Skip to content
  • Tentang
  • Bermitra dengan Kami
  • Beriklan
  • GNA Internasional
  • Jadi Member
  • Log In
Primary Menu
  • Terbaru
  • GNA Knowledge Hub
  • Topik
  • Wilayah
    • Dunia
    • Jawa
    • Kalimantan
    • Maluku
    • Nusa Tenggara
    • Papua
    • Sulawesi
    • Sumatera
  • Kabar
  • Ikhtisar
  • Infografik
  • Video
  • Opini
  • Akar Rumput
  • Muda
  • Siaran Pers
  • Corporate Sustainability
  • GNA Knowledge Hub
  • Soft News

Mendorong Akses Buku Berkualitas untuk Peningkatan Mutu Pendidikan

Buku memiliki peran penting dalam perkembangan literasi awal anak-anak. Karenanya, mendukung pendidikan berkualitas di seluruh dunia membutuhkan peningkatan akses ke buku-buku berkualitas untuk semua anak.
Oleh Kresentia Madina
24 April 2023
seorang gadis melihat-lihat rak buku

Foto: Suad Kamardeen di Unsplash.

Buku berperan besar dalam membentuk jati diri kita. Melalui buku, kita dapat mengetahui berbagai hal di dunia, menemukan hal-hal baru, memahami pemikiran orang lain, dan belajar banyak hal. Oleh karena itu, akses ke buku-buku berkualitas sejak masa kanak-kanak sangat penting untuk pertumbuhan emosional, intelektual, dan fisik kita. Sayangnya, jutaan anak masih kekurangan akses terhadap buku-buku berkualitas.

Pengembangan literasi awal

Keinginan manusia untuk berkomunikasi telah dimulai sejak tahap awal kehidupan. Bayi mulai berceracau sebagai upaya untuk berkomunikasi sebelum secara bertahap belajar membentuk kalimat yang koheren seiring bertambahnya usia. Pada tahap ini, interaksi orang tua-anak sangat penting untuk merangsang perkembangan bahasa anak. Salah satu caranya adalah melalui pengalaman membaca buku bersama, di mana orang tua membacakan buku untuk anak-anak mereka.

Buku memiliki tempat khusus dalam perkembangan literasi awal anak-anak. Sebuah penelitian menemukan bahwa paparan buku memberikan kesempatan bagi anak-anak untuk menemukan kata, topik, dan konsep baru yang jarang digunakan dalam percakapan sehari-hari. Karena bahasa yang digunakan dalam buku seringkali memiliki jangkauan yang lebih luas dan lebih dalam daripada bahasa lisan, hal itu juga dapat meningkatkan perkembangan sosial dan emosional anak.

Penelitian lain menemukan bahwa anak-anak yang membaca setiap hari antara usia 10-11 menunjukkan prestasi yang lebih baik di sekolah pada tahun-tahun berikutnya. Penelitian tersebut juga mencatat bahwa bukan hanya soal seberapa sering mereka membaca, tetapi juga jenis teks yang mereka baca. Akses terhadap buku-buku berkualitas menjadi sangat diperlukan untuk benar-benar meningkatkan perkembangan literasi dini anak.

Kemiskinan belajar

Sebuah laporan global tahun 2022 mengungkapkan bahwa sekitar 70% anak berusia 10 tahun di negara berpenghasilan rendah dan menengah membutuhkan bantuan untuk memahami teks tertulis sederhana. Kemiskinan belajar (learning poverty) ini diakibatkan oleh penutupan sekolah yang berkepanjangan karena COVID-19 dan keterampilan literasi dasar yang buruk di kalangan masyarakat kurang mampu.

Anak-anak dari rumah tangga miskin memiliki akses terbatas ke buku-buku berkualitas. Biasanya, kondisi ini juga tercermin di tengah masyarakat dimana kelompok warga berpenghasilan rendah kurang memiliki akses terhadap buku-buku berkualitas di sekolah dan perpustakaan umum. Akibatnya, anak-anak mereka kehilangan kesempatan untuk belajar dan memahami bahasa dibandingkan dengan teman sebayanya yang lebih stabil secara finansial.

Akses ke buku-buku berkualitas

Mendukung pendidikan berkualitas di seluruh dunia membutuhkan peningkatan akses ke buku-buku berkualitas. Oleh karena itu, intervensi skala besar sangat penting untuk menjembatani kesenjangan literasi, terutama di negara-negara berpenghasilan rendah. Bank Dunia telah menyatakan komitmennya untuk melipatgandakan upaya penyediaan buku yang lebih berkualitas kepada pembaca melalui beberapa cara:

  • Mempromosikan pengembangan industri penerbitan untuk pendidikan lokal.
  • Memperkuat pengadaan buku melalui akuntabilitas yang lebih tinggi dan memanfaatkan teknologi dan kemitraan baru.
  • Mendukung pemerintah dalam mengembangkan kriteria yang jelas untuk persetujuan dan pengadaan bahan bacaan sehingga bahan-bahan tersebut terjangkau, sesuai, tahan lama, relevan secara kontekstual, dan terbuka (open-source).
  • Bekerja dengan mitra lainnya melalui organisasi yang ada untuk mengembangkan fasilitas publik global yang berkualitas tinggi, open-source, seperti pembaca berjenjang dalam berbagai bahasa dan untuk konteks budaya yang berbeda.

Perlu juga dicatat, mewujudkan pendidikan berkualitas untuk semua merupakan kerja kolektif kita. Oleh karena itu, organisasi, pemerintah, peneliti, masyarakat, dan pemangku kepentingan lainnya perlu berkolaborasi dalam meningkatkan akses buku berkualitas bagi semua anak.

Penerjemah: Abul Muamar

Baca juga versi asli dari artikel ini dalam bahasa Inggris di Green Network Asia.

Dukung Green Network Asia dan terlibat dalam gerakan kami untuk menciptakan dampak positif bagi masyarakat dan lingkungan melalui pendidikan publik dan advokasi multi-stakeholder tentang isu-isu keberlanjutan (sustainability) dan pembangunan berkelanjutan (sustainable development) di Indonesia dan dunia.

Jadi Member Sekarang

Kresentia Madina
Reporter at Green Network Asia | Website |  + postsBio

Madina adalah Asisten Manajer Publikasi Digital di Green Network Asia. Ia adalah lulusan Program Studi Sastra Inggris dari Universitas Indonesia. Madina memiliki 3 tahun pengalaman profesional dalam publikasi digital internasional, program, dan kemitraan GNA, khususnya dalam isu-isu sosial dan budaya.

  • Kresentia Madina
    https://greennetwork.id/author/kresentiamadina/
    Seruan untuk Aksi Iklim yang Lebih Kuat di KTT Iklim 2025
  • Kresentia Madina
    https://greennetwork.id/author/kresentiamadina/
    Bagaimana Laut Kaspia Menyusut Akibat Tekanan Perubahan Iklim
  • Kresentia Madina
    https://greennetwork.id/author/kresentiamadina/
    Menghentikan Penurunan Populasi Lebah Dunia
  • Kresentia Madina
    https://greennetwork.id/author/kresentiamadina/
    Menilik Risiko Iklim di Australia

Continue Reading

Sebelumnya: Meningkatkan Akses terhadap Buku untuk Difabel Cetak
Berikutnya: Garda Pangan: Mencegah Makanan menjadi Sampah melalui Food Bank

Lihat Konten GNA Lainnya

dua buah kakao berwarna kuning di batang pohon Bagaimana Kerja Sama Indonesia-Prancis dalam Memperkuat Industri Kakao
  • GNA Knowledge Hub
  • Soft News

Bagaimana Kerja Sama Indonesia-Prancis dalam Memperkuat Industri Kakao

Oleh Abul Muamar
14 Oktober 2025
Beberapa orang berada di dalam air untuk memasang kerangka jaring persegi berwarna hijau, sementara lainnya berdiri di pematang tambak dengan pagar bambu sederhana di bagian belakang. Rehabilitasi Mangrove Berbasis Komunitas dengan Silvofishery
  • GNA Knowledge Hub
  • Ikhtisar

Rehabilitasi Mangrove Berbasis Komunitas dengan Silvofishery

Oleh Niken Pusparani Permata Progresia
13 Oktober 2025
Dua perempuan menampilkan tarian Bali di hadapan penonton. Menghidupkan Kembali Warisan Budaya Bersama di Asia Tenggara
  • GNA Knowledge Hub
  • Soft News

Menghidupkan Kembali Warisan Budaya Bersama di Asia Tenggara

Oleh Attiatul Noor
13 Oktober 2025
perempuan yang duduk di batang pohon besar, laki-laki berdiri di sampingnya dan dikelilingi rerumputan; keduanya mengenakan pakaian tradisional Papua Deklarasi Sira: Memperjuangkan Pengakuan dan Perlindungan Hak Masyarakat Adat
  • GNA Knowledge Hub
  • Soft News

Deklarasi Sira: Memperjuangkan Pengakuan dan Perlindungan Hak Masyarakat Adat

Oleh Seftyana Khairunisa
10 Oktober 2025
stasiun pengisian daya dengan mobil listrik yang diparkir di sebelahnya. Proyeksi Pengembangan dan Peluang Transportasi Energi Terbarukan
  • GNA Knowledge Hub
  • Soft News

Proyeksi Pengembangan dan Peluang Transportasi Energi Terbarukan

Oleh Kresentia Madina
10 Oktober 2025
seorang pria tua duduk sendiri di dekat tembok dan tanaman Mengatasi Isu Kesepian di Kalangan Lansia
  • GNA Knowledge Hub
  • Ikhtisar

Mengatasi Isu Kesepian di Kalangan Lansia

Oleh Abul Muamar
9 Oktober 2025

Tentang Kami

  • Surat CEO GNA
  • Tim In-House GNA
  • Jaringan Penasihat GNA
  • Jaringan Author GNA
  • Panduan Artikel Opini GNA
  • Panduan Laporan Akar Rumput GNA
  • Layanan Penempatan Siaran Pers GNA
  • Program Magang GNA
  • Ketentuan Layanan
  • Kebijakan Privasi
© 2021-2025 Green Network Asia