Pengetahuan yang Dapat Diterapkan melalui Pelatihan Keberlanjutan
  • Kolom IS2P
  • Opini
  • Partner
  • Unggulan

Menyampaikan Pengetahuan yang Dapat Diterapkan melalui Pelatihan Keberlanjutan

Oleh Yanto Pratiknyo
25 Agustus 2025

Tentang Kami

  • Surat CEO GNA
  • Tim In-House GNA
  • Jaringan Penasihat GNA
  • Jaringan Author GNA
  • Panduan Artikel Opini GNA
  • Panduan Konten Komunitas GNA
  • Layanan Penempatan Siaran Pers GNA
  • Program Magang GNA
  • Pedoman Media Siber
  • Ketentuan Layanan
  • Kebijakan Privasi
© 2021-2025 Green Network Asia