Skip to content
  • Tentang
  • Bermitra dengan Kami
  • GNA Internasional
  • Berlangganan
  • Log In
Primary Menu
  • Terbaru
  • GNA Knowledge Hub
  • Topik
  • Wilayah
    • Dunia
    • Jawa
    • Kalimantan
    • Maluku
    • Nusa Tenggara
    • Papua
    • Sulawesi
    • Sumatera
  • Soft News
  • Ikhtisar
  • Infografik
  • Video
  • Opini
  • Komunitas
  • Siaran Pers
  • Muda
  • ESG
  • GNA Knowledge Hub
  • Soft News

Keterampilan Manajemen Keuangan dan Kewirausahaan bagi Para Kepala Sekolah

Manajemen keuangan sekolah dan kewirausahaan adalah keterampilan yang perlu dimiliki oleh kepala sekolah dan tenaga pendidik untuk memastikan keberlangsungan operasional sekolah.
Oleh Abul Muamar
21 September 2022
Seorang guru pendidikan dasar menyampaikan pelajaran di depan murid-muridnya.

Foto oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Sekolah adalah tempat anak-anak dan kaum muda menimba ilmu pengetahuan demi masa depan yang lebih baik. Sebagai institusi, sekolah memerlukan keuangan yang sehat untuk memastikan keberlangsungan operasionalnya. Oleh karenanya, pengelolaan keuangan yang baik menjadi keterampilan yang penting dimiliki oleh para kepala sekolah dan tenaga pendidik, terutama bagi sekolah swasta berbiaya rendah.

Namun sayangnya, banyak kepala sekolah dan tenaga pendidik di Indonesia yang masih gagap dalam mengelola keuangan sekolah. Penelitian terbaru Center for Indonesian Policy Studies (CIPS) mengungkap bahwa masih banyak kepala sekolah dan tenaga pendidikan yang belum literat mengenai manajemen keuangan sekolah. Padahal, pengelolaan keuangan sekolah yang buruk berpotensi menciptakan penyalahgunaan anggaran, kegagalan mencapai target, hingga penutupan sekolah.

Minimnya Pelatihan Manajemen Keuangan

Penelitian yang dilakukan CIPS melibatkan 23 kepala sekolah dan tenaga pendidik layanan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Sumba Barat Daya sebagai responden. Penelitian tersebut juga disertai dengan program pelatihan pengembangan kapasitas bagi para kepala sekolah dan tenaga pendidik. Hasilnya, 88 persen responden mengaku belum pernah mendapatkan pelatihan seputar manajemen keuangan sekolah dan kewirausahaan dalam bentuk apa pun.

Penelitian itu juga mengungkap kesulitan yang dialami oleh para kepala sekolah dan tenaga pendidikan dalam menerapkan praktik-praktik dasar manajemen keuangan, seperti pembukuan dan perencanaan anggaran dalam operasional sekolah mereka. Hal ini menunjukkan rendahnya akses terhadap pelatihan manajemen keuangan bagi tenaga pendidik.

Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nomor 40 Tahun 2021 tentang Penugasan Guru Sebagai Kepala Sekolah menyatakan bahwa tugas utama kepala sekolah berhubungan erat dengan peran manajerial dan pengembangan kewirausahaan untuk mendukung pembelajaran siswa.

Pemerintah memberi otonomi kepada sekolah dalam proses pengambilan keputusan melalui Manajemen Berbasis Sekolah (MBS). MBS memungkinkan sekolah untuk merencanakan,

melaksanakan, mengajar, dan mengatur kegiatan apa pun yang diperlukan. Namun, masih banyak sekolah yang belum dapat mengimplementasikan MBS dengan efektif akibat keterampilan kepala sekolah dan tenaga pendidikan yang kurang memadai dalam hal manajemen keuangan.

Rekomendasi untuk Pemerintah

Karakteristik sekolah dan konteks lokal yang beragam di Indonesia menghadirkan berbagai tantangan yang berbeda-beda bagi setiap sekolah. Dalam hal ini, kepala sekolah, guru, dan tenaga pendidik harus menyesuaikan diri dengan perubahan yang ada.

Memperkuat keterampilan manajemen keuangan sekolah dan kewirausahaan adalah upaya yang perlu dilakukan untuk membantu kepala sekolah dan tenaga pendidik menjadi tanggap

dan adaptif, agar mampu bertahan di tengah kebijakan pendidikan yang terus berubah serta keadaan sulit yang bisa datang tiba-tiba seperti Pandemi COVID-19.

CIPS merekomendasikan Kemendikbudristek untuk memusatkan perhatian pada pengembangan kapasitas manajemen keuangan sekolah dan kewirausahaan bagi kepala sekolah dan staf administrasi, di samping keterampilan pedagogi.

Pengembangan kapasitas ini dapat dijalankan oleh lembaga pemberdayaan pengembangan kepala sekolah, guru, dan tenaga pendidik, yakni Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) dan Balai Guru Penggerak (BGP). Kemendikbudristek harus memastikan bahwa BBGP dan BGP mengadakan pelatihan ini secara rutin, dengan kurikulum yang disempurnakan yang sesuai dengan dinamika pendidikan Indonesia.

Perkuat pengembangan kapasitas pribadi dan profesional Anda dengan Langganan GNA Indonesia.

Jika konten ini bermanfaat, harap pertimbangkan Langganan GNA Indonesia untuk mendapatkan akses digital ke wawasan interdisipliner dan lintas sektor tentang isu-isu keberlanjutan (sustainability) dan pembangunan berkelanjutan (sustainable development) di Indonesia dan dunia.

Pilih Paket Langganan Anda

Abul Muamar
Managing Editor at Green Network Asia | Website |  + postsBio

Amar adalah Manajer Publikasi Digital Indonesia di Green Network Asia. Ia adalah alumnus Magister Filsafat dari Universitas Gadjah Mada, dan Sarjana Ilmu Komunikasi dari Universitas Sumatera Utara. Ia memiliki lebih dari sepuluh tahun pengalaman profesional di bidang jurnalisme sebagai reporter dan editor untuk beberapa media tingkat nasional di Indonesia. Ia juga adalah penulis, editor, dan penerjemah, dengan minat khusus pada isu-isu sosial-ekonomi dan lingkungan.

  • Abul Muamar
    https://greennetwork.id/author/abulmuamar/
    Dunia yang Kian Gemerlap dan Kelap-kelip Kunang-Kunang yang Kian Lenyap
  • Abul Muamar
    https://greennetwork.id/author/abulmuamar/
    Peta Jalan Dekarbonisasi Industri untuk Tekan Emisi di Subsektor Intensif-Energi
  • Abul Muamar
    https://greennetwork.id/author/abulmuamar/
    Menciptakan Keadilan Pajak untuk Kesejahteraan Bersama
  • Abul Muamar
    https://greennetwork.id/author/abulmuamar/
    Pembaruan Kemitraan Indonesia-PBB dalam Agenda SGDs 2030

Continue Reading

Sebelumnya: Koalisi IBUKOTA Tagih Upaya Pemerintah Perbaiki Kualitas Udara
Berikutnya: Kerja Sama Indonesia-Norwegia Dukung Implementasi FOLU Net Sink 2030

Lihat Konten GNA Lainnya

foto kapal di lautan biru gelap dari atas udara Memperkuat Standar Ketenagakerjaan di Sektor Perikanan
  • GNA Knowledge Hub
  • Soft News

Memperkuat Standar Ketenagakerjaan di Sektor Perikanan

Oleh Abul Muamar
16 September 2025
Siluet keluarga menyaksikan bencana kebakaran hutan Memahami Polusi Udara sebagai Risiko bagi Kesehatan Manusia dan Bumi
  • GNA Knowledge Hub
  • Soft News

Memahami Polusi Udara sebagai Risiko bagi Kesehatan Manusia dan Bumi

Oleh Kresentia Madina
16 September 2025
bom waktu tersembunyi di antara bunga Memahami Kecurigaan dan Kekecewaan terhadap Gerakan Keberlanjutan Perusahaan
  • GNA Knowledge Hub
  • Kolom Penasihat GNA
  • Opini

Memahami Kecurigaan dan Kekecewaan terhadap Gerakan Keberlanjutan Perusahaan

Oleh Jalal
15 September 2025
foto daerah pesisir dengan air laut biru Perkembangan Kondisi Tutupan Karang di Great Barrier Reef
  • GNA Knowledge Hub
  • Soft News

Perkembangan Kondisi Tutupan Karang di Great Barrier Reef

Oleh Kresentia Madina
15 September 2025
ilustrasi misinformasi; manekin kepala dengan bagian atas terbuka menerima koran yang dilabeli tulisan palsu Menangkal Masifnya Penyebaran Misinformasi dan Disinformasi
  • GNA Knowledge Hub
  • Ikhtisar

Menangkal Masifnya Penyebaran Misinformasi dan Disinformasi

Oleh Seftyana Khairunisa
12 September 2025
Seorang anak berkacamata menerima piring berisi makanan. Menengok Bagaimana Program Makan Gratis di Sekolah di Amerika Latin dan Karibia
  • GNA Knowledge Hub
  • Soft News

Menengok Bagaimana Program Makan Gratis di Sekolah di Amerika Latin dan Karibia

Oleh Attiatul Noor
12 September 2025

Tentang Kami

  • Surat CEO GNA
  • Tim In-House GNA
  • Jaringan Penasihat GNA
  • Jaringan Author GNA
  • Panduan Artikel Opini GNA
  • Panduan Konten Komunitas GNA
  • Layanan Penempatan Siaran Pers GNA
  • Program Magang GNA
  • Pedoman Media Siber
  • Ketentuan Layanan
  • Kebijakan Privasi
© 2021-2025 Green Network Asia