Skip to content
  • Tentang
  • Bermitra dengan Kami
  • GNA Internasional
  • Berlangganan
  • Log In
Primary Menu
  • Terbaru
  • GNA Knowledge Hub
  • Topik
  • Wilayah
    • Dunia
    • Jawa
    • Kalimantan
    • Maluku
    • Nusa Tenggara
    • Papua
    • Sulawesi
    • Sumatera
  • Soft News
  • Ikhtisar
  • Infografik
  • Video
  • Opini
  • Komunitas
  • Siaran Pers
  • Muda
  • ESG
  • GNA Knowledge Hub
  • Ikhtisar

Menilik Peluang dan Tantangan Penggunaan AI dalam Pendidikan

AI telah merambah ke hampir setiap aspek kehidupan, termasuk pendidikan. Lantas, apa saja peluang dan tantangan penggunaan AI dalam pendidikan?
Oleh Kresentia Madina
24 Januari 2025
potret dari atas seorang anak perempuan dan ibunya sedang belajar menggunakan laptop

Foto: August de Richelieu di Pexels.

Kecerdasan buatan (AI) telah merambah ke hampir setiap aspek kehidupan, termasuk pendidikan. Lantas, apa saja peluang dan tantangan penggunaan AI dalam pendidikan?

Peluang Penggunaan AI dalam Pendidikan

Secara umum, AI merujuk pada kemampuan mesin untuk menjalankan beberapa fungsi kognitif yang berkaitan dengan pikiran manusia. Banyak orang yang telah memanfaatkan AI untuk membantu pekerjaan sehari-hari, termasuk dalam urusan rumah tangga dan kerja-kerja digital. AI juga semakin banyak digunakan untuk membantu mengatasi isu-isu yang lebih spesifik, seperti pemantauan kebakaran hutan dan pertanian cerdas.

Hal serupa juga terjadi dalam dunia pendidikan. Ada banyak peluang pemanfaatan AI dalam pendidikan yang dapat mendukung pembelajaran siswa jika diterapkan dengan benar. Dalam kertas kerjanya, OECD mengeksplorasi bagaimana perangkat AI yang berpusat pada siswa dapat membantu meningkatkan pembelajaran melalui pembelajaran adaptif dan personal, pendidikan berbasis simulasi, dan dukungan tambahan untuk konten pendidikan yang dapat diakses.

Sebagai contoh, dalam sebuah eksperimen selama enam minggu di Nigeria, Bank Dunia menemukan bahwa penggunaan AI generatif di bawah pengawasan guru menghasilkan dampak positif dalam hal peningkatan nilai para siswa sekolah menengah tahun pertama. Sistem bimbingan belajar cerdas, yakni sistem pembelajaran berbasis komputer yang memanfaatkan AI untuk melacak pekerjaan siswa dan memberikan umpan balik yang disesuaikan, dapat menawarkan pembelajaran personal dan adaptif bagi siswa dari berbagai latar belakang berdasarkan karakteristik dan pola belajar mereka.

Selain itu, simulasi berbasis AI, seperti realitas virtual (VR) dan realitas tertambah (AR), juga dapat menawarkan pembelajaran yang lebih mendalam dan interaktif. Alat-alat ini dapat mendukung siswa dengan kebutuhan pendidikan khusus melalui bantuan visual, pendengaran, dan bantuan lain yang diperlukan.

Tantangan

Namun, pada saat yang sama, AI dalam pendidikan juga menimbulkan kekhawatiran serius. Popularitas perangkat AI yang naik daun seperti ChatGPT telah menyebabkan maraknya plagiarisme dalam dunia akademik. Tanpa batasan yang jelas, penggunaan AI untuk mengerjakan tugas-tugas akademik dapat sangat merusak nilai penelitian, pemikiran kritis, dan keseluruhan proses pembelajaran.

Lebih lanjut, banyak perangkat AI yang digunakan dalam pendidikan memanfaatkan dan menyimpan banyak data untuk operasinya, termasuk identitas, lokasi, dan aktivitas siswa. Hal ini berpotensi menimbulkan masalah etika dan privasi, terutama bagi anak-anak yang mungkin belum memahami implikasi dari berbagi data.

Sementara itu, kemunculan AI juga semakin memperlebar jurang kesenjangan digital dan teknologi. Di saat teknologi digital berkembang pesat, ribuan orang di seluruh dunia masih berjuang dengan listrik. Oleh karena itu, penerapan AI dalam pendidikan harus mempertimbangkan kenyataan ini. Sebaliknya, jika memungkinkan, AI harus dapat membantu menjembatani kesenjangan tersebut.

Selain itu, bias dan kesalahan yang kerap ditemukan dalam teknologi AI dapat melanggengkan ketimpangan, diskriminasi terhadap orang dengan disabilitas, dan bentuk diskriminasi lain yang dapat merugikan komunitas marginal.

Dalam konteks yang jauh lebih luas, penggunaan AI juga memiliki dampak lingkungan yang signifikan. Sebagian besar peralatan dan infrastruktur AI dibuat dengan mineral kritis dan unsur tanah langka lainnya, yang dapat menyebabkan ekstraksi sumber daya alam secara berlebihan. Tidak sampai di situ, penyimpanan data menggunakan air dalam jumlah berlebih selama konstruksi, yang berlangsung di tengah krisis air global. Meningkatnya limbah elektronik beracun dan konsumsi energi dan bahan bakar fosil yang berlebihan juga memengaruhi kesehatan manusia dan Bumi, serta memperparah perubahan iklim.

Penggunaan Teknologi yang Bertanggung Jawab

Perkembangan teknologi terbaru tidak boleh dilakukan dengan mengorbankan manusia dan planet Bumi. Keselamatan dan kesejahteraan siswa tetap harus menjadi prioritas utama dalam memajukan pendidikan.

Di tengah peluang dan tantangan tersebut, UNESCO telah menerbitkan rekomendasi mengenai etika pemanfaatan AI, dengan fokus pada empat nilai inti: HAM dan martabat manusia; hidup dalam masyarakat yang damai, adil, dan saling terhubung; memastikan keberagaman dan inklusivitas; serta lingkungan dan ekosistem yang berkembang. Selain itu, UNESCO juga meluncurkan pedoman dan kerangka kerja yang ditujukan bagi para pembuat kebijakan, guru, dan siswa untuk memastikan penggunaan AI yang aman, efektif, dan bertanggung jawab dalam pendidikan.

Saat ini, dunia masih dalam tahap awal penggunaan AI yang meluas dan umum, tetapi perluasan yang terjadi berlangsung cepat. Oleh karena itu, diperlukan penelitian lebih lanjut, peraturan yang ketat, dan kerangka kerja yang komprehensif untuk mengarahkan perkembangan agar bahaya dapat dihindari dan tercipta masa depan yang lebih baik bagi semua.

Editor: Nazalea Kusuma

Penerjemah: Abul Muamar

Baca juga versi asli artikel ini dalam bahasa Inggris di Green Network Asia

Perkuat pengembangan kapasitas pribadi dan profesional Anda dengan Langganan GNA Indonesia.

Jika konten ini bermanfaat, harap pertimbangkan Langganan GNA Indonesia untuk mendapatkan akses digital ke wawasan interdisipliner dan lintas sektor tentang isu-isu keberlanjutan (sustainability) dan pembangunan berkelanjutan (sustainable development) di Indonesia dan dunia.

Pilih Paket Langganan Anda

Kresentia Madina
Reporter at Green Network Asia | Website |  + postsBio

Madina adalah Asisten Manajer Publikasi Digital di Green Network Asia. Ia adalah lulusan Program Studi Sastra Inggris dari Universitas Indonesia. Madina memiliki 3 tahun pengalaman profesional dalam publikasi digital internasional, program, dan kemitraan GNA, khususnya dalam isu-isu sosial dan budaya.

  • Kresentia Madina
    https://greennetwork.id/author/kresentiamadina/
    Melestarikan Situs Warisan di Tengah Perubahan Iklim
  • Kresentia Madina
    https://greennetwork.id/author/kresentiamadina/
    Strategi Regional Afrika untuk Prioritaskan Layanan Rehabilitasi
  • Kresentia Madina
    https://greennetwork.id/author/kresentiamadina/
    Menilik Peran Kaum Muda dalam Mendorong Kemajuan Pembangunan Berkelanjutan
  • Kresentia Madina
    https://greennetwork.id/author/kresentiamadina/
    Potret Polusi Plastik di Asia Tenggara dan Asia Timur

Continue Reading

Sebelumnya: Mewujudkan Kesejahteraan untuk Semua Anak
Berikutnya: Mendorong Transisi Energi yang Inklusif di Indonesia

Lihat Konten GNA Lainnya

Beberapa perempuan Mollo sedang menenun Bagaimana Masyarakat Adat Mollo Hadapi Krisis Iklim dan Dampak Pertambangan
  • GNA Knowledge Hub
  • Wawancara

Bagaimana Masyarakat Adat Mollo Hadapi Krisis Iklim dan Dampak Pertambangan

Oleh Andi Batara
18 September 2025
Seorang penyandang disabilitas di kursi roda sedang memegang bola basket di lapangan. Olahraga Inklusif sebagai Jalan Pemenuhan Hak dan Pemberdayaan Difabel
  • GNA Knowledge Hub
  • Soft News

Olahraga Inklusif sebagai Jalan Pemenuhan Hak dan Pemberdayaan Difabel

Oleh Attiatul Noor
18 September 2025
alat-alat makeup di dalam wadah Fast-Beauty dan Dampaknya yang Kompleks
  • GNA Knowledge Hub
  • Ikhtisar

Fast-Beauty dan Dampaknya yang Kompleks

Oleh Niken Pusparani Permata Progresia
17 September 2025
kawanan gajah berjalan melintasi ladang hijau yang subur Penurunan Populasi Gajah Afrika dan Dampaknya terhadap Ekosistem
  • GNA Knowledge Hub
  • Soft News

Penurunan Populasi Gajah Afrika dan Dampaknya terhadap Ekosistem

Oleh Kresentia Madina
17 September 2025
foto kapal di lautan biru gelap dari atas udara Memperkuat Standar Ketenagakerjaan di Sektor Perikanan
  • GNA Knowledge Hub
  • Soft News

Memperkuat Standar Ketenagakerjaan di Sektor Perikanan

Oleh Abul Muamar
16 September 2025
Siluet keluarga menyaksikan bencana kebakaran hutan Memahami Polusi Udara sebagai Risiko bagi Kesehatan Manusia dan Bumi
  • GNA Knowledge Hub
  • Soft News

Memahami Polusi Udara sebagai Risiko bagi Kesehatan Manusia dan Bumi

Oleh Kresentia Madina
16 September 2025

Tentang Kami

  • Surat CEO GNA
  • Tim In-House GNA
  • Jaringan Penasihat GNA
  • Jaringan Author GNA
  • Panduan Artikel Opini GNA
  • Panduan Konten Komunitas GNA
  • Layanan Penempatan Siaran Pers GNA
  • Program Magang GNA
  • Pedoman Media Siber
  • Ketentuan Layanan
  • Kebijakan Privasi
© 2021-2025 Green Network Asia