Skip to content
  • Tentang
  • Bermitra dengan Kami
  • Internasional
  • Berlangganan
  • Log In
Primary Menu
  • Beranda
  • Terbaru
  • Topik
  • Kabar
  • Ikhtisar
  • Wawancara
  • Opini
  • Figur
  • Infografik
  • Video
  • Komunitas
  • Partner
  • Siaran Pers
  • Muda
  • Dunia
  • Kabar
  • Unggulan

Menengok Pengembangan Keterampilan Anak dan Remaja saat Ini

Menurut laporan terbaru UNICEF tentang pemulihan pembelajaran, sekitar 3 dari 4 anak muda tidak mempunyai keterampilan yang dibutuhkan untuk penilaian pekerjaan yang layak di masa depan.
Oleh Kresentia Madina
20 Juli 2022
Seorang bocah laki-laki berbaju merah menulis sesuatu di kertas untuk pengembangan keterampilan

Foto oleh Santi Vedrí di Unsplash

Banyak aspek kehidupan kita ditentukan oleh pengembangan keterampilan kita saat anak-anak. Akses yang tepat ke pendidikan, keamanan, fasilitas kesehatan, serta dukungan ekonomi sangatlah penting dalam memastikan anak-anak memiliki keterampilan yang dibutuhkan untuk berkembang di masa depan.

Namun, menurut laporan terbaru UNICEF tentang Pemulihan Pembelajaran, sekitar 3 dari 4 anak muda tidak memiliki keterampilan yang dibutuhkan untuk penilaian pekerjaan yang layak di masa depan. Laporan bersama antara UNICEF dan Komisi Pendidikan mengungkapkan bagaimana kondisi perkembangan keterampilan pada anak-anak usia 36-59 bulan, anak-anak sekitar usia 10 tahun, dan anak-anak muda usia 15-24 tahun.

Rendahnya Level Keterampilan

Anak-anak harus sepenuhnya mengembangkan keterampilan dasar seperti literasi-numerik, fisik, sosial-emosional, dan pembelajaran. Sementara itu, remaja membutuhkan keterampilan digital, yang dapat ditransfer, dan keterampilan kerja spesifik untuk memasuki dunia kerja. Sayangnya, laporan tersebut justru menunjukkan perkembangan dan pencapaian keterampilan yang rendah di antara anak-anak dan remaja.

“Mayoritas anak-anak dan remaja di seluruh dunia telah gagal (mengembangkan keterampilan, -penerjemah) karena sistem pendidikan mereka, membuat mereka tidak terdidik dengan baik, tidak terinspirasi, dan tidak terampil—ini masalah serius bagi ketidakproduktifan,” ujar Direktur Pendidikan UNICEF Robert Jenkins.

Ketimpangan ekonomi antar negara

Berikut ringkasan dari laporan tersebut:

  • Dari 77 negara dengan data, hanya 72% anak usia 36-69 bulan berada di jalur yang tepat dalam setidaknya tiga indeks perkembangan: literasi-numerik, fisik, sosial-emosional, dan pembelajaran. Masing-masing negara menyoroti hasil yang berbeda; misalnya, di Sierra Leone, anak laki-laki 15% lebih kecil kemungkinannya untuk berada di jalur yang benar dibandingkan anak perempuan. Sedangkan di Burundi persentasenya 26%.
  • Dari 121 negara dengan data, sekitar setengah dari anak-anak berusia sepuluh tahun telah mengembangkan keterampilan membaca dasar, dengan anak laki-laki 7% lebih kecil dibandingkan anak perempuan.
  • Dari 38 negara dengan data, hanya dua dari lima pemuda yang berada di jalur yang benar untuk sepenuhnya mencapai keterampilan yang diperlukan untuk berkembang di dunia kerja dan kehidupan. Keterampilan ini mencakup keterampilan membaca dan matematika tingkat menengah, keterampilan yang dapat ditransfer, dan keterampilan digital.

Berdasarkan data dari tiga kelompok usia yang diteliti, didapati bahwa mereka yang hidup di negara-negara kaya memperoleh pengembangan dan pencapaian keterampilan yang lebih baik daripada mereka yang berada di negara-negara berpenghasilan rendah. Dukungan sosial ekonomi sangat krusial untuk memastikan tidak ada anak yang tertinggal dalam menggapai kehidupan yang lebih baik. Alat ukur dan pengujian yang tepat juga diperlukan untuk laporan yang lebih komprehensif di masa mendatang.

Mendobrak hambatan pendidikan

Anak-anak dan remaja adalah kunci bagi generasi mendatang. Dengan laporan tersebut, UNICEF dan Komisi Pendidikan mendesak pemerintah di semua negara untuk memberikan dukungan hidup fundamental untuk memastikan bahwa semua anak dapat memperoleh pendidikan yang mereka butuhkan untuk menjalani kehidupan yang lebih baik. Strategi ini termasuk meminimalkan risiko putus sekolah dan menyesuaikan pelajaran dengan kebutuhan anak. Dengan cara ini, kita akan selangkah lebih dekat menuju kehidupan masyarakat di mana tidak ada yang tertinggal.

Baca laporan selengkapnya di sini.

Baca juga versi asli artikel ini dalama bahasa inggris di Green Network Asia.

Penerjemah & Editor: Abul Muamar


Berlangganan Green Network Asia – Indonesia
Perkuat pengembangan kapasitas pribadi dan profesional Anda dengan wawasan lintas sektor tentang isu-isu keberlanjutan (sustainability) dan pembangunan berkelanjutan (sustainable development) di Indonesia dan dunia.
Pilih Paket Langganan

Kresentia Madina
Reporter at Green Network Asia | Website |  + postsBio

Madina adalah Asisten Manajer Publikasi Digital di Green Network Asia. Ia adalah lulusan Program Studi Sastra Inggris dari Universitas Indonesia. Madina memiliki 3 tahun pengalaman profesional dalam publikasi digital internasional, program, dan kemitraan GNA, khususnya dalam isu-isu sosial dan budaya.

  • Kresentia Madina
    https://greennetwork.id/author/kresentiamadina/
    Pemantauan Kekeringan Komprehensif dan Partisipatif untuk Tingkatkan Mitigasi Bencana
  • Kresentia Madina
    https://greennetwork.id/author/kresentiamadina/
    Peran Komunikasi Risiko untuk Kesiapsiagaan Bencana yang Lebih Baik
  • Kresentia Madina
    https://greennetwork.id/author/kresentiamadina/
    Bagaimana Kota Umeå di Swedia Mengatasi Ketimpangan Gender di Perkotaan
  • Kresentia Madina
    https://greennetwork.id/author/kresentiamadina/
    Melihat Pendekatan Terpadu dalam Memperkuat Ketahanan di Afrika Selatan

Continue Reading

Sebelumnya: Potret Kemiskinan dan Kelaparan Global saat Ini
Berikutnya: Upaya Menutup Kesenjangan Gender Global Menurut World Economic Forum

Artikel Terkait

layar hitam menunjukkan angka-angka OJK Luncurkan Panduan Pengembangan dan Penerapan AI dalam Perbankan
  • Eksklusif
  • Kabar
  • Unggulan

OJK Luncurkan Panduan Pengembangan dan Penerapan AI dalam Perbankan

Oleh Abul Muamar
23 Juni 2025
foto dekat bibit tanaman yang tumbuh di pot Menengok Bagaimana Kebijakan Agroforestri di India dalam Mengatasi Degradasi Lahan
  • Eksklusif
  • Kabar
  • Unggulan

Menengok Bagaimana Kebijakan Agroforestri di India dalam Mengatasi Degradasi Lahan

Oleh Attiatul Noor
23 Juni 2025
seekor orangutan duduk di ranting pohon di hutan GEF Danai Dua Proyek Konservasi Keanekaragaman Hayati di Indonesia
  • Eksklusif
  • Kabar
  • Unggulan

GEF Danai Dua Proyek Konservasi Keanekaragaman Hayati di Indonesia

Oleh Abul Muamar
20 Juni 2025
mesin tik dengan kertas bertuliskan “artificial intelligence” Pentingnya Regulasi AI untuk Penggunaan AI yang Bertanggung Jawab
  • Kabar
  • Unggulan

Pentingnya Regulasi AI untuk Penggunaan AI yang Bertanggung Jawab

Oleh Ayu Nabilah
20 Juni 2025
Pulau-pulau kecil di tengah laut Raja Ampat Tambang Nikel Raja Ampat dan Dampak Eksploitasi Sumber Daya Alam
  • Kabar
  • Unggulan

Tambang Nikel Raja Ampat dan Dampak Eksploitasi Sumber Daya Alam

Oleh Andi Batara
19 Juni 2025
bunga matahari yang layu Pemantauan Kekeringan Komprehensif dan Partisipatif untuk Tingkatkan Mitigasi Bencana
  • Eksklusif
  • Kabar
  • Unggulan

Pemantauan Kekeringan Komprehensif dan Partisipatif untuk Tingkatkan Mitigasi Bencana

Oleh Kresentia Madina
19 Juni 2025

Tentang Kami

  • Founder’s Letter GNA
  • Tim In-House GNA
  • Jaringan Author GNA
  • Panduan Siaran Pers GNA
  • Panduan Artikel Opini GNA
  • Panduan Konten Komunitas GNA
  • Pedoman Media Siber
  • Internship GNA
  • Hubungi Kami
  • Ketentuan Layanan
  • Kebijakan Privasi
© 2021-2025 Green Network Asia - Indonesia.