Skip to content
  • Tentang
  • Bermitra dengan Kami
  • Beriklan
  • GNA Internasional
  • Berlangganan
  • Log In
Primary Menu
  • Terbaru
  • GNA Knowledge Hub
  • Topik
  • Wilayah
    • Dunia
    • Jawa
    • Kalimantan
    • Maluku
    • Nusa Tenggara
    • Papua
    • Sulawesi
    • Sumatera
  • Kabar
  • Ikhtisar
  • Infografik
  • Video
  • Opini
  • Komunitas
  • Siaran Pers
  • Muda
  • Corporate Sustainability
  • Akar Rumput
  • GNA Knowledge Hub
  • Komunitas

Merenungi Suramnya Dunia Pendidikan lewat Teater “Robohnya Sekolah Rakyat Kami”

Teater bertajuk “Robohnya Sekolah Rakyat Kami” yang digelar dalam perayaan 25 tahun Sanggar Anak Alam (SALAM) menyinggung soal potret suram dunia pendidikan di Indonesia hari ini.
Oleh Nareswari Reswara Widya
20 Agustus 2025
orang-orang menonton pertunjukan teater “Robohnya Sekolah Rakyat Kami”

Pertunjukan teater “Robohnya Sekolah Rakyat Kami” di lapangan Sanggar Anak Alam (SALAM) di Kampung Nitiprayan, Kelurahan Ngestiharjo, Bantul, Yogyakarta. | Foto: Nareswari Reswara Widya.

Malam 13 Juni 2025, teater mungil didirikan di lapangan Sanggar Anak Alam (SALAM). Tidak terlalu luas, tapi cukup untuk kami semua dapat duduk dan menyimak dengan saksama panggung sandiwara yang menyinggung soal potret suram dunia pendidikan di Indonesia hari ini, dalam rangka merayakan 25 tahun berdirinya SALAM.

Kisahnya diawali dengan fragmen sekelompok anak yang berpetualang, menjelajah, dan belajar tentang apa yang alam sediakan bagi mereka. Mereka memanfaatkan sampah-sampah sebagai instrumen pengiring nyanyian dengan riang gembira. Sekelompok anak yang lebih kecil turut ambil bagian; mereka memakai kostum sayur mayur dan lauk pauk, sebagai tanda syukur atas berkat dari alam yang mengisi perut kecil mereka agar dapat menjalani kehidupan dengan sehat.

Akan tetapi, suasana tiba-tiba berubah menjadi tegang. Anak-anak yang lebih besar, lewat monolog, menyampaikan tentang keresahan mereka atas ruang belajar yang kini tak lagi bebas dan menyenangkan. Harapan pun satu per satu diutarakan di tengah redupnya ruh pendidikan yang perlahan merenggut kegembiraan dan kebebasan mereka dalam belajar.

Itulah yang saya tangkap dari teater bertajuk “Robohnya Sekolah Rakyat Kami”. Teater ini hendak mengisahkan tentang kondisi suram dunia pendidikan hari ini dari kacamata anak-anak. Dari kisah yang nampak sederhana, terdapat kritik bahwa belajar tidak harus melulu dari buku dan digelar di ruang kelas, tetapi juga dapat dilakukan dengan melihat, mengalami, dan mempelajari lingkungan alam, sambil tertawa, bertani, menari, berpuisi, bahkan menyapu daun-daun. Itu pula yang diupayakan oleh SALAM sejak pertama kali berdiri.

Pentas Teater Hasil Kolaborasi

SALAM merupakan sebuah sekolah alternatif yang terletak di Kampung Nitiprayan, Kelurahan Ngestiharjo, Bantul, Yogyakarta. Sekolah ini tidak menyediakan bangunan yang gagah perkasa berdiri di tengah-tengah padatnya perkotaan Yogyakarta, tidak pula menawarkan kemewahan dan eksklusifitas, melainkan kesederhanaan dengan bangunan kecil yang berdiri di tengah pematang sawah, dengan bahan-bahan belajar yang berasal dari alam sebagai bagian dari proses anak-anak menemukan nilai-nilai serta pemahaman tentang hidup.

SALAM berupaya menghadirkan pendidikan yang membumi melalui kolaborasi sebagai teladan. Teater “Robohnya Sekolah Rakyat Kami” merupakan hasil kolaborasi antara anggota Kelas Minat Teater, Tari, dan Gitar. Teater ini menggambarkan salah satu upaya SALAM dalam menciptakan ruang bagi anak-anak serta komunitas untuk dengan leluasa melakukan eksperimen, bereksplorasi, dan mengekspresikan berbagai temuan pengetahuan dengan memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai media belajar.

Dunia Pendidikan yang Mengekang hingga Kapitalisasi yang Merajalela

Teater yang disuguhkan oleh anak-anak SALAM mengajak kita untuk merenung tentang bagaimana dunia pendidikan hari ini berjalan. Banyak pihak yang lupa bahwa ilmu pengetahuan pada dasarnya berasal dari alam; sementara kearifan lokal seringkali disepelekan. Akibatnya, dunia pendidikan hari ini lebih banyak menyuguhkan pengetahuan-pengetahuan yang “terbatas”, yang “terformula” dan tersederhanakan dalam buku-buku.

Yang lebih mengkhawatirkan adalah bagaimana sistem pendidikan “memaksa” setiap anak untuk menjadi “seragam”–lewat kurikulum, lewat mata pelajaran yang dibakukan, lewat sistem penilaian yang kaku–yang cenderung mengarahkan mereka untuk menjadi “robot-robot pekerja” di masa depan. Akibatnya, banyak anak-anak yang terkubur potensi alamiahnya karena harus mengikuti sistem yang ada. Dan pada saat yang sama, kapitalisasi dalam dunia pendidikan pun semakin hari semakin merajalela. Hari ini, semakin mudah menemukan sekolah-sekolah formal berbiaya tinggi–kondisi yang memperparah jurang ketimpangan dalam akses pendidikan berkualitas.

Pendidikan yang Memerdekakan

Teater ini menjadi pengingat bahwa anak-anak sesungguhnya terlahir dengan potensi dan keunikan masing-masing, yang dapat digali dengan model pendidikan yang tidak mengekang mereka, yang tidak memaksa mereka untuk menjadi seragam–lewat pendidikan yang memerdekakan. Harapannya, seluruh pemangku kepentingan dapat menyadari hal ini dan memperbaiki sistem pendidikan yang ada. Sekaligus, pada saat yang sama, memperluas akses ke pendidikan berkualitas untuk semua anak-anak tanpa terkecuali.

Gemuruh tepuk tangan penonton, mulai dari orang tua hingga para pedagang dari Pasar Pangan Sehat, menutup kemeriahan teater malam itu.

Editor: Abul Muamar


Terbitkan cerita ringan dari tengah masyarakat bersama Green Network Asia, pelajari Panduan Konten Komunitas GNA.

Perkuat pengembangan kapasitas pribadi dan profesional Anda dengan Langganan GNA Indonesia.

Jika konten ini bermanfaat, harap pertimbangkan Langganan GNA Indonesia untuk mendapatkan akses digital ke wawasan interdisipliner dan lintas sektor tentang isu-isu keberlanjutan (sustainability) dan pembangunan berkelanjutan (sustainable development) di Indonesia dan dunia.

Pilih Paket Langganan Anda

Nareswari Reswara Widya
+ postsBio

Nareswari adalah mahasiswa program studi Ilmu Hubungan Internasional di Universitas Pembangunan Nasional 'Veteran' Yogyakarta. Ia aktif mengikuti forum yang diselenggarakan Sekolah Koperasi WIKIKOPI oleh Koperasi Kepakaran KEN8 yang membahas seputar pendidikan, ekologi, ekonomi, dan relasi sosial.

    This author does not have any more posts.

Continue Reading

Sebelumnya: SDG Venture Scaler untuk Dorong Investasi Berkelanjutan di Asia Tenggara
Berikutnya: Fenomena Penumpukan Produk Ramah Lingkungan di Indonesia

Lihat Konten GNA Lainnya

seorang pria tua duduk sendiri di dekat tembok dan tanaman Mengatasi Isu Kesepian di Kalangan Lansia
  • GNA Knowledge Hub
  • Ikhtisar

Mengatasi Isu Kesepian di Kalangan Lansia

Oleh Abul Muamar
9 Oktober 2025
seseorang memegang sejumlah uang kertas Memastikan Distribusi Pendapatan yang Adil sebagai Pilar Keadilan Sosial
  • GNA Knowledge Hub
  • Soft News

Memastikan Distribusi Pendapatan yang Adil sebagai Pilar Keadilan Sosial

Oleh Kresentia Madina
9 Oktober 2025
bagian atas dari donat yang berjamur Donat yang Semakin Pahit: Peringatan Keras dari Fanning dan Raworth
  • GNA Knowledge Hub
  • Kolom Penasihat GNA
  • Opini

Donat yang Semakin Pahit: Peringatan Keras dari Fanning dan Raworth

Oleh Jalal
8 Oktober 2025
seseorang bermasker di depan klinik Bagaimana Upaya China dalam Meningkatkan Layanan Kesehatan di Tingkat Daerah
  • GNA Knowledge Hub
  • Soft News

Bagaimana Upaya China dalam Meningkatkan Layanan Kesehatan di Tingkat Daerah

Oleh Dinda Rahmania
8 Oktober 2025
sebuah alat berat di atas lahan hitam Mengulik Dampak Pembangunan Kawasan Industri Takalar
  • GNA Knowledge Hub
  • Ikhtisar

Mengulik Dampak Pembangunan Kawasan Industri Takalar

Oleh Abul Muamar
7 Oktober 2025
Sekelompok orang menaiki perahu di sungai Mekong yang dikelilingi pepohonan Kekuatan yang Timpang dan Meningkatnya Tekanan: Menilik Tata Kelola Air Lintas Batas di Sungai Mekong
  • GNA Knowledge Hub
  • Ikhtisar

Kekuatan yang Timpang dan Meningkatnya Tekanan: Menilik Tata Kelola Air Lintas Batas di Sungai Mekong

Oleh Attiatul Noor
7 Oktober 2025

Tentang Kami

  • Surat CEO GNA
  • Tim In-House GNA
  • Jaringan Penasihat GNA
  • Jaringan Author GNA
  • Panduan Artikel Opini GNA
  • Panduan Konten Komunitas GNA
  • Layanan Penempatan Siaran Pers GNA
  • Program Magang GNA
  • Pedoman Media Siber
  • Ketentuan Layanan
  • Kebijakan Privasi
© 2021-2025 Green Network Asia